Kucing Liar : 10 Jenis yang wajib kamu tahu!

Pallas Cat - © pixabay.com
Pallas Cat – © pixabay.com

sejauh ini telah diketahui ada 38 spesies kucing liar. Beberapa di antaranya yaitu kucing liar besar seperti singa, harimau, macan tutul, dan jaguar. Jenis kucing besar tersebut memang tidak asing bagi orang-orang, mereka dikenal sebagai predator buas dan puncak di alam. Namun, banyak orang tidak tahu bahwa ada pula spesies kucing liar lainnya yang berukuran kecil seperti kucing rumahan pada umumnya. 

Ads

Terdapat berbagai spesies kucing liar kecil hidup di alam bebas, yang terlihat begitu menakjubkan. Kucing-kucing kecil ini memiliki penampilan yang luar biasa unik dan juga eksotis. Kehidupan mereka di alam liar juga membuat kucing-kucing ini beradaptasi dengan memiliki perilaku seperti halnya kucing liar besar, salah satunya yakni berburu mencari mangsa. Lebih jelasnya, berikut daftar kucing liar berukuran kecil yang ada di seluruh dunia.

  • Sand cat
Sand Cat - © pixabay.com
Sand Cat – © pixabay.com

Jenis kucing liar berukuran kecil ini merupakan penghuni hutan padang rumput dan gurun kering di wilayah Afrika dan Asia. Kehidupannya di lingkungan yang keras membuat hewan kecil ini beradaptasi dengan mantel bulu lebat yang dimilikinya. Kucing ini memiliki warna bulu coklat pucat dengan motif garis-garis hitam yang khas di kaki mereka. 

Kucing menggemaskan dengan nama ilmiah Felis margarita ini memiliki ciri fisik lainnya yakni kepala lebar dengan mata besar dan telinga yang rendah, besar, serta meruncing. Bentuk telinga kucing ini membantunya memiliki pendengaran tajam untuk mencari mangsa di habitatnya. Adaptasi tubuhnya terhadap gurun yaitu dengan memiliki bulu panjang dan lebat yang menutupi telapak kaki, yang berfungsi mengisolasi dari panasnya pasir yang menyengat dan membantu bergerak melintasi permukaan pasir yang mudah bergeser.

  • Pallas Cat
Pallas Cat - © cottagelife.com
Pallas Cat – © cottagelife.com

Kucing liar menggemaskan ini merupakan pemburu soliter yang menunggu penyergapan mangsanya lalu menerkamnya ketika mereka lengah. Hewan ini juga cenderung aktif pada malam hari. Kucing ini dapat ditemukan di sebagian besar Asia Tengah, yang hidup di padang rumput dan stepa. Ciri mencolok dari pallas cat adalah bulunya yang lebat dan indah, seperti banyak kucing domestik. Ukuran hewan ini juga serupa dengan kucing rumahan, hanya saja memiliki beberapa ciri fisik dan perilaku yang berbeda.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Pallas cat memiliki telinga pendek dan wajah berbulu halus yang membuat wajah mereka terlihat jengkel. Kucing liar ini juga dikenal sebagai kucing yang ekspresif hingga dapat menunjukkan banyak ekspresi pada wajahnya. Namun, keberadaan kucing gempal ini semakin terancam di alam liar. Mereka banyak diburu terus-menerus, keracunan tanpa disengaja, dan degradasi habitat alami yang memperparah populasi pallas cat di alam liar. 

  • Scottish Wildcat
Scottish Wildcat - © northumberlandzoo.co.uk
Scottish Wildcat – © northumberlandzoo.co.uk

Kucing liar ini merupakan spesies kucing asli terakhir dari Inggris, yang dapat ditemukan di wilayah Skotlandia. Dahulu, kucing liar ini dapat ditemukan di seluruh bagian Inggris. Hilangnya habitat, perburuan, dan penganiayaan menyebabkan penurunan jumlah scottish wildcat di alam liar. Akibatnya, keberadaan mereka hampir punah pada awal abad ke-20. Scottish wildcat atau kucing liat Skotlandia berpotensi terancam punah dan membutuhkan tindakan konservasi segera.

Scottish wildcat memiliki bulu yang begitu tebal melebihi kucing domestik, dengan bulu berwarna coklat yang menampilkan corak garis-garis hitam yang sangat khas. Ciri fisik lainnya dari kucing ini yaitu berkaki lebih panjang dan kuat serta ekornya yang berpita tebal, dengan motif garis hitam mengitari ekor seperti cincin. Seperti kucing umumnya, scottish wildcat memiliki pendengaran yang luar biasa.

  • Margay
Margay - © critterfacts.com
Margay – © critterfacts.com

Kucing liar berukuran kecil ini memiliki warna corak khas pada bulunya sehingga membuatnya terlihat menakjubkan. Hewan ini berwarna coklat tua, dengan warna putih di bagian bawah tubuhnya dan motif pita hitam di bagian ekor. Sementara itu, warna hitam terdapat pada bagian telinga dengan tanda putih di bagian belakangnya. Margay dapat ditemukan di beberapa bagian Amerika Tengah dan Selatan, yang hidup di hutan lebat daratan tinggi tapi juga kadang-kadang terlihat di perkebunan.  

Ciri fisik lainnya dari kucing liar ini adalah mata besar yang memungkinkan margay melihat dengan jelas di malam hari, karena mereka hewan yang aktif berburu di malam hari. Selain itu, bentuk ekornya yang panjang membantu margay menjaga keseimbangan saat di pepohonan. Tak hanya itu, cakar tajam dan kuku khusus margay membuat mereka dapat menggantung di cabang pohon hanya dengan satu kaki. 

  • Lynx
Baby Lynx - © pixabay.com - kucing liar
Baby Lynx – © pixabay.com

Kucing liar berukuran sedang ini merupakan jenis kucing yang cukup terkenal karena bulu tebalnya yang indah. Warna bulu kucing ini akan bervariasi sesuai musim, yang membantu lynx untuk menjaga tubuhnya tetap hangat di musim apapun. Mereka dapat ditemukan di hutan dataran tinggi yang tersebar di wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Semua spesies lynx adalah pemburu terampil yang memanfaatkan pendengaran hebat yang dimilikinya. Pasalnya jumbai di telinga kucing ini berfungsi sebagai alat bantu dengar. Mereka juga memiliki penglihatan yang luar biasa sehingga memungkinkannya melihat seekor tikus dari jarak sekitar 76 meter. Mereka umumnya memangsa tikus, burung, kelinci salju, dan tupai.

  • Fishing Cat
Fishing Cat - © pixabay.com - Kucing Liar
Fishing Cat – © pixabay.com

Seperti namanya, fishing cat atau kucing pemancing adalah perenang yang handal. Kucing liar ini berbeda dari kucing umumnya yang takut air. Mereka memiliki keterampilan unik, yakni mampu berenang dan menyelam untuk menangkap ikan. Hal ini terjadi karena didukung ciri fisiknya yang memiliki kaki berselaput dengan ukuran pendek tapi kuat. Fishing cat dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, yang habitat hidupnya di rawa-rawa dan lahan basah.

Fishing cat memiliki ukuran hampir dua kali lipat dari kucing domestik. Tubuhnya panjang, berekor pendek, dan kepala yang lebar. Bulu kucing ini berwarna abu-abu kecoklatan yang dipenuhi motif totol-totol hitam. Mereka merupakan hewan nokturnal yang hanya berburu mangsa saat malam hari. Makanan mereka umumnya ikan, tapi terkadang juga memakan katak, kepiting, dan ular. Namun, kucing ini juga menjadi salah satu hewan yang kondisinya malang karena statusnya sangat rentan akibat hilangnya habitat.

  • Rusty-spotted cat
Rusty-spotted cat - © BBC - Kucing liar
Rusty-spotted cat – © BBC

Kucing liar berukuran kecil lainnya adalah rusty-spotted cat, yang dapat ditemukan di wilayah India, Sri Lanka, dan sebagian kecil Nepal. Hewan ini memiliki habitat di ekosistem hutan lahan kering tropis, hutan bambu, hutan padang rumput, dan lereng bukit berbatu. Menariknya, hewan ini merupakan kucing liar terkecil yang ada di dunia. Tubuhnya ramping dan lebih kecil dari kucing rumahan, panjang tubuhnya hanya berkisar 38-48 cm dan panjang ekor 15-30 cm. Tinggi kucing ini rata-rata 20 cm dengan berat kisaran 1-1,6 kg. 

Kucing mungil dengan nama ilmiah Prionailurus rubiginosus ini berbulu pendek dengan warna abu-abu kecoklatan di bagian atas tubuhnya, yang ditandai dengan motif bintik-bintik coklat karat. Kepala rusty-spotted cat bulat dan pendek, dengan bentuk mata yang besar dan berwarna coklat keabu-abuan hingga kuning. Meski berukuran kecil, kucing ini dikenal sebagai pemburu yang ganas di alam liar. Mereka bisa memakan mangsa berukuran besar, tetapi makanan umumnya cenderung hewan kecil seperti tupai. Tak hanya itu, ia juga pemanjat handal yang mampu berburu di pohon atau tanah.

 

Bacaan Lainnya: Prionailurus Rubiginosus: Spesies Kucing Terkecil di Dunia

 

Penulis: Destri Ananda 

Dikurasi oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Literatur

Critterfacts.com. Margay. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://critterfacts.com/critterfacts-archive/mammal/critter-of-the-week-margay/ 

Smithsonianmag.com. Ten Amazing Small Wild Cats. Dilansir pada 14 Februari 2021 dari laman https://www.smithsonianmag.com/science-nature/ten-amazing-small-wild-cats-180951802/?page=1 

Themysteriousworld.com. Top 10 Lesser Known Wild Cats In The World. Dilansir pada 14 Februari 2021 dari laman https://themysteriousworld.com/little-known-wild-cats/ 

Nationalgeographic.com. Lynx. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://www.nationalgeographic.com/animals/mammals/group/lynx/ 

Nms.ac.uk. Scottish wildcat. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://www.nms.ac.uk/explore-our-collections/stories/natural-world/scottish-wildcat/ 

Wildcatconservation.org. Rusty-spotted Cat. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://wildcatconservation.org/wild-cats/asia/rusty-spotted-cat/ 

Wildcatconservation.org. Sand Cat. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://wildcatconservation.org/wild-cats/africa/sand-cat/ 

 

Referensi Gambar

Thumbnail: https://pixabay.com/photos/pallas-cat-mongolia-eyes-wildlife-3963081/ 

Fishing Cat: https://pixabay.com/photos/animal-cat-fishing-cat-wet-hunt-2374799/ 

Baby Lynx: https://pixabay.com/photos/lynx-baby-lynx-zoo-wildcat-3240198/ 

Sand Cat: https://pixabay.com/photos/sand-cat-cats-sand-animal-cute-3301688/ 

Rusty-spotted cat: https://www.youtube.com/watch?v=W86cTIoMv2U&feature=youtu.be 

Pallas Cat: https://cottagelife.com/general/the-calgary-zoos-two-new-cats-are-an-internet-sensation/ 

Margay: https://critterfacts.com/critterfacts-archive/mammal/critter-of-the-week-margay/ 

Scottish Wildcat: https://www.northumberlandzoo.co.uk/blog-headlines/blogart21 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!