7 Tanaman Air Penghasil Oksigen

tanaman-air
tanaman-air

Oksigen merupakan unsur utama yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam hidup. Tanpa oksigen manusia bisa mati karena manusia tidak dapat bernafas. Oksigen yang dibutuhkan mnausia juga sangat banyak karena oksigen tersebut akan di mengeluarkan karbondioksida. Tumbuhan merupakan penghasil oksigen bagi manusia yang tidak pernah ternilai harganya. Apabila kita lihat di beberapa erumah sakit ada orang yang membeli oksigen untuk bernafas maka harganya akan sangat mahal. Oleh karena itu heindaknya kita bersyukur karena Tuhan telah menciptakan tumbuhan yang dapat menghasilkan oksigen. Tumbuhan penghasil oksigen tidak hanya berupa tanaman yang ada di daratan, tetapi ada pula tanaman air. Tanaman penghasil oksigen yaitu sebagai berikut

Ads

1. Teratai

Kita sudah tak asing lagi dengan tanaman air yang satu ini karena tanaman ini mudah dijumpai. Selain itu, tanaman ini juga memiliki daya tarik yang tinggai dengan keindahan bunga yang ditawarkan. Warna bunga yang cantik membuat orang yang memandangnya terpukau dengan keindahan tanaman ini. Bunga teratai memiliki ukuran yang berkisar antara 45 – 90 cm. Varietas bunga teratai berbeda-beda, varietas tersebut dapat dibedakan dari bunganya.

2. Enceng gondok

Tanaman air yang satu ini memang lebih terkenal dengan gulma yang dapat merugikan tanaman lain. Namun dibalik kepopulerannya sebagi gulma, pada dasarnya tanaman enceng gondok atau yang dikenal dengan nama ilmia Eichornia crassipes juga merupakan tanaman penghias kolam ikan yang ada di rumah warga Indonesia.Tanaman ini tergolong ke dalam air yang mengapung, batang daun tanaman enceng gondok akan menggembung serta berwarna hijau. Diameter dari tanaman eceng gondok ini berkisar antara 5-15 cm.

3. Lotus

Tanaman lotus biasa dikenal dengan nama Nyamphaea lotus. Selain itu, lotus juga terkenal dengan sebutan water lily atau lili air  Tanaman lili air ini mirip dengan tanaman teratai, akan tetapi ukuran tanaman ini lebih besar dibandingkan dengan teratai yang relatif kecil. Daun dari tanaman ini berbentuk bulat lebar dan berlapis lilin sehingga daun tanaman ini terlihat sedikit mengkilap dan memiliki tekstur yang lembut ketika di sentuh. Ukuran daun lili air berukuran sekitar 6-10 cm.

4. Seroja

Indonesia yang memiliki iklim tropis atau iklim dua musim ini cocok ditumbuhi tanaman seroja. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di suhu di iklim yang tepat karena apabila iklimnya kurang bahus maka tumbuhan akan terhambat pertumbuhannta. tanaman Seroja ini seringkali disebut dengan nama teratai oleh beberapa orang. Tanaman Seroja atau yang biasa dikenal dengan nama celumbo nucifera Gaertn cocok di letaknya pada kolam-kolam yang dalam, karena tanaman ini tergolong dalam tanaman yang tinggi, tinggi tanaman ini bisa mencapai 1,5 m.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ukuran diameter daun seroja juga dapat dikatakan besar karena diameternya dapat mencapai lebih dari 50 cm. Bunga seroja merupakan tanaman musiman yang hanya mekar pada bulan-bulan tertentu, yaitu berkisar antara Juli dan Agustus.

5. Apu-apu

Tanaman Apu-apu atau bisa dikenal dengan sebutan Pistia stratiotes dan Pistia crispate merupakan tanaman unik yang berdaun hijau dengan permukaannya yang dapat ditumbuhi bulu-bulu halus sehingga bertekstrur miripdengan beludru. Keunikan dari tanaman ini yaitu akar tanamanya berwarna putih sehingga terlihat bersih bila dipandang mata.

Susunan tanaman apu-apu ini adalah melingkar dan bertumpuk-tumpuk seperti tumbukan buku. Tanaman Apu-apu ini tergolong tanaman yang mudah dirawat karena pemiliknga tidak perlu melakukan perawatan khusus.

6. Bambu air

Bambu air dapat dijumpai di beberapa tempat yang ada di Indonesia. Banhu air ini biasa disebut dengan nama Equisetum hyemale. Tanaman merupakan tanaman air penghasil oksigen yanv mirip seperti bambu yang bisa kita lihat pada umumnya. Namun tumbuhan ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bambu pada umumnya karena tingginya hanya berkisar antara 25 – 100 cm. Ukuran diameter pada batang yang berkisae tidak lebih dari 3 cm membuktikan bahwa tanaman ini lebih kecil dari bambu kebanyakan.

7. Pisang Air

Ternyata pisang tak hanya tumbuh di daratan saja, ada jenis pisang yang dapat tumbuh di air dan memiliki segudang manfaat untuk manusia diantaranya menghasilkan oksihen sebagai sumber hidup manusia. Sesuai namanya yaitu pisang air tanaman ini mirip seperti pohon pisang, namun memiliki daun talas. Pisang air dengan nama latin Typhonodorum lindyeyanum ini sapat tumbuh tinggu hingga setinggi 4 m, tanaman ini tumbuh dengan daun bergelombang serta berbentuk seperti oval yang dapat mencapai ukuran 1,5 m.

Itulah 7 tanaman air penghasil oksigen. Jumlah oksigen yang dihasilkan tanaman Diatas pastilah berbeda-beda karena beberapa faktor pertumbuhan yang dimiliki. Akan tetapi tumbuhan tersebut sangatlah bermanfaat bagi manusia untuk meneruskan kehidupan. Oleh karena itu manusia bisa mengoleksi tanaman-tanaman tersebut untuk dirawat dengan baik.

Sumber gambar : 99.co

Sosial media : Instagram ginrj__

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks