10 Makhluk Kecil yang Kehadirannya Berjasa bagi Bumi

Lebah © unsplash.com
Lebah © unsplash.com

Ada banyak hal yang tidak kita sadari bahwa dunia ini saling berhubungan satu sama lain. Ada keajaiban dari segala prosesnya. Kita lupa dengan fakta bahwa makhluk hidup lain di bumi telah berjasa bagi manusia, yang membuat kita bergantung tanpa pernah menyadarinya. Ketika memikirkan hal ini, sebenarnya setiap makhluk hidup memiliki efek dan peran tertentu bagi lingkungan. Bahkan, makhluk terkecil juga mampu memberi kontribusi besar bagi kehidupan di bumi. Tanpa kehadiran mereka, berlangsungnya semua kehidupan di planet ini akan terganggu. Atas hal itu, menjadi penting untuk mengetahui peran apa yang telah dilakukan oleh berbagai makhluk hidup tersebut bagi kita. Berikut adalah beberapa yang makhluk kecil di planet ini beserta peran penting yang mereka bawa. 

Ads
  • Polip Karang
Polip karang © calacademy.org
Polip karang © calacademy.org

Polip karang adalah makhluk kecil bening yang berhubungan dengan anemon laut dan ubur-ubur. Makhluk ini merupakan komponen penting dari terumbu karang. Mereka berada di atas terumbu karang dengan bentuk yang lembut seperti jeli dan anemon, yang berbeda dari polip karang memiliki kerangka keras yang terbuat dari batu gamping di dasarnya.

Menurut ahli zoologi Matthew Oldfield, salah satu pendiri ZuBlu Diving di Asia, setiap polip yang tumbuh akan membelah, mengeluarkan klon atau sel dari dirinya sendiri secara terus-menerus. Anehnya, polip karang mengeluarkan kerangka mereka sendiri yang terbuat dari kalsium karbonat. Kerangka tersebut dapat melindungi polip karang dari predator, ditambah lagi dengan memberi polip lainnya tempat yang keras untuk menempelkan dirinya dan tumbuh. Akhirnya, koloni polip yang identik secara genetik akan menciptakan terumbu karang.

Terumbu karang yang sehat merupakan tempat penting bagi ikan muda, yang pada akhirnya menjadi bagian dari rantai makanan. Terumbu karang juga dapat melindungi garis pantai dari terjadinya badai. Terumbu karang memberikan pertolongan bagi 25 persen makhluk laut, meskipun terumbu hanya menutupi seluruh dasar lautan kurang dari satu persen. Namun, terumbu karang hingga kini berada di bawah ancaman pemanasan laut dan polusi, yang berakibat buruk dan merusak ekosistem bawah air.

  • Plankton
Plankton © dailymail.co.uk
Plankton © dailymail.co.uk

Plankton adalah semua organisme kecil yang mengapung dalam arus di lautan tapi tidak dapat bergerak sendiri. Beberapa spesies plankton bersifat mikroskopis. Sementara yang lainnya mudah terlihat dengan mata telanjang. Plankton telah berjasa bagi kehidupan laut dengan menjadi dasar untuk seluruh rantai makanan laut. Jika plankton tidak ada, banyak hewan di seluruh rantai makanan akan kelaparan. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Plankton secara umum dibagi menjadi dua kelompok, fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton adalah tumbuhan, mereka tinggal di dekat permukaan air di mana terdapat cukup cahaya untuk mendukung fotosintesis. Zooplankton adalah hewan, terkadang berupa telur atau larva hewan yang lebih besar. 

Makhluk kecil ini juga membantu memecah bahan organik di dalam air, yang menghasilkan makanan bagi organisme lain dan oksigen untuk seluruh planet. Salah satu jenisnya, fitoplankton, telah menciptakan sekitar 70 persen oksigen dunia, merujuk National Geographic. Seperti tumbuhan lain, fitoplankton mengambil karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Dengan begitu, plankton ini adalah salah satu penghasil oksigen terpenting di dunia. 

  • Jamur
Jamur dan miselium © givingcompass.org
Jamur dan miselium © givingcompass.org

Jamur adalah organisme yang hebat. Keberadaannya berperan penting bagi berjalannya kehidupan di bumi. Mereka menjadi pendaur ulang alam sendiri, dengan memproses berbagai materi organik. Jamur adalah makhluk yang suka makan berbagai hal dari tanah. Jamur memperoleh nutrisi yang mereka butuhkan untuk berkembang melalui sampah-sampah di alam, seperti daun kering yang gugur, buah-buahan yang busuk, atau ranting dan batang kayu.

Jamur tumbuh melalui miselium. Miselium adalah tubuh vegetatif berupa sistem akar di atas tanah atau batang kayu yang membantu jamur tumbuh serta menemukan makanan dan air. Miselium memiliki kemampuan untuk membersihkan polutan dari tanah dan air. Miselium dapat memecah hidrokarbon, yang secara alami terdapat dalam minyak, tumpahan minyak. Atas hal itu, miselium pada jamur ini sangat berperan penting bagi bumi.

  • Semut
Semut © sapeople.com
Semut © sapeople.com

Semut memang serangga yang sering mengganggu kita karena kehadirannya di mana-mana. Namun, saat di saat bersamaan mereka juga merupakan makhluk yang berperan penting bagi kehidupan di bumi. Semut dapat membantu menggemburkan tanah dengan membuat sarang di dalamnya. Saat semut membangun terowongan di dalam tanah, mereka juga meningkatkan sirkulasi udara dan air ke dalam tanah. 

Makhluk kecil ini menjaga ekosistem tetap bersih dari bangkai serangga lain yang mati sehingga membantu pembusukan materi tumbuhan dan hewan. Dengan mengangkut sisa-sisa tumbuhan dan hewan ke dalam sarang mereka, tanah turut dipupuk. Dengan begitu, mereka turut memberi nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Terkadang, semut juga membawa benih dan membantu menyebarkannya ke area baru untuk menumbuhkan tanaman.

  • Rayap
Kawanan rayap © gulfnews.com
Kawanan rayap © gulfnews.com

Meskipun rayap sering dikenal sebagai penyebab kerusakan seisi rumah, serangga ini ternyata berperan penting dan memberi layanan yang sangat berguna di kawasan hutan. Rayap  suka memakan daun yang membusuk dan materi tanaman lainnya. 

Pola makan dan kebiasaan makan rayap memungkinkan pembusukan cabang dan pohon mati, yang diperlukan untuk mengembalikan mineral ke tanah. Rayap juga penting dalam rantai makanan, dengan menjadi mangsa bagi trenggiling, semut predator, laba-laba, kadal, dan burung.

Makhluk kecil ini sering ditemukan di gundukan dan pohon karena disanalah tempat yang memungkinkan koloni rayap untuk bertahan hidup. Ditambah lagi, tanah dari sarang rayap kaya akan unsur hara, dan petani memanfaatkannya sebagai pupuk.  

  • Kupu-kupu
Kupu-kupu © hdnicewallpapers.com
Kupu-kupu © hdnicewallpapers.com

Semua kupu-kupu adalah penyerbuk yang sangat baik. Penyerbukan sangat penting untuk menjaga pasokan makanan kita. Pada kenyataannya, sepertiga dari makanan yang dimakan manusia bergantung pada makhluk penyerbuk seperti kupu-kupu. Ditambah, beberapa spesies kupu-kupu membantu manusia dengan memakan kutu daun kecil, hama taman yang suka merusak banyak tanaman. 

Kupu-kupu sangat aktif mengunjungi berbagai bunga liar pada siang hari. Mereka menjejaki nektar, dan umumnya menyukai bunga-bunga datar dan bergerombol yang menyediakan sumber makanan berlimpah. Mereka bertengger di bunga dengan kaki kurusnya yang panjang dan membantu memindahkan serbuk sari antar tanaman. 

  • Kelelawar
Kelelawar © nap.edu
Kelelawar © nap.edu

Kehadiran kelelawar yang kecil ini begitu penting bagi kehidupan di bumi. Beberapa kelelawar membawa serta biji ketika sedang mencerna buah, kemudian mereka mengeluarkan biji itu jauh dari letak pohonnya. Benih yang jatuh ke tanah kemudian akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Penyerbukan tanaman oleh kelelawar ini disebut chiropterophily. Dengan begitu mereka berperan dalam menyebarkan benih pohon dan banyak tumbuhan lain, sehingga kelelawar penting untuk proses penyerbukan tumbuhan. 

Menurut Bats, lebih dari 500 spesies tumbuhan bergantung pada kelelawar untuk melakukan penyerbukan bunganya. Tanaman mengandalkan kelelawar untuk menyerbuki bunganya, sementara kelelawar juga mengandalkan buah dan bunga pada tanaman untuk memperoleh makanan sehingga dapat bertahan hidup.

  • Lebah
Lebah © nativebeeology.com
Lebah © nativebeeology.com

Penyerbukan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Lebah adalah salah satu satwa yang berperan sebagai penyerbuk. Lebah membantu penyerbukan banyak tumbuhan, mulai dari tumbuhan yang menghasilkan buah hingga yang menghasilkan sayur. Mereka memastikan keamanan pangan bagi manusia sekaligus memelihara keanekaragaman hayati beserta ekosistem. Penurunan populasi satwa penyerbuk dapat berakibat serius bagi penyebaran tumbuhan. Namun, pada saat ini populasi lebah mengalami penurunan akibat penyakit, pestisida, cuaca ekstrim, perubahan iklim, dan hilangnya habitat. Jika lebah hilang, akan banyak keanekaragaman hayati semakin menurun.

  • Katak
Katak © pbs.org
Katak © pbs.org

Katak merupakan hewan pemangsa serangga yang turut membantu manusia dengan mengendalikan populasinya. Di samping itu, katak juga dapat menunjukkan kualitas air buruk. Jika lingkungannya tidak sehat, mereka akan mengubah kebiasaannya, meninggalkan kolam dan aliran air, berhenti berkembang biak, jatuh sakit, dan terkadang mati. Seperti banyak hewan kecil lainnya, katak penting untuk menyediakan makanan bagi hewan yang lebih besar. Katak merupakan mangsa bagi burung-burung, ular, ikan, dan mamalia seperti rakun; berang-berang; dan rubah.

  • Siput
Siput © spirit-animals.com
Siput © spirit-animals.com

Siput merupakan hewan yang termasuk jenis gastropoda moluska, artinya mereka tidak memiliki kerangka dan tulang internal, tetapi siput bukan berarti tidak terlindungi. Makhluk kecil ini dapat ditemukan di mana-mana di seluruh dunia. Hewan ini bisa beradaptasi pada berbagai kondisi kehidupan tanpa membutuhkan makanan dalam jumlah besar.

Seperti halnya kaki seribu, cacing, lalat, kutu kayu, dan bahkan lobster, siput adalah detritivora. Yang berarti, mereka merupakan makhluk pemakan detritus, sampah organik yang terdiri dari tumbuhan dan hewan yang mati. Siput juga berperan penting dalam proses pembusukan hutan dan berkontribusi dalam memberi nutrisi tanah melalui cangkang, tubuh, dan fesesnya yang membusuk.

 

Penulis: Destri Ananda

 

Referensi Literatur

Bat Conservation Trust. Bats as Pollinators. https://www.bats.org.uk/about-bats/why-bats-matter/bats-as-pollinators 

Crclr.org. 1 Mei 2017. 6 Ways Mushrooms can help save the planet. https://crclr.org/article/2017-05-01-6-ways-mushrooms-can-help-save-the-planet 

FAO.org. FAO’s Global Action on Pollination Services for Sustainable Agriculture. http://www.fao.org/pollination/background/bees-and-other-pollinators/en/ 

Forest Service. Butterfly Pollination. https://www.fs.fed.us/wildflowers/pollinators/animals/butterflies.shtml 

Iowa State University. Ants Are Ecologically Beneficial. https://hortnews.extension.iastate.edu/ants-are-ecologically-beneficial 

Msn.com 6 Oktober 2020. The Earth’s Littlest Creatures That Play a Big Role in the Environment. https://www.msn.com/en-us/lifestyle/pets/the-earth-s-littlest-creatures-that-play-a-big-role-in-the-environment/ss-BB15iCUL#image=3 

National Geographic. Plankton. https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/plankton/ 

Snail World. Facts about Snails. http://www.snail-world.com/ 

Termex.com. Termites in the Environment. https://termex.com.au/termites-in-the-environment/ 

 

Referensi Gambar

Bee: https://nativebeeology.com/mind-your-bees-and-gardens-2/nomada-cuckoo-bees/ 

https://unsplash.com/photos/984b72nd5hg 

Bat: https://www.nap.edu/read/11761/chapter/21#311 

Ants: https://www.sapeople.com/2020/10/09/extinction-the-facts-attenboroughs-new-documentary-is-surprisingly-radical/ 

Snail: https://www.spirit-animals.com/snail-symbolism/ 

Plankton: https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3091590/Scientists-want-know-plankton-not-just-whale-food.html 

Butterfly: https://www.hdnicewallpapers.com/Wallpaper-Download/Butterfly/Beautiful-Butterfly-Wallpaper 

Mushroom: https://www.givingcompass.org/article/following-the-mycelium-model-to-better-understand-parts-of-the-social-sector/ 

Frog: https://www.pbs.org/wnet/nature/blog/how-to-give-frogs-and-toads-a-leg-up/ 

Rayap: https://gulfnews.com/lifestyle/5-most-common-bug-infestations-in-the-uae-1.2099203 

Polip Karang: https://www.calacademy.org/educators/lesson-plans/build-a-coral-polyp 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan! 

Enable Notifications    Ok No thanks