7 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Hutan Kota

LindungiHutan.com, Semarang. Setelah sebelumnya membahas mengenai pengertian hutan kota, kali ini kita kulik aktivitas apa saja yang bisa kita lakukan di hutan kota yuk. Siapa tahu jadi ada inspirasi buat weekend besok Sahabat.

Memancing Sebagai Aktivitas di Hutan Kota

Memancing adalah salah satu aktivitas popular yang bisa dilakukan di hutan kota, apalagi yang memiliki danau di dalamnya. Namun jangan berharap banyak, ya. Bisa jadi kamu menunggu seharian dan cuma dapat 2-3 ekor ikan. Sebab, danau ini bukan kolam pancing di mana ada penambahan bibit ikan secara berkala dan hasil pancing dibayar per kilogram.

Memancing Sebagai Aktivitas di Hutan Kota
Memancing Sebagai Aktivitas di Hutan Kota Foto: Poskota

Untuk memancing disana, kamu perlu membawa kail dan umpan sendiri. Jaga-jaga saja sih, karena tidak semua tempat terdapat persewaan alat pancing.

Baca Lainnya : Hutan Mangrove : Harapan Baru Mitigasi Perubahan Iklim

Piknik

Merasa suntuk dan kurang piknik? Kamu bisa menggelar tikar piknikmu disini. Barisan pohonnya yang rapat akan menghalangi sinar matahari yang kejam. Suasana pun menjadi adem.

Kami sarankan untuk membawa lotion nyamuk agar piknikmu makin nyaman. Jika tidak sempat menyiapkan makanan, beli saja di warung di kawasan hutan. Kamu tinggal gelar tikar, deh!

Piknik Sebagai Kegiatan di Hutan Kota
Piknik

Jangan lupa sampahnya dibuang pada tempatnya ya !!

Berolahraga 

Sekedar jogging, jalan santai, senam, yoga, bahkan wall climbing di hutan kota? Kenapa tidak??

Membaca buku

Nah ini favorit mimin nih. Sambil duduk di bawah pohon, ditemani cemilan dan minuman, sambil pasang headset, terus baca buku favorit. Duh ini surga sekali~

Bermain di Taman Kota

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Inilah alasan hutan kota cocok untuk wisata keluarga. Ya, karena biasanya di sana terdapat taman bermain yang bisa digunakan tanpa biaya tambahan. Kegiatan outdoor ini tentu menyenangkan bagi anak-anak yang kini lebih sering main gadget daripada beraktivitas fisik.

Bermain di Taman Kota
Bermain di Taman Kota Foto: Kompasiana

Kopdar Komunitas Sebagai Aktivitas di Hutan Kota

Kopi darat dengan anggota komunitasmu tak perlu mahal dengan nongkrong di kafe. Manfaatkan saja keberadaan hutan di kotamu. Duduk di rerumputan atau di gazebo yang biasanya terdapat di area hutan kota sambil ngobrol dijamin akan membuat suasana lebih hangat lagi. Dan lagipula, lebih murah kan? Hehe

Kopdar Komunitas Sebagai Aktivitas di Hutan Kota
Kopdar Komunitas Sebagai Aktivitas di Hutan Kota Foto: Inipasti

Mengidentifikasi jenis pohon

Untuk Sahabat yang entah iseng atau memang tertarik dengan pohon-pohonan, kalian bisa loh mengidentifikasi jenis-jenis pohon yang ada di dalam hutan kota. Pastinya yang namanya hutan kan pohonnya banyak ya, kalian bisa belajar sembari membunuh waktu. Mungkin saja kalian akan menemukan hal unik dari kegiatan ini. Jadi, yang mana aktivitas favoritmu?? (Kika)

Referensi: Kumparan

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications.    Ok No thanks