Jelajahi 7 Taman Nasional di Jawa yang Patut Dikunjungi

Indonesia terkenal kaya akan keindahan dan eksotisme alam yang memukau. Bentang pulau besar maupun kecil dari Sabang hingga Merauke meninggalkan kesan sebagai negeri impian untuk dikunjungi. Gunung dan lautan yang menghampar menghadirkan pesona yang luar biasa dan tiada meninggalkan kebosanan untuk diulik. Tak terkecuali eksistensi Taman Nasional di pulau Jawa.

Kepualauan Seribu, surga dan oasis yang indah di utara jakarta
Kepulauan Seribu Menyimpan Pesona yang Patut Dikunjungi

Taman Nasional merupakan kawasan konservasi guna menjaga flora dan fauna agar hidup dengan lestari. Tujuan utama pembentukan Taman Nasional yaitu mencegah kerusakan ekosistem atau melindungi hewan dan tumbuhan di dalamnya dari ancaman kepunahan. Meskipun tergolong zona khusus, menjelajahi Taman Nasional berdampak positif bagi kita supaya meningkatkan kesadaran menjaga alam dan hutan.

Simak ulasan lengkap mengenai 7 Taman Nasional di Jawa yang dapat kamu jadikan pertimbangan destinasi jelajah akhir pekan ini!

Pelajari lebih lanjut: Wisata Sekaligus Belajar Mangrove? Ke Maroon MEP Yuk

1. Taman Nasional Ujung Kulon

TN Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di pulau jawa. Daerah ini terkenal sebagai wilayah perlindungan badak bercula satu. Pada tahun 1992, UNESCO menetapkan TN Ujung Kulon menjadi kawasan yang warisan alam dunia. Zona ini mencakup ruang lingkup daratan dan lautan seluas 122.956 hektar (meliputi 78.619 ha daratan dan 44.337 ha lautan).

Badak bercula satu merupakan salah satu hewan endemik di taman nasional pulau Jawa, TN Ujung Kulon.
Badak Bercula Satu, Daya Tarik Utama Taman Nasional Ujung Kulon.

Taman nasional ini terletak di Pandeglang, Provinsi Banten. Selain daratan pulau jawa, Taman Nasional Ujung Kulon meliputi pula daerah Gunung Kratau dan sekitarnya. Terlebih lagi, kamu tidak hanya menemukan badak bercula satu tetapi hewan endemik lainnya seperti Owa Jawa, Surili, dan Anjing Hutan.

Biaya tiket masuk Taman Nasional Ujung Kulon sebesar 5 ribu rupiah per pengunjung.

2. Taman Nasional Gunung Merapi

Gunung Merapi bukan hanya terkenal akan erupsi yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. Keindahan dan pesona salah satu gunung paling aktif di dunia ini tercermin pada keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna endemik. Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa kamu jadikan pilihan.

Gerbang utama pintu masuk ke area Taman Nasional Gunung Merapi di Kaliurang, Jogja
Pintu Masuk Taman Nasional Gunung Merapi di Kaliurang, Sleman

TNGM terletak di ketinggian 50-2.500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini mencakup 2 provinsi yaiu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di sini kamu akan menemukan berbagai hal yang menarik seperti:

  • Air terjun dan tempat pemandian yang asri: Tlogo Muncar dan Tlogo Putri
  • Goa Jepang di Bukit Plawangan
  • Sisa keganasan erupsi gunung Merapi sekitar sungai Boyong – Kaliurang Barat
  • Pedesaan Turgo
  • dan masih banyak lagi

Tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) terbilang murah karena berkisar di harga 5 ribu rupiah per pengunjung.

3. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Warga ibukota tidak perlu bingung mencari tempat wisata untuk berlibur. Pasalnya di seberang utara provinsi DKI Jakarta. Berjarak 45 km dari daratan utama, untuk mencapai ke lokasi menggunakan kapal. Kepulauan Seribu merupakan salah satu taman nasional di Jawa yang sebagian besar mencakup wilayah perairan. Kawasan ini meliputi 320 pulau-pulau kecil yang tersebar.

Kepulauan Seribu, eksotisme taman nasional di jawa yang tidak jauh dari ibukota
Pencitraan Foto dari Udara di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Sebanyak 76 pulau termasuk ke dalam area Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dan 20 pulau telah dikembangkan sebagai tujuan wisata ideal, serta 51 lain sedang dalam pengembangan lebih lanjut. Keanekaragaman flora dan fauna bawah air menjadi daya tarik utama wisatawan domestik dan mancanegara. Fauna yang terdapat di Taman Nasional Kepulauan Seribu meliputi 17 spesies burung (aves), 350 spesies ikan, 2 spesies kima, 101 spesies moluska, 237 jenis terumbu karang dan masih banyak lagi. Sementara, kategori Flora (tumbuhan) mencakup nyamplung (Calophyllum inophyllum), butun (Barringtonia asiatica) dan sukun.

Aktivitas liburan yang dapat dilakukan di sana seperti:

  • Berenang
  • Memancing
  • Snorkeling
  • Menyelam (Diving)
  • Berjemur di tepian pantai
  • Ikut penanaman pohon mangrove
  • Melepaskan anak penyu (tukik)
  • Mencoba berbagai macam kuliner

Untuk biaya akomodasi mulai dari 25 ribu rupiah guna penyeberangan dan tidak termasuk penginapan.

4. Taman Nasional Karimunjawa

Keindahan pemandangan bawah laut di Jawa bukan hanya milik Kepulauan Seribu. Di sebelah utara Jawa Tengah, terdapat sebuah wilayah kepulauan yang tidak kalah indah untuk dinikmati. Taman Nasional Karimunjawa terletak di seberang teluk kabupaten Jepara. Sebagaimana Taman Nasional Kepulauan Seribu, daerah ini meliputi pulau-pulau yang saling berdekatan dengan objek wisata utama berupa kecantikan biota bawah air.

Pelajari lebih lanjut: Jelajah Hutan Karimunjawa

Guna menikmati eksotisme biota bawah laut, kegiatan yang bisa diikuti mencakup:

  • Berenang dengan ikan hiu
  • Diving
  • Snorkeling
  • Memancing
  • Bermain Banana Boat
  • Menaiki Glass Bottom Boat
Pemandangan Dermaga Pulau Cilik yang Terletak di Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah
Foto Dermaga Pulau Cilik, Taman Nasional Karimunjawa

Terlebih, Taman Nasional Karimunjawa juga mempunyai spesies Fauna yang bermacam-macam. Diantaranya yaitu trenggiling, rusa, landak,  bangau tong-tong, bangau abu-abu, penyu hijau, ular edhor, monyet ekor panjang, elang laut dada putih dan 40 spesies hewan lain.

5. Taman Nasional Gunung Merbabu

Mendengar kata Gunung Merbabu, pasti lah yang terlintas di benak sebagian orang yaitu tentang rute mendaki yang menantang.  Taman Nasional Gunung Merbabu meliputi kawasan hutan dan pemandangan alam dalam jalur pendakian. Kawasan ini mencakup 3 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Boyolali dan kabupaten Semarang.

Gunung Merbabu Menyimpan Berbagai Pesona Flora dan Fauna yang Layak untuk Kamu Jelajahi
Pemandangan Taman Nasional Gunung Merbabu

Wisata alam dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu diantaranya:

  • Grenjengan Kembar
  • Grenden
  • Pesona Kalipasang
  • Wisata Goa Slandak
  • Air Terjun Kedung Kayang
  • Wisata Ketep Pass
  • dan sebagainya

Keanekaragaman hayati yang termasuk dalam zona Taman Nasional Gunung Merbabu seperti bunga Edelweis, Puspa, Bintamin, Pinus, dan lain-lain. Sementara spesies fauna yang hidup di sana yaitu Elang Hitam, Monyet Ekor Panjang, Lutung Hitam, Macan Tutul, Landak, dan Luwak.

6. Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung Ciremai terletak di kabupaten Majalengka, Kuningan dan Cirebon provinsi Jawa Barat. Bentuk taman nasional cenderung melonjong dengan tonjolan mirip tanjung si sebelah barat, utara, dan barat daya.

Air terjun atau curug yang jarang terjamah manusia di Gunung Ciremai
Air Terjun yang Belum Sering Terjamah Manusia di Gunung Ciremai

Kawasan ini ditetapkan sebagai wilayah yang dilindungi untuk berbagai flora dan fauna. Luas wilayah TN Gunung Ciremai lebih dari 12.000 hektar dengan mayoritas di Kuningan dan Majalengka. Dan kurang dari 1% yang mencakup kabupaten Cirebon.

7. Taman Nasional Halimun-Salak

TN Halimun-Salak merupakan salah satu daerah perlindungan yang sangat luas di pulau Jawa. Dengan cakupan mencapai 113.357 hektar yang meliputi gunung Salak, Halimun, dan Endut.

Pintu Masuk Taman Nasional Halimun-Salak
Pintu Masuk Utama Taman Nasional Halimun-Salak

Wilayah pegunungan ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai satwa endemik seperti elang jawa, owa jawa, dan macan tutul jawa.

Enable Notifications.    Ok No thanks