7 Jenis Burung Paling Berwarna dari Seluruh Dunia

Burung Berwarna

Alam telah menganugerahi kita dengan beragam makhluk hidup menakjubkan yang hidup di dalamnya. Salah satu makhluk hidup paling indah yang selalu menarik perhatian adalah burung. Burung berwarna menjadi hewan yang terkenal karena keindahan bulunya sehingga banyak diamati orang-orang. Berbagai spesies burung datang dengan warna, bentuk bulu, paruh, ekor, ataupun motif yang mempesona. Selain itu, perilaku sosial burung juga telah menjadikan mereka hewan ramah untuk dipelihara manusia. 

Ads

Planet bumi diperkirakan menjadi rumah bagi lebih dari 10.000 spesies burung yang tersebar di seluruh dunia. Banyak di antara burung-burung tersebut yang terkenal dengan warnanya yang bermacam-macam, dari yang cerah mencolok hingga yang didominasi warna gelap. Ada burung yang memiliki berbagai bulu dengan corak berwarna-warni hingga yang hanya dipenuhi satu warna polos. Dari sekian banyak burung indah di alam liar, berikut beberapa jenis burung paling berwarna-warni di seluruh dunia.

Jenis Burung Berwarna

Burung Merak

Burung merak - © pixabay.com
Burung merak – © pixabay.com

Burung merak adalah salah satu hewan India terindah di dunia, dan spesies jantan burung ini menjadi salah satu burung paling berwarna di dunia. Burung ini terkenal karena penampilannya yang khas, yang memiliki ekor indah seperti kipas dari bulu berwarna biru dan hijau dan tersebar dalam dalam bentuk garis yang khas. Burung merak jantan akan memamerkan keindahan ini pada betina untuk menarik perhatian pasangannya. 

Spesies jantan burung merak dikenal lebih berwarna sebagai ciri khasnya. Burung ini termasuk burung terbang terbesar yang bisa mencapai 1,5 meter dengan berat sekitar 3,6 hingga 5,9 meter. Spesies burung merak adalah omnivora dan suka memakan serangga, arthropoda, amfibi, bunga, dan biji-bijian. Burung merak dapat ditemukan di wilayah India, Sri Lanka, dan bagian lain Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dara Mahkota Biru

Dara mahkota biru - © pixabay.com
Dara mahkota biru – © pixabay.com

Burung ini juga dikenal dengan nama Mambruk Selatan yang termasuk dalam keluarga merpati atau dara. Dara Mahkota Biru (Goura scheepmakeri) jauh lebih indah dari burung dara umumnya, mereka memiliki bulu biru cerah dengan jambul biru keabu-abuan di atas kepalanya serta corak biru seperti topeng di sekeliling matanya. Burung ini juga memiliki ukuran besar hingga mampu setara dengan kalkun. Ukuran rata-rata burung Dara Mahkota Biru adalah 70 cm.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Dara Mahkota Biru umumnya ditemukan di hutan berawa, area yang tergenang air sebagian, dan terkadang di hutan pegunungan yang tersebar di wilayah bagian selatan Papua. Hewan ini menjadi salah satu satwa endemik tercantik di Pulau Papua, Indonesia. Namun, keindahan bulu burung ini membuatnya diburu manusia. Hilangnya habitat juga semakin memperburuk kondisi satwa liar ini, sehingga masuk kategori rentan dalam daftar merah IUCN untuk spesies terancam.

Cendrawasih Botak

Cenderawasih botak - © ebird.org
Cenderawasih botak – © ebird.org

Burung kecil ini menjadi burung paling berwarna-warni lainnya di dunia. Cenderawasih botak menjadi salah satu spesies endemik Indonesia, tepatnya di Pulau Waigeo dan Batanta, Papua Barat. Burung ini memiliki penampilan yang unik dan mempesona, kepalanya terlihat seperti botak dengan corak biru cerah dengan garis-garis bulu halus hitam, bagian belakang kepala yang berkilau berwarna tembaga-perunggu, dan bulu ekor spiral pada jantan. Sementara betina tidak begitu mencolok, kepala mereka tidak dihiasi warna cerah melainkan ungu muda. Bagian atas tubuh mereka berwarna cokelat kemerahan, sayap coklat, dengan corak garis seragam berwarna hitam-coklat tanpa ekor spiral seperti jantan.  

Burung ini ditemukan di tempat subur seperti hutan hujan dataran rendah, tapi juga dapat bertahan hidup di hutan perbukitan di dataran tinggi. Penampilannya yang mempesona membantu burung cenderawasih botak jantan untuk memikat betina saat musim kawin. Mereka akan melakukan pertunjukan dengan memamerkan tubuhnya yang berwarna-warni dan berkicau satu sama lain. Namun, kehidupan burung cenderawasih botak saat ini terancam karena rusaknya habitat akibat deforestasi. 

Burung Berwarna Emas (Golden Pheasant)

Golden pheasant - © pixabay.com
Golden pheasant – © pixabay.com

Burung paling berwarna lainnya yaitu Golden Pheasant atau Pegar Emas, yang terkenal dengan penampilannya yang indah. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning keemasan dengan corak kecil merah. Golden Pheasant betina dianggap lebih cantik dengan dada dan panggul yang khas dan garis-garis hitam yang mencolok di bagian ekor. Meski begitu, jantan lebih mudah dikenali karena warna bulunya yang cerah dan jambul emas dengan ujung merah yang memanjang dari atas kepala hingga ke leher.   

Jantan dan betina Golden Pheasant masing-masing terlihat berbeda dalam penampilan, dengan betina berukuran lebih kecil, yang tubuhnya memiliki panjang rata-rata 60-80 cm. Sementara itu, jantan memiliki panjang antara 90-105 cm. Burung terindah di dunia ini juga tidak banyak terbang, melainkan menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah. Mereka dapat ditemukan di hutan lebat yang tersebar di wilayah China Barat dan Selatan.

Blue Jay

Blue jay - © pixabay.com
Blue jay – © pixabay.com

Blue Jay menjadi salah satu burung paling berwarna di dunia karena coraknya yang beragam. Burung ini memiliki perpaduan warna bulu putih, abu-abu muda, dan corak gradasi biru di bagian atas tubuhnya. Bulu mereka juga disertai sedikit corak hitam di beberapa bagian tubuhnya dengan jambul khas di kepalanya. Blue Jay tidak hanya dikenal sebagai burung yang cantik, tapi juga agresif. 

Blue Jay terkenal karena mampu menirukan panggilan kawin spesies burung lain yang terdengar seperti ‘jay jay’. Dengan ciri khas warna dan tiruan suara itu, burung ini pun dinamakan Blue Jay. Makanan favorit hewan ini adalah biji pohon ek, yang membuatnya umum ditemukan di dekat pohon ek, tepi hutan, kebun kayu, dan taman yang tersebar di wilayah Amerika Tengah dan Timur. 

Macaw

Macaw - © pixabay.com
Macaw – © pixabay.com

Burung beo merupakan burung yang menunjukkan warna berbeda-beda pada setiap jenisnya. Salah satu burung beo paling indah yaitu Macaw (Psittacidae), jenis burung ini memiliki banyak warna mencolok seperti, hijau, merah tua, biru, kuning, dan beragam warna mempesona lainnya. Sebagai spesies beo, Macaw juga mampu belajar dan meniru panggilan burung lain, bahkan ucapan manusia. Dengan begitu, hewan ini tidak hanya menawarkan keindahan pada penampilannya, tapi juga kecerdasannya. 

 Macaw memiliki paruh besar dan kuat yang membuatnya mudah untuk memecahkan makanannya, yakni kacang dan biji-bijian. Mereka juga memiliki cakar yang dapat mencengkeram, yang memudahkannya menempel di cabang pepohonan. Tak hanya warnanya yang cantik, burung ini juga memiliki ekor anggun yang umumnya sangat panjang. Macaw dapat ditemukan di hutan hujan yang tersebar di wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Macaw terkenal sebagai hewan peliharaan yang populer, yang akhirnya banyak diperdagangkan secara ilegal. Terlebih, hutan hujan yang menjadi habitatnya juga terus berkurang dalam waktu singkat.

Lilac Breasted Roller

Lilac breasted roller - © pixabay.com
Lilac breasted roller – © pixabay.com

Burung ini terkenal dengan penampilannya yang mempesona dengan warnanya yang begitu indah. Mereka memiliki kepala besar berwarna hijau dengan paruh tebal melengkung, dagu dan sekitar mata berwarna putih, leher pendek, kaki kuning kehijauan yang kecil dan agak pendek. Punggung burung ini memiliki bulu berwarna coklat, dengan warna ungu di bagian luar sayap dan dekat ekor. 

Karena warnanya yang beragam, Lilac Breasted Roller juga dikenal dengan nama “rainbow roller”. Burung ini memang umumnya terlihat dalam 8 warna seperti pelangi, di antaranya hijau, putih, hitam, kuning, biru kehijauan, biru tua, coklat kemerahan, dan ungu. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu burung paling berwarna di dunia.

Lilac Breasted Roller gemar berada di daerah dengan lahan subur, tepi sungai, dan tanah pertanian, tapi tidak dengan tempat tinggal manusia. Burung ini ditemukan di padang rumput, hutan terbuka, dan daerah tempat pohon palem tumbuh yang tersebar di seluruh Afrika bagian timur dan selatan. Mereka terlihat dari Pantai Laut Merah di Ethiopia dan barat laut Somalia, hingga Pantai Angola dan bagian utara Afrika Selatan.

 

Penulis: Destri Ananda

 

Sumber Artikel:

Allaboutbirds.org. Blue Jay. Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman https://www.allaboutbirds.org/guide/Blue_Jay/id 

Animalia.bio. Wilson’s Bird-of-Paradise. Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman http://animalia.bio/wilsons-bird-of-paradise 

Earthnworld.com. Top 15 Most Colorful Birds. Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman https://earthnworld.com/colorful-birds/ 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Burung Dara Terindah Di dunia.  Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman http://ksdae.menlhk.go.id/berita/642/burung-dara-terindah-didunia.html 

Krugerpark.co.za. Lilac Breasted Roller. Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman http://www.krugerpark.co.za/africa_lilac_breasted_roller.html 

Nationalgeographic.com. Macaws. Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman https://www.nationalgeographic.com/animals/birds/facts/macaws 

Nationalgeographic.com. Peacocks.  Dilansir pada 20 Februari 2021 dari laman https://www.nationalgeographic.com/animals/birds/facts/peacocks 

 

Sumber Foto:

Peacock: https://pixabay.com/photos/peacock-bird-pride-wildlife-1209474/ 

Macaw: https://pixabay.com/photos/macaw-red-parrot-bird-colorful-1273003/ 

Blue jay: https://pixabay.com/photos/bird-bluejay-colorful-blue-pattern-4503918/ 

Golden pheasant: https://pixabay.com/photos/golden-pheasant-bird-nature-freedom-4281011/ 

Lilac breasted roller: https://pixabay.com/photos/lilac-breasted-roller-bird-beak-5873634/ 

Dara mahkota biru: https://pixabay.com/photos/blue-crown-pigeon-dove-bird-feather-1376154/ 

Cenderawasih botak: https://ebird.org/species/wbopar1 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!