1 Pohon, Rumah Bagi Banyak Makhluk Hidup

Pohon – Wanaswara

Pohon merupakan salah satu jenis hayati yang juga memiliki peran di ekosistem. Pohon sendiri memiliki banyak peran dalam kehidupan makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan hingga dengan sesama tumbuhan. Pohon merupakan tumbuhan dengan kemampuan fotosintesis sehingga dapat menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Tidak dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika jumlah pohon di bumi ini terus menurun tajam, bisa-bisa manusia akan kewalahan untuk memakai oksigen tabung setiap harinya. 

Ads
  1. Fungsi Umum Pohon

Menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, pengertian pohon adalah tumbuhan yang batangnya berkayu dan dapat mencapai ukuran diameter 10 (sepuluh) sentimeter atau lebih yang diukur pada ketinggian 1,50 (satu koma lima puluh) meter di atas permukaan tanah. Tumbuhan yang tidak memiliki ciri yang disebutkan di atas berarti tidak bisa dikategorikan sebagai pohon. Selama ini masih banyak orang kurang tepat mengkategorikan sebagian tumbuhan sebagai pohon. Kesalahan umumnya disebabkan oleh perkiraan tumbuhan yang disebut pohon itu berukuran besar, padahal tumbuhan tersebut tidak berkayu. Sebab lain yaitu karena tumbuhan itu menghasilkan buah sehingga dikategorikan menjadi pohon. Tumbuhan yang sering disalah artikan sebagai pohon, yaitu bambu, kelapa dan kelapa sawit, pepaya, hingga pisang. 

Pohon memiliki fungsi yang sangat beragam bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Pohon sebagai rumah bagi makhluk hidup. Bagi manusia sebagai tempat berteduh, bagi hewan sebagai tempat lalu lalang dan bagi tumbuhan lain sebagai tempat bertumbuh. Bagi kehidupan manusia sendiri peran pohon sangat beragam dan penting. Sebagai penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen. Fungsi ini merupakan yang paling krusial, sebab tidak ada yang dapat menggantikannya.

Gas karbon dioksida sangat berbahaya, ketika jumlahnya berlebihan akan menimbulkan efek rumah kaca dan pemanasan global. Ketika pohon di hutan-hutan ditebang liar tanpa adanya penanaman kembali, akan berdampak kepada manusia. Apalagi dengan adanya perubahan iklim yang akan memperparah dampaknya. Pohon juga memiliki fungsi sebagai pengikat air atau pencegah erosi, karena pohon dapat menyimpan air hujan dengan baik. Akar-akar yang kuat dan memiliki kerapatan tinggi mampu mengurangi erosi, sedimentasi dan longsor. Manfaat pohon secara langsung bagi kehidupan manusia yaitu, memenuhi kebutuhan sandang, pangan, serta papan. Kebutuhan sandang manusia dapat terpenuhi melalui pemanfaatan kapas misalnya.

Dari kapas ini seratnya dibuat untuk pintalan benang yang akhirnya nanti diproduksi menjadi pakaian. Kebutuhan pangan ini pun dapat terpenuhi melalui hasil dari pohon, berupa buah-buahan. Masyarakat dapat menikmati hasil buah-buahan ini secara langsung, atau dapat juga dijual di pasar untuk ditukar menjadi uang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Selain buah-buahan getah pohon karet misalnya, juga memiliki nilai ekonomis untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Manfaat lainnya yaitu terpenuhinya kebutuhan papan. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia membutuhkan rumah/tempat tinggal untuk berteduh dan sebagai tempat aman dari hewan liar. Pembangunan rumah ini tentunya membutuhkan hasil dari pohon itu sendiri, yaitu kayu. Kayu dapat digunakan sepenuhnya untuk pembangunan rumah, dapat juga hanya digunakan sebagian dari rumah tersebut. Selain untuk pembangunan rumah, kayu juga digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga seperti lemari, meja, kursi, dll.

Ada satu lagi manfaat pohon bagi manusia, yaitu sebagai peneduh. Ketika matahari terik, duduk di bawah pohon sambil menikmati angin bisa menjadi satu pilihan. Ditambah lagi sambil membaca buku atau mendengarkan musik, atau hanya untuk berdiam diri merenung. Selain bermanfaat bagi manusia, pohon pastinya juga memiliki peran bagi makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan.

2. Rumah Bagi Tumbuhan Lain

Tidak dapat dipungkiri bahwa pohon memiliki banyak manfaat bagi makhluk lainnya, selain bagi manusia. 

Pohon sebagai rumah bagi tumbuhan lain
Pohon sebagai rumah bagi tumbuhan lain

3. Rumah Bagi Hewan

Pohon sebagai rumah bagi hewan – Wanaswara
Pohon sebagai rumah bagi hewan

Fungsi pohon juga digunakan oleh satwa liar sebagai tempat tinggal, bersarang, kawin, mencari makan. Habitat ini mendukung berbagai kehidupan makhluk hidup luar biasa di bumi ini, yang dikenal sebagai keanekaragaman hayati. Dengan melindungi pohon, berarti kita juga melakukan konservasi sumber daya alam.

Satu batang pohon, bisa menjadi rumah dari puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup mulai dari burung, serangga, reptil, jamur, dan termasuk tumbuhan-tumbuhan lainnya.

Tanpa adanya pohon, berbagai makhluk hidup tersebut akan kehilangan rumahnya.

Penulis : Hibyal Haninatu Niswah

Referensi literatur :

Maulana, Reza. 2020. Pohon : Pengertian, Bagian-Bagian, Peranan. Tersedia dalam https://foresteract.com/pohon/3/. Diakses pada 5 November 2020.

Referensi gambar : 

https://www.mongabay.co.id/2013/08/21/berharap-orangutan-kembali-ke-ketambe/

https://rimbakita.com/pohon-ulin/ 

www.pixabay.com 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!