600 Pohon Fabelio untuk #NyamannyaKamu dan Kita Semua

SEMARANG – PT Kayu Raya Indonesia (Fabelio) sebagai perusahaan induk yang bergerak di bidang ritel furnitur, telah selesai melaksanakan penanaman mangrove bersama dengan mitra lapangan LindungiHutan. Aksi yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2021 tersebut, sukses terlaksana dengan 600 bibit pohon mangrove tertanam.

Ads

Aksi penanaman dilaksanakan di Dusun Senik, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. PT Kayu Raya Indonesia (Fabelio) merupakan perusahaan ritel furnitur yang berbasis di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2015 ini memiliki tujuan untuk membuat furniture kualitas tinggi dan terkurasi yang terjangkau oleh
masyarakat Indonesia.

Penanaman yang bertajuk ‘Fabelio untuk Alam Indonesia: 600 Pohon untuk #NyamannyaKamu dan Kita Semua’, merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam pelestarian alam Indonesia dan kenyamanan tidak hanya bagi pelanggan namun juga kenyamanan untuk bumi yang menjadi rumah bagi seluruh makhluk hidup, termasuk hewan, tumbuhan, dan manusia.

Dalam perayaan ulang tahun Fabelio yang ke-6, Fabelio hendak mengembalikan banyaknya kebaikan-kebaikan Bumi kepada perusahaan selama 6 tahun ini. Dari Indonesia dan untuk Indonesia, Fabelio sangat mendukung hasil karya dalam negeri yang ramah lingkungan.

Fabelio memilih penanaman Mangrove sebagai bentuk pelestarian lingkungan, mengingat fungsinya yang beragam sebagai ekosistem multifungsi, baik dari segi fungsi ekonomi hingga fungsi ekologis. Selain dari manfaat alamnya sebagai habitat asli keanekaragaman hayati lahan basah dan keseimbangan iklim, Mangrove juga memiliki potensi ekowisata dan nilai tambah bagi kehidupan sosial serta ekonomi masyarakat sekitar.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Melihat dari kondisi Desa Bedono yang dihampiri bencana rob setiap tahunnya, Desa Bedono dipilih sebagai lokasi penanaman Mangrove pada kampanye alam Fabelio. Daratan Demak terancam tenggelam karena potensi kenaikan air laut yang mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm/tahun. Ancaman ini didasarkan dari bukti nyata bahwa sejumlah 200 rumah penduduk Demak tenggelam akibat naiknya air laut dan turunnya permukaan tanah.

Untuk itu, dilakukan penanaman pohon Mangrove yang dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Bertajuk pada misi Fabelio pada kampanye alam yaitu kenyamanan bersama, penanaman Mangrove di Desa Bedono ini adalah salah satu upaya Fabelio untuk
meningkatkan kualitas hidup warga Demak.

Fabelio berusaha meringankan kekhawatiran warga Demak terhadap kondisi rumah mereka akibat rob, sehingga
melalui upaya ini diharapkan meningkatkan kenyamanan warga Demak dalam hidup dan berkarya, khususnya warga Desa Bedono.

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!