Amis-amisan, Tanaman yang Berbau Darah

Tumbuhan merupakan makhluk hidup penting bagi kehidupan di bumi karena dapat menghasilkan oksigen dan berbagai manfaat besar lainnya. Berbagai tumbuhan unik tersebar di seluruh dunia baik yang tumbuh secara alami maupun tumbuh karena dibudidayakan. Tumbuhan yang dibudidayakan atau sengaja ditanam disebut dengan tanaman. Berbagai alasan tanaman ditanam dengan sengaja oleh manusia karena berbagai alasan seperti keunikan bentuk, keindahan bunganya, maupun karena manfaat yang terkandung dari tumbuhan tersebut. Salah satu tanaman yang memiliki keunikan yang cukup jarang ditemukan, yaitu karena tanaman ini memiliki ciri khas dengan bau yang menyengat menyerupai bau darah, tanaman ini disebut tanaman amis-amisan, tanaman yang memiliki bau kurang sedap ini memiliki nama latin yaitu Houttuynia cordata Thunb

Ads
Gambar 1. Houttuynia cordata Thunb. ©flickr.com
Gambar 1. Houttuynia cordata Thunb. ©flickr.com

Tanaman Amis-amisan

Tanaman ini memiliki banyak sebutan, bagi masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa tanaman ini  disebut tanaman amis-amisan, fish leaf (Inggris), dan untuk daerah Sunda masyarakat banyak menyebutnya dengan jakut hanyir. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, asal-usul nama tanaman amis-amisan berasal dari sisa daging dan darah seseorang yang diterkam oleh harimau  (van Steenis, 2006). Tanaman angiospermae ini dapat tumbuh memanjang mencapai 100 cm dan tinggi rata-rata 80 cm dengan banyak cabang. Bentuk daunnya yang unik yang menyerupai hati dengan panjang daun 4-9 cm serta memiliki warna daun hijau pekat. Tanaman berbau amis ini memiliki akar serabut dengan batang yang bulat bergerigi beruas-ruas yang menempel pada tanah. Pembungaan tanaman ini tersusun dalam bulir dengan jumlah braktea 4 yang berwarna putih dengan buah bertipe kapsul dengan bentuk bulat telur yang berukuran kecil. Periode berbunga tanaman ini sekitar bulan September hingga November. 

Gambar 2. Flowers of Houttuynia cordata Thunb ©wikimedia.org
Gambar 2. Flowers of Houttuynia cordata Thunb ©wikimedia.org

Tanaman bernama latin Houttuynia cordata Thunb ini umumnya tumbuh pada ketinggian 100 m sampai 900 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini banyak tumbuh di tanah yang lembab maupun basah dengan sedikit bagian tanaman terendam air. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari untuk pertumbuhannya. Amis-amisan termasuk ke dalam tumbuhan invasif yang memiliki kemampuan mendominasi suatu kawasan karena kemampuan menumbuhkan batang rimpangnya dengan cepat dan kemampuan akarnya yang aktif menyebar. 

Tanaman amis-amisan banyak dijumpai di hutan maupun di pinggir jalan di kawasan Asia Tenggara, bukan hanya itu tanaman ini juga banyak ditemukan di kawasan negara Asia Selatan seperti Jepang, Cina, dan Korea. Di berbagai negara tanaman ini banyak dikonsumsi seperti olahan sayuran yang direbus maupun dijadikan salad. Walaupun memiliki bau yang menyengat, tanaman ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena kandungannya yang memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh. 

Manfaat Tanaman Amis-amisan

Tanaman amis-amisan banyak memiliki manfaat, berbagai macam kandungan tanaman yang memiliki bau menyerupai darah ini bermanfaat bagi masyarakat baik dikonsumsi maupun sebagai bahan obat-obatan. Tanaman amis-amisan biasa digunakan sebagai obat herbal di berbagai negara di kawasan Asia Selatan seperti Cina, Jepang, dan Korea. Banyak manfaat dari kandungan tanaman berbau darah ini yaitu: 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Sebagai obat demam berdarah, obat dari tanaman amis-amisan untuk demam berdarah berasal dari ekstrak etanol dari tanaman berbau amis ini, kandungan ekstraknya menunjukkan aktivitas penghambatan anti-dengue sebesar 35,99 persen terhadap DENV-2 dalam sel vero yang berkonsentrasi pada 1,56 µg/mL.
  2. Obat penyembuh luka, kandungan Houttuynia cordata dinilai mampu untuk membunuh antiparasit seperti bakteri pada permukaan luka maupun nanah pada luka. Kemudian di Jepang ditemukan olahan Houttuynia cordata, digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kosmetik untuk penyembuhan jerawat maupun menghilangkan flek hitam. 
  3. Sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk diuretik, diuretik merupakan obat yang mampu mempercepat pembentukan urin, obat ini cocok bagi seseorang yang sulit buang air. Bukan hanya itu, khasiat tanaman ini juga dapat dijadikan obat detoksifikasi yang berguna untuk menetralisir racun di dalam tubuh.
  4. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tanaman amis-amisan banyak dikonsumsi secara langsung karena dinilai baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.
  5. Menjadi obat sakit saluran pernapasan seperti batuk, pilek, pneumonia, bronkitis, dll. Cara membuat obat herbal untuk mengobati saluran pernapasan ini terbilang cukup mudah. Cukup dengan mencuci tanaman sampai bersih, lalu rebus dengan air 400 ml dan diamkan sampai mendidih selama 15 menit, kemudian disaring dan tunggu sampai dingin setelah itu minum sekaligus sehari 2 kali, pagi dan sore. 
  6. Digunakan untuk mengatasi Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Tanaman ini digunakan sebagai bahan untuk mengatasi SARS pada saat wabah SARS terjadi pada 2 dekade lalu, Houttuynia cordata menjadi salah satu komponen tumbuhan yang ketika itu diakui oleh Kementerian Kesehatan Cina (Fu,J et al., 2013).
Gambar 3.  Herb Natural Chinese Herbal Medicine ©alibaba.com
Gambar 3.  Herb Natural Chinese Herbal Medicine ©alibaba.com

Tanaman amis-amisan selama berabad-abad menjadi bahasan untuk obat-obatan herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat di bidang kesehatan di berbagai negara. Sejauh ini, berbagai macam penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa tanaman amis-amisan mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari flu, kulit, sampai dengan penyakit gangguan pernapasan. Oleh karena itu, perlu penelitian lebih dalam untuk menemukan potensi terbesar dari khasiat tanaman ini sehingga bermanfaat bagi dunia kesehatan. 

 

Penulis: Moh. Dwi Bahtiar

 

Referensi Literatur

Fu, Jiangang., Dai, L., Lin, Z., Lu, H. 2013. Houttuynia cordata Thunb: A Review of Phytochemistry and Pharmacology and Quality Control. Chinese Medicine.

Kewscience. Houttuynia cordata Thunb. Retrieved February 25, 2021, from http://powo.science.kew.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:927252-1.

Raihandhany, Reza. Amis-amisan, Si Tumbuhan Beraroma Darah Kaya Manfaat. Retrieved February 25, 2021, from https://generasibiologi.com/2020/06/amis-amisan-si-tumbuhan-beraroma-darah-kaya-manfaat.html.

Sartika, Ayu. (July, 06 2020). Inilah tanaman yang ampuh sebagai obat DBD, ada pepaya, cabai jawa, pare dll. Retrieved February 25, 2021, from https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-tanaman-yang-ampuh-sebagai-obat-dbd-ada-pepaya-cabai-jawa-pare-dll?page=all

Willian, Stefan. (February, 05 2021). Khasiat  Tanaman Amis-Amisan Untuk Kesehatan. Retrieved February 25, 2021, from https://www.pusakapusaka.com/khasiat-tanaman-amis-amisan.html.

 

Referensi Gambar

https://www.flickr.com/photos/adaduitokla/8046717798

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/5a/Houttuynia_cordata01.jpg/1280px-Houttuynia_cordata01.jpg

http://sc04.alicdn.com/kf/HTB1FYPhXELrK1Rjy0Fjq6zYXFXap.jpg

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!