5 Flora dan Fauna Endemik Pulau ‘Alien’ Socotra

Pulau Socotra
Pohon Botol © Kumparan

Mungkin Pulau Socotra masih terdengar asing di telinga sebagian besar orang. Pulau Socotra adalah sebuah pulau kecil di Samudera Hindia ini berjarak sekitar 250 mil dari pantai Yaman, yang memiliki beberapa tumbuhan yang unik dan khas. Pulau Socotra menyuguhkan keindahan dan keunikannya kepada siapa pun yang mengunjunginya. Keunikan inilah yang membuat Socotra mendapat julukan Samudera Hindia Galapagos. 

Ads

Flora dan fauna di tempat itu telah berevolusi untuk bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan Pulau Socotra yang sangat panas dan berangin. Sama seperti Kepulauan Galapagos yang sangat kaya akan fauna mereka, Pulau Socotra juga unik dengan keanekaragaman floranya. Ada 825 spesies tumbuhan langka, lebih dari sepertiganya adalah endemik (tidak ditemukan di tempat lain). 

Ternyata tidak hanya flora, beberapa satwa di Pulau Socotra juga memiliki tingkat endemik yang tinggi. Misalnya, sekitar 90% spesies reptil dan 95% spesies siput di tempat ini tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini. Kehidupan laut di sekitar Pulau Socotra juga sangat beragam dan kaya, terdapat 253 jenis karang pembentuk terumbu, 730 jenis ikan pesisir, 300 jenis kepiting, lobster dan udang yang semuanya mewakili keunikan tempat ini. Dari keanekaragaman yang kaya ini, berikut adalah lima flora dan fauna endemik Pulau Socotra.

Pohon Darah Naga

Pulau Socotra
Pohon Darah Naga © Kumparan

Dari semua flora endemik Pulau Socotra, pohon darah naga, atau yang memiliki nama latin dracaena cinnabari, adalah salah satu yang paling terkenal. Pohon ini merupakan salah satu tumbuhan paling mencolok di tempat ini. Pohon payung nyentrik ini memiliki getah berwarna merah, yang sebelumnya dipercaya sebagai darah naga oleh penduduk setempat. Dulu, jus dari getah pohon darah naga biasa digunakan sebagai obat, pewarna dan kosmetik. Saat ini, getah merah khas itu digunakan sebagai cat dan pernis.

 

Blue Baboon Tarantula

pulau socotra
Blue Baboon Tarantula © IDN Times

 

Tarantula babon biru adalah invertebrata unik asli tempat ini. Keunikan dari tarantula ini terletak pada warnanya yang indah dan kombinasi warna putih, abu-abu dan biru yang menakjubkan. Menurut laman “Animal Scene“, ukuran hewan itu sangat besar, hingga 10-12 cm. Selain itu, mereka cenderung berada jauh di dalam tanah dan memiliki mangsa utama, seperti kecoa, dan serangga lainnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Socotran Chameleon

pulau socotra
Socotran Chameleon © IDN Times

 

Bunglon socotra merupakan salah satu satwa unik yang ada di tempat ini merupakan reptil yang sangat unik. Warna bunglon ini memang beragam, dan polanya menarik perhatian para pecinta bunglon. Menurut laman naturalis, reptil ini memiliki alat pertahanan diri yang unik dan mengeluarkan suara yang keras saat terancam. Namun karena kerusakan lingkungan dan menyusutnya habitat hewan, kelangsungan hidup mereka semakin terancam. Selain itu, menurut IUCN, bunglon Socotra termasuk dalam kategori terancam punah.

Pohon Botol

pulau socotra
Pohon Botol atau Mawar Gurun © Kumparan

 

Tanaman unik lainnya di Socotra adalah mawar gurun, atau yang bernama latin Adenium obesum. Tanaman ini juga dinamakan pohon botol karena batangnya yang membesar sehingga terlihat seperti botol. Adaptasi ini dapat digunakan untuk menahan air di lingkungan yang kering.

 

Egyptian Vulture

1923690465 d6aed2b24cbe07ed84c96577b5e99813 – Wanaswara
Egyptian Vulture © IDN Times

 

Egyptian Vulture adalah burung yang ditemukan di pulau Socotra, yang juga ditemukan dari India hingga ujung timur Afrika. Menurut laman “4vultures“, ukuran panjang burung ini bisa mencapai 58-70 cm, dengan lebar sayap 155-170 cm. Umur mereka sangat panjang, mencapai 37 tahun. Sementara makanan utama burung predator ini adalah bangkai, reptil dan berbagai mamalia kecil. Namun, karena perburuan, keracunan yang tidak disengaja atau terbentur kabel, jumlah burung eksotik semacam itu secara bertahap menurun. Menurut IUCN, burung ini tergolong berbahaya.

 

Penulis : Latifa Ariani

 

Referensi Literatur

Bachtiar, A. (2020, April 22). Socotra, Pulau Yang Dihiasi tumbuhan aneh. Retrieved February 15, 2021, from https://kumparan.com/absal-bachtiar/socotra-pulau-yang-dihiasi-tumbuhan-aneh-1tH2i801lku/full.

Alfadillah. (2020, May 09). Socotra, Pulau Alien yang Terisolasi SEJAK 20 JUTA TAHUN LALU. Retrieved February 15, 2021, from https://kumparan.com/kumparantravel/socotra-pulau-alien-yang-terisolasi-sejak-20-juta-tahun-lalu-1tMW5TB2NSi/full.

Nursastri, S. (2019, May 13). Uniknya Pulau SOKOTRA, SEPERTI Ada di Planet lain. Retrieved February 15, 2021, from https://travel.kompas.com/read/2019/05/13/180600527/uniknya-pulau-sokotra-seperti-ada-di-planet-lain.

  1. (2021, February 15). 5 hewan UNIK Nan Eksotis Endemik khas PULAU Sokotra, yaman. Retrieved February 15, 2021, from https://www.idntimes.com/science/discovery/brahm-1/hewan-unik-endemik-pulau-sokotra-yaman-c1c2/5.

 

Referensi Gambar

https://travel.kompas.com/read/2019/05/13/180600527/uniknya-pulau-sokotra-seperti-ada-di-planet-lain.

https://kumparan.com/absal-bachtiar/socotra-pulau-yang-dihiasi-tumbuhan-aneh-1tH2i801lku/full.

https://www.idntimes.com/science/discovery/brahm-1/hewan-unik-endemik-pulau-sokotra-yaman-c1c2/5.

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!