1000 Pohon untuk Jimin BTS (Jimin’s Birthday Project)

Kampanye Pohon Jimin BTS
Foto Sebelum Keberangkatan © Dokumentasi LindungiHutan

Bedono, Demak – LindungiHutan sebagai sebuah platform penggalangan dana online dan gerakan pelestarian hutan serta lingkungan hidup di Indonesia, baru saja selesai mengadakan aksi tanam pohon di Desa Bedono pada Minggu, 4 Oktober 2020 lalu. Penanaman yang bertajuk ‘1000 Pohon untuk Jimin BTS (Jimin’s Birthday Project)’, dilaksanakan di Desa Bedono, Kabupaten Demak, merupakan hasil kerjasama antara LindungiHutan dan Asabell Audida. Proyek dibentuk sebagai perayaan peringatan hari kelahiran Jimin BTS. Selain itu juga kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengajak anak-anak muda di Indonesia agar lebih peduli pada kelestarian lingkungan sekitar. Pada kegiatan penanaman kali ini LindungiHutan berhasil mengantarkan 8.735 bibit mangrove Rhizophora mucronata sukses tertanam. Dengan kondisi rata-rata bibit mangrove yang ditanam oleh LindungiHutan memiliki dimensi tinggi mencapai 70 cm dengan diameter 1,5 cm. Aksi tanam pohon tersebut, dihadiri oleh 37 orang peserta yang terdiri dari tim internal LindungiHutan bersama dengan beberapa diantaranya merupakan mitra petani LindungiHutan.

Ads

Proyek ini diinisiasi oleh Asabell Audida, seorang ARMY Indonesia, sebagai  bentuk perayaan ulang tahun Jimin BTS melalui laman internet resmi LindungiHutan. ARMY merupakan sebutan bagi penggemar BTS. Park Jimin atau lebih dikenal dengan Jimin BTS akan merayakan ulang tahunnya yang ke-26 (umur korea) pada tanggal 13 Oktober 2020. Jimin BTS menempati posisi sebagai lead vocal dan main dancer dari BTS. Jimin BTS dikenal sebagai pribadi yang banyak memberikan inspirasi kepada penggemarnya dan mempunyai tingkat kesadaran tinggi untuk berbagi dengan sekitarnya. Selain itu, Jimin’s Birthday Project ini juga disponsori oleh Hacin, seorang ARMY Indonesia, dengan membagikan sebanyak 7 lockscreen fanart Jimin secara gratis kepada para donatur setelah melakukan donasi.

Kampanye Pohon Jimin BTS
Foto Bibit Sebelum Ditanam © Dokumentasi LindungiHutan

Total donasi bibit yang telah dikumpulkan sendiri mencapai 8.735 bibit pohon mangrove. Jumlah ini merupakan 8 kali lipat dari jumlah awal yang direncanakan, yaitu sebanyak 1000 bibit pohon.

Program kampanye alam “1000 Pohon untuk Jimin BTS (Jimin’s Birthday Project)” dimanifestasikan menjadi berupa kegiatan penanaman mangrove di Desa Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Daerah ini merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang membutuhkan perbaikan lingkungan. Pesisir Bedono merupakan salah satu daerah terparah yang terdampak abrasi di sekitar pantai utara Jawa. Abrasi yang terjadi selama 20 tahun terakhir telah menenggelamkan dua dusun di Desa Bedono. Akibat abrasi yang sangat parah, lebih dari 250 keluarga dipindahkan dari desa tersebut. Saat ini hanya tinggal satu keluarga yang mendiami Desa Bedono, yaitu Mak Jah dan keluarga. Tanpa adanya mangrove, abrasi kian mengikis bibir pantai dan merusak perkampungan di sekitarnya.

Kampanye Pohon Jimin BTS
Foto Proses Penanaman © Dokumentasi LindungiHutan

Mengutip dari grid.id, melalui wawancara via telepon, Asabell Audida menjelaskan secara rinci mengenai proyek penanaman bibit pohon mangrove untuk menyambut ulang tahun Jimin BTS yang digalakkannya. Rupanya, ide tersebut datang saat Asabell Audida pergi ke Korea Selatan untuk ikut merayakan proyek ulang tahun salah satu member BTS. Asabell Audida terinspirasi dari sang idola yang gemar berdonasi. Asabell Audida yang merupakan seorang penulis kemudian mengajak para pembacanya, yang mayoritasnya yaitu ARMY, untuk melakukan kebaikan yang sama. Pada awalnya diketahui bahwa Asabell Audida hendak memberikan alat tulis dan perlengkapan sekolah untuk donasi dalam rangka menyambut ulang tahun Jimin. Namun, keadaan di Indonesia yang tengah dilanda virus corona, sehingga membuatnya mencari ide lain sampai ia menemukan komunitas LindungiHutan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

“Terinspirasi dari Jimin banget sih, jadi Jimin tuh kayak meng-encourage kita gitu buat melakukan hal-hal serupa. Nggak harus di Korea [Selatan], tetapi terkadang di dalam negeri juga bisa.”

“Itu buat membuktikan kalau ‘ya udah kita emang suka K-pop, tapi kita bikin something kok buat negeri ini’ gitu,” terang Asabell.

Kampanye Pohon Jimin BTS
Foto Peserta Penanaman © Dokumentasi LindungiHutan

Karena disibukkan beberapa pekerjaan dan proyek ulang tahun member BTS lainnya, Asabell Audida sempat kehilangan kontak dengan pihak LindungiHutan. 

“Aku sebenernya udah hubungi pihak LindungiHutan sejak lama, tapi masih tanya-tanya, belum fix, sempet lost contact, karena sibuk kerjaan dan fokus project ulang tahun Jungkook dan RM dulu di bulan September.”

“Tapi, untuk fix kegiatannya, aku malah baru hubungi orangnya [LindungiHutan] tuh H-2 atau H-3 kayaknya, sebelum campaign itu, mendadak banget,” terangnya.

“Terus akhirnya malam itu juga aku begadang, tim editor aku, semua aku suruh desain, akhirnya jadi. Terus kayak dibantuin fanbase-fanbase juga,” imbuhnya.

Menurut Asabell, LindungiHutan adalah partner yang tepat untuk menjalankan project-nya. Pasalnya, orang-orang dapat dengan mudah melakukan donasi di LindungiHutan juga adanya sertifikat dengan nama si pemberi donasi. “Jadi ada sertifikatnya atas nama kita sendiri,” kata Asabell.

Asabell Audida juga menerangkan bahwa tim LindungiHutan bersama ARMY Indonesia disambut dengan hangat oleh warga sekitar Bedono.

“Kata tim LindungiHutan-nya ‘kita tuh dijamu dengan baik, dikasih makan,’ kayak gitu tuh bikin hati aku tersentuh banget,” ujar Asabell. 

Kampanye Pohon Jimin BTS
Foto Lokasi Setelah Penanaman © Dokumentasi LindungiHutan

“Harapan aku buat project ini tuh, sebenernya biar bisa menginspirasi orang buat bikin kegiatan serupa, gitu. Tujuan paling gedenya tuh ya untuk menginspirasi orang buat bikin project-project serupa,” imbuhnya.

Asabell Audida juga ingin memperkenalkan platform LindungiHutan pada masyarakat luas.

“Buat orang-orang yang awalnya nggak tahu ada platform LindungiHutan, mereka jadi tahu. Mungkin ada yang pengen jadi relawan, jadi lebih ingin influence orang lain untuk melakukan kebaikan dan berpikir positif,” pungkasnya.

Selanjutnya, partisipasi ARMY Indonesia secara virtual bisa dilihat dari kolom komentar di laman resmi LindungiHutan. Dari kolom komentar, fans berharap agar bibit pohon ini akan tumbuh bersama BTS dan ARMY sekaligus juga untuk membantu upaya penghijauan bumi. ARMY juga mengabadikan kegiatan penanaman ini melalui postingan snapgram dan TikTok pribadi masing-masing. Dalam beberapa tayangan, fans berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua orang untuk menjaga kelestarian alam dan terus mendukung idola mereka.

Setelah melihat keseruan dari aksi ini, kamu menjadi tertarik, kan? Tunggu apalagi, ayo buat kampanye alam milikmu sendiri! (Fachrezy Nur Ramadhan/LindungiHutan) 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!