Wisata Air Terjun di Indonesia yang Banyak Spotfoto

Wisata air terjun di Indonesia sangatlah banyak, namun beberapa diantaranya menyimpan keindahan yang sangat luar biasa indah. Air terjun adalah sungai atau air yang jatuh dari atas tebing berbatu menjadi kolam terjun di bawahnya. Proses erosi dan pengikisan tanah berperan penting dalam pembentukan air terjun. Air terjun terbentuk karena dua lapisan batu yang terkikis yaitu batuan keras hard rock (granit) dan dan batuan halus soft rock (batuan pasir). Umumnya, air di sungai lebih mengikis lapisan batu soft rock daripada hard rock.

Ads

Air terjun memiliki berbagai macam bentuk. Klasifikasinya bisa berbeda-beda karena tidak ada standar untuk menentukannya. Beberapa klasifikasi air terjun adalah sebagai berikut.

  • Block Waterfall, air terjun ini berasal dari aliran sungai yang lebar. Contohnya adalah Air Terjun Niagara.
  • Cascade adalah rangkaian air terjun yang menuruni banyak tingkatan batu dan bertemu di satu kolam terjun.
  • Cataract adalah air terjun yang sangat kuat dan berbahaya. Debit air yang dikeluarkan oleh air terjun ini sangat besar dan kuat.
  • Chute adalah air terjun yang memiliki jalur aliran air yang sempit dan memiliki tekanan yang tinggi.
  • Fan Waterfall adalah air terjun ini memiliki aliran air yang horizontal dan memiliki bentuk seperti kipas.
  • Plunge Waterfall adalah air terjun yang memiliki aliran air yang tegak lurus dan tinggi.

Kedalaman kolam terjun dapat terus-menerus bertambah akibat pengikisan air sungai yang jatuh terus-menerus. Batu yang ambruk dari atas air terjun juga bisa mengakibatkan pengikisan air untuk terus mengikis kedalaman kolam terjun. Selain itu, air terjun bisa juga terbentuk akibat gempa atau longsor.

Air Terjun di Indonesia yang Begitu Indah

Keindahan air terjun banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Udara sejuk dipadukan dengan kesegaran air dari air terjun merupakan suatu kenikmatan tersendiri saat mengunjungi air terjun. Keindahan dan kekayaan alam Indonesia ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Berikut adalah 6 air terjun indah di Indonesia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Penimbungan, Gunung Rinjani

Ilustrasi (1) Penimbungan © Instagram jalan2menofficial
Ilustrasi Air Terjun (1) Penimbungan © Instagram jalan2menofficial

Air Terjun Penimbungan terletak di jalur Torean untuk pendakian ke Gunung Rinjani. Jalur ini merupakan jalur non resmi dengan medan paling terjal. Para pendaki wajib mengantongi izin khusus dari pihak Taman Nasional Gunung Rinjani untuk mendaki lewat jalur ini. 

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 100 meter. Penimbungan merupakan air terjun tertinggi di Lombok yang keindahannya dapat dinikmati dari kejauhan. Para pendaki tidak disarankan untuk mendekati langsung lokasi air terjun ini karena medan yang ditempuh terjal dan licin. Pendaki dapat menikmati keindahan air terjun dari atas Lembah Sungai Putih.

Air Terjun Penimbungan menjadi salah satu destinasi wisata yang indah di tengah-tengah peristirahatan dari pendakian. Lokasi air terjun ini terletak di ketinggian 1.156 MDPL melalui 2 jam perjalanan dari Dusun Torean di Kecamatan Sembalun.

Tumpak Sewu, Lumajang

Ilustrasi (2) Tumpak Sewu © Instagram indraiswanto84
Ilustrasi Air Terjun (2) Tumpak Sewu © Instagram indraiswanto84

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, atau tepatnya di Jl. Raya Dampit-Lumajang Nomor 16, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri karena memiliki daya tarik tersendiri sebagai air terjun alami. Air terjun Tumpak Sewu mulai dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial berkat mendapatkan Anugerah Tempat Wisata Jawa Timur terbaik nomor 1 tahun 2018 oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur. Wisatawan dapat melihat air terjun Tumpak Sewu dari atas ketinggian. Jika mengunjungi saat cuaca cerah, para wisatawan dapat melihat Air Terjun Tumpak Sewu dengan latar belakang Gunung Semeru secara langsung. 

Cikanteh, Sukabumi

Ilustrasi Air Terjun (3) Cikanteh © Instagram arry.kitting
Ilustrasi Air Terjun (3) Cikanteh © Instagram arry.kitting

Air Terjun Cikanteh terletak di Curug Cikanteh terletak di Dusun Cikanteh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dan memiliki nama tersendiri. Tingkatan air terjun yang paling atas adalah Curug Cikanteh, tingkatan kedua adalah Curug Ngelai dan tingkatan bawah adalah Curug Sodong. Anda dapat menikmati tiga air terjun dalam satu lokasi.

Air terjun Cikanteh memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Air terjun ini berasal dari sungai Cikanteh sehingga dinamakan Air Terjun Cikanteh atau orang Jawa Barat biasa menyebutnya dengan Curug Cikanteh. Lokasi air terjun ini yang berada di daerah pedesaan dengan didominasi pemandangan hutan dan sawah. 

Sekumpul, Buleleng, Bali

Ilustrasi (4) Sekumpul © Instagram mariarahajeng
Ilustrasi Air Terjun (4) Sekumpul © Instagram mariarahajeng

Air Terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Kabupaten Buleleng, Bali. Wisatawan bisa berangkat dari Daerah Kuta melalui Jl. Denpasar–Singaraja selama 2 jam 26 menit. Air Terjun Sekumpul berjumlah 7 air terjun. Masyarakat setempat memberi nama Sekumpul yang artinya sekumpulan air terjun. Wisatawan luar negeri menyebutnya dengan sebutan Seven Points Waterfall. Saat sampai di loket tiket masuk, Anda masih harus berjalan kaki sepanjang 300 meter dan menyeberangi sungai. Sungai ini mempunyai kedalaman mencapai paha orang dewasa. Air Terjun Sekumpul memiliki ketinggian sekitar 100 meter dari atas pegunungan, airnya mengucur deras dan deburannya menenangkan.

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Ilustrasi Air Terjun (5) Kanto Lampo © Instagram galeri.wamenparekraf
Ilustrasi Air Terjun (5) Kanto Lampo © Instagram galeri.wamenparekraf

Air Terjun Kanto Lampo terletak di Banjar Kelod Kangin, Kabupaten Gianyar, Bali. Destinasi wisata ini dapat ditempuh dalam 30 kilometer perjalanan dari Denpasar, atau berjarak sekitar 1 kilometer sebelah utara dari Taman Kota Kabupaten Gianyar. Sumber air dari Air Terjun Kanto Lampo berasal dari dalam tanah dan juga air saluran irigasi. Terdapat beberapa saluran yang tersumbat dan akhirnya meluap. Luapan dari air irigasi inilah membentuk aliran Air Terjun Kanto Lampo hingga saat ini.

Air Terjun Kapas Biru, Jawa Timur

Ilustrasi Air Terjun (6) Kapas Biru © Instagram hydrahmeds
Ilustrasi Air Terjun (6) Kapas Biru © Instagram hydrahmeds

Air Terjun Kapas Biru terletak di Jalan Raya Dampit-Lumajang, Jawa Timur, sekitar 3 kilometer dari Air Terjun Tumpak Sewu. Aliran air terjun ini dinamakan kapas biru karena di bagian sisi aliran air yang putih muncul warna biru jika dilihat dari jauh. Kapas Biru ini memiliki tinggi mencapai 20 meter dengan tebing berwarna cantik.  Selain Air Terjun Kapas Biru, terdapat juga objek wisata Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes, atau terkenal adalah Niagara Mini Tumpak Sewu. 

 

Air terjun di kawasan Indonesia memiliki keindahan yang dipadukan dengan hutan yang masih asri. Sebagai pengunjung wisata air terjun, kita harus tetap menjaga lingkungan dan terus melestarikan keindahan ini. Upaya yang bisa kita lakukan adalah tidak malas membuang sampah pada tempatnya, karena hal itu dapat menjaga hutan tetap asri. Aliran sungai dan air terjun di Indonesia harus dijaga agar dapat mengalir dengan jernih dan bersih.

 

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani 

Dikurasi oleh Inggrit Aulia Wati Hasanah

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!