Apa itu Hutan Lindung?

Indonesia terletak pada lintasan garis khatulistiwa yang membentang dari Sumatra, Kalimantan, hingga ke Papua. Keindahan alam Indonesia yang terdiri dari pesisir pantai, gugusan pegunungan, dan hijaunya hutan belantara menjadikan Indonesia disebut negara zamrud khatulistiwa. Keragaman hutan Indonesia, termasuk hutan lindung,  merupakan rumah bagi berbagai kehidupan yang ada di dalamnya. Keanekaragaman hayati hutan Indonesia menempati posisi kedua terbesar di dunia setelah Brazil. Dari keanekaragaman tersebut 10% spesies tanaman, 12% spesies mamalia, 16% reptilia dan amphibi, 17% spesies burung tumbuh secara alami di belantara hutan di Indonesia. Banyak dari spesies tersebut bersifat endemik yaitu hanya dapat dijumpai di Indonesia.

Ads
Hutan Lindung
Kawasan Hutan Lindung © liputan6.com

Hutan di Indonesia terdiri dari berbagai macam hutan yang memiliki perbedaan fungsi. Salah satu hutan yang ada di Indonesia yaitu hutan lindung yang termasuk dalam kawasan lindung. Hutan lindung mempunyai keadaan alam yang sedemikian rupa sehingga pengaruhnya yang baik terhadap tanah, alam sekelilingnya, dan tata air perlu di pertahankan dan dilindungi. Aset utama dari hutan ini yaitu pohon yang berguna sebagi penghalang untuk menurunkan gerakan massa seperti erosi, longsoran tanah, aliran puing, dan banjir.  Kawasan hutan lindung berfungi sebagai penyedia penahan erosi, paru-paru kota, pencegah banjir, dan cadangan air bersih. Indonesia memiliki banyak kawasan hutan lindung yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, diantaranya:

  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan ini terletak di Sungai Wain, Balikpapan, Kalimantan Timur. Merupakan tipe hutan Dipterocarpa dataran rendah yang masih tersisa di Indonesia . Beragam flora dan fauna endemik kalimantan menempati hutan ini sebagai rumah, termasuk burung-burung eksotik yang semakin langka. Keanekaragaman hayati yang terdapat pada hutan ini tergolong tinggi dibandingkan dengan hutan lindung lainnya.

  1. Hutan Lindung Sungai Lesan

Hutan Lindung Sungai Lesan terletak di Kecamatan Kelai, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kawasan hutan seluas 11.000 hektar ini adalah salah satu hutan yang ada di Kabupaten Berau yang kondisinya masih cukup baik. Sebanyak 85% merupakan bekas tebangan dalam kondisi sehat. Hutan yang kaya akan keanekaragaman hayati ini merupakan surga bagi kehidupan flora dan fauna unik serta langka. Tidak kurang dari 200 jenis tumbuhan, 52 jenis mamalia, dan 118 jenis burung dapat ditemui di kawasan ini.

  1. Hutan Lindung Indramayu

Hutan ini terletak di Desa Cikawung, Kecamatan Tirisi, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Hutan ini merupakan Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT) situs budaya Batu Larangan. Pemerintah daerah setempat turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan lindung Indramayu. Pemerintah daerah setempat berupaya agar hutan tersebut tidak menjadi tempat berburu satwa liar, menebang pohon, dan merusak lingkungan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Hutan Lindung Istana Kepresidenan Cipanas

Hutan unik ini sudah ada sejak masa penjajahan belanda. Flora yang mendominasi kawasan ini merupakan tanaman keras seperti Rasamala, Suren, Puspa, Damar, Jati Putih, Pinus, Trembesi, Kayu manis, dan aneka pohon bambu.

  1. Hutan Lindung Wehea

Hutan ini merupakan hutan yang dikelola secara adat oleh masyarakat dayak wehea. Hutan seluas 38.000 hektar ini dijaga oleh 4 orang penjaga hutan. Di dalam hutan ini terdapat air terjun bernama air terjun kelelawar yang menjadi daya pikat tersendiri bagi pecinta alam. Flora dan fauna seperti macam dahan, pohon meranti merah, beruang madu, dan oranng utan memanfaatkan hutan ini menjadi rumah.

  1. Hutan Lindung Kota Langsa

Hutan ini terletak di Aceh, tepatnya di Kota Langsa yang memiliki luas 16.000 Hektar. Hutan ini awalnya merupakan kawasan hutan yang dijaga dan dilindungi. Namun, sering berjalannya waktu hutan ini menjadi tempat wisata keluarga. Hal ini tentu menjadi edukasi lingkungan bagi masyarakat indonesia. Hutan dapat menjadi tempat wisata yang menati dikunjungi untuk wisatawan lokal maupun luar negeri. Hutan ini memang sengaja di lestarikan oleh pemerintah Kota Langsa  untuk memberikan kesejukan dan keindahan bagi para wisatawan. Pemerintah berharap hutan hutan ini dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Pengunjung yang datang ke hutan ini kebnayakan bersal dari luar kota. Hutan ini memiliki beberapa wahana bermain keluarga. Berbagai pohon besar tumbuh di hutan ini untuk memberikan kesan sejuk dan asri kepada para pengunjung.

Itulah beberapa potret hutan lindung yang ada di Indonesia. Kawasan hutan lindung di Indonesia merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita mendukung upaya pelestarian hutan lindung agar generasi yang akan datang dapat menikmatinya. Tidak perlu langkah besar untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan karena langkah sekecil apapun akan berdampak pada lingkungan. Mari jaga hutan dimulai dari diri kita, keluarga, dan lingkungan tempat tinggal kita untuk hutan Indonesia. Salam lestari! Salam Hutan Indonesia!

Penulis : Gina Rodatul Jannah

Referensi :

Nisa Mutia Sari. 2020. 7 Hutan Lindung di Indonesia, Ada yang Jadi Tempat Wisata. https://hot.liputan6.com/read/4149778/7-hutan-lindung-di-indonesia-ada-yang-jadi-tempat-wisata diakses pada 24 Agustus 2020.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!