Ungaran, Saksi Bisu 1001 Pendaki Bersama LindungiHutan

Gagahnya Gunung Ungaran Dilihat dari Kejauhan
Gagahnya Gunung Ungaran Dilihat dari Kejauhan

LindungiHutan.com, Semarang – Gunung Ungaran adalah gunung berapi bertipe Stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 2.050 meter. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal. Bersama dengan program 1001 Pendaki, LindungiHutan menanam di Ungaran.

Ads

Ungaran merupakan sebuah daerah yang masuk dalam wilayah administrasi Kab. Semarang sekaligus menjadi ibukota kabupaten tersebut. Tapi siapa sangka, nama daerah tersebut juga disandangkan pada sebuah gunung berketinggian 2.050 mdpl yang juga berada tak jauh dari pusat kota. Memang sih tidak termasuk gunung yang memiliki ketinggian yang mumpuni, tapi jangan salah sangka dulu. Faktanya gunung ini termasuk gunung yang berada lumayan dekat dengan Kota Semarang yang notabene adalah kota di pesisir sehingga menandakan bahwa start pendakian juga terhitung masih di ketinggian yang rendah.

Baca Lainnya : Musim Kemarau, Waspadai Kebakaran Hutan

Peta Wilayah Ungaran
Peta Wilayah Ungaran

Pagi itu, sekitar pukul 07:00 WIB tim 1001 Pendaki dan relawan LindungiHutan berkumpul di basecamp mawar. Acara diawali dengan pembukaan, do’a dan pemberian sertifikat.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan penanaman sebelumnya. Hari ini kita berfokus pada perawatan pohon yang sudah di tanam. Menanam itu bagus tapi kalo menanam tidak dirawat, tidak dijaga, kan percuma jadinya.” Ujar Pak Edi, perwakilan 1001 pendaki.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Relawan LindungiHutan bersama Perwakilan dari 1001 Pendaki
Relawan LindungiHutan bersama Perwakilan dari 1001 Pendaki (Dok.LindungiHutan)

Setelah acara ceremonial, kegiatan dilanjutkan menuju lokasi penanaman. Lokasi penanaman tidak terlalu jauh. Sekitar 10 menit perjalanan. Yang ikut aksi ini sekitar 15 orang, sudah termasuk dari 1001 pendaki dan relawan LindungiHutan.

Peserta Pendakian dan Penanaman di Gunung Ungaran
Peserta Pendakian dan Penanaman di Gunung Ungaran (Dok.LindungiHutan)

“Semoga acara ini memberikan banyak manfaat. Saya mewakili tim LindungiHutan merasa senang bisa bekerja sama dengan teman-teman 1001 pendaki tanam pohon. Semoga, dengan bersama kita dapat melindungi hutan di Indonesia. Saya juga berharap, teman-teman relawan LindungiHutan di seluruh penjuru Indonesia dapat dengan aktif membuat kegiatan di masing-masing daerah.” Terang Arya, Koordinator Relawan LindungiHutan Indonesia.

Kegiatan Penanaman di Gunung Ungaran
Kegiatan Penanaman di Gunung Ungaran (Dok.LindungiHutan)

Kegiatan ini pun ditutup dengan penuh keceriaan. (Pai)*

Source : Wikipedia, Ardiyanta.com

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Ingin mengadakan penanaman seperti yang dilakukan teman-teman dari 1001 Pendaki? Yuk klik linknya di sini  https://lindungihutan.com/kampanyealam dan mari bersama hijaukan daerah tempat tinggalmu! Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!