1.000 Trembesi PT. Mondelēz Indonesia Cikarang Plant untuk Indonesia

150111625641982sx9hfprpwfd5jdn8zmwgxygu2scxtoopu9arxbtq 1 – Wanaswara

SEMARANG – Yayasan Lindungi Hutan menjalin kemitraan dengan PT. Mondelez Indonesia Cikarang Plant akan mengadakan Proyek Konservasi Alam berupa penanaman 1.000 bibit pohon Trembesi. Penanaman yang bertajuk ‘1.000 Trembesi PT. Mondelēz Indonesia Cikarang Plant untuk Indonesia’ tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Juli 2021 di Jalan Tembusan, Desa Jabungan, Semarang, Jawa Tengah.

Ads

Mondelez Indonesia Cikarang Plant merupakan anak perusahaan dari Mondelez International Inc., yang didirikan pada tahun 2012. Usaha utama mencakup penjualan cemilan berupa coklat, biskuit, permen karet, permen dan minuman bubuk. Di Indonesia, PT. Mondelez mempunyai visi untuk menciptakan lebih banyak momen kegembiraan melalui merek-merek ikonik global seperti Oreo, KRAFT Cheese, Cadbury Dairy Milk, dan Toblerone; serta biskuit Biskuat kebanggaan lokal.

Mondelez Group mempunyai komitmen penuh untuk mitigasi perubahan iklim dan keanekaragaman hayati. Guna mencapai tujuan ini, Mondelez Group memiliki misi keberlanjutan bernama Snacking Made Right yang terdiri dari Right Snack, Right Moment, dan Right Way. Misi ini mencakup tujuan mengurangi dampak lingkungan & menggunakan sumber yang berkelanjutan, serta memberdayakan manusia dan komunitas.

Sejak 2013, Mondelez Group berkomitmen dalam pengurangan emisi CO2. Salah satunya adalah program Cocoa Life sebagai sourcing bahan baku utama dalam produksi dengan maksud pengurangan emisi CO2. Terlebih lagi Mondelez Group juga berhasil mengurangi 20% dari total sampah yang dihasilkan dibandingkan tahun 2013, meskipun terjadi penambahan volume produksi. Pada tahun 2020, Mondelez Group juga berhasil meningkatkan efisiensi air di lokasi prioritas sebesar 13% dibandingkan target 10% yang awalnya ditetapkan.

Komitmen Mondelez Group untuk senantiasa memberikan manfaat bagi lingkungan telah berlangsung sejak lama. Dibandingkan tahun 2013, mereka berhasil meningkatkan keseluruhan efisiensi energi yang digunakan sebanyak 9%, menghasilkan total 117.000 ton pengurangan emisi CO₂. Sebagai contoh, di pabrik BIMO penghematan penggunaan gas sebanyak empat jam dengan menyinkronkan pra-pemanasan oven dan persimpangan adonan. Hal ini menghasilkan pengurangan 813 ton CO₂v₂ dan total penghematan $ 100.000.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Pada penanaman kali ini, jenis pohon yang akan ditanam adalah Trembesi Samanea Saman. Jenis ini cocok ditanam di ruang publik yang sangat luas seperti taman, halaman sekolah ataupun pekarangan rumah yang mempunyai area tanah yang sangat luas. Tujuan penanamannya, agar penurunan gas emisi semakin efektif khususnya di Semarang, di mana setiap pohon Trembesi mampu menyerap 28.442 kg karbondioksida setiap tahunnya.

Acara penanaman 1.000 bibit pohon Trembesi di Semarang pada 11 Juli mendatang merupakan bukti nyata yang dilakukan oleh PT. Mondelez Indonesia Cikarang Plant guna mengikuti langkah induk perusahaan dalam upaya mengurangi efek pemanasan global. Penanaman 1000 bibit pohon Trembesi ini dikumpulkan melalui acara “Olahraga untuk Bumi” bersama dengan karyawan dimana setiap akumulasi berlari 10 km atau bersepeda 25 km akan menyumbangkan 1 buah bibit pohon trembesi. Bibit pohon trembesi akan disumbangkan melalui Yayasan Lindungi Hutan secara langsung untuk Desa Jabungan, Semarang.

Kegiatan nantinya akan dihadiri oleh perwakilan dari PT. Mondelez Indonesia Cikarang Plant secara virtual bersama dengan Yayasan Lindungi Hutan dan mitra penghijauan LindungiHutan yang telah lebih dari satu tahun menjalin kerjasama. Penanaman ini tidak terbuka untuk publik agar mengurangi dampak buruk kerumunan dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Penulis : Maharani Ayu Shandraputri