Apa itu Hutan Sabana?

Hutan Sabana
Hutan Sabana © Pixabay – Julian Hacker

Hai, Sobat Alam! Kalian tentunya sudah mengetahui definisi dari hutan. Hutan merupakan suatu kekayaan alam yang terdiri dari kumpulan pohon dan tumbuhan lainnya di atas tanah yang luas. Akan tetapi, sebenarnya, hutan memiliki banyak jenisnya, salah satunya hutan sabana. Tahukah kalian apa itu hutan sabana? Sebagian dari kita mungkin sudah tahu hutan sabana dan sudah pernah menapakinya. Tentunya, masih ada sebagian lainnya yang masih asing dengan istilah hutan sabana. Sebenarnya, apa sih hutan sabana itu? Apa yang membedakan dari hutan lainnya? Terus, ada apa saja di sana? Apakah ada kawasan hutan sabana di Indonesia? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, yuk simak artikel berikut!

Ads

Pengertian dan Definisi

Hutan Sabana
Hutan Sabana © Pexels – Magda Ehlers

Hutan sabana terbentuk di daerah perpaduan antara tropis dan juga sub tropis. Terbentuknya hutan ini tidak terlepas dari pengaruh alam, yaitu curah hujan. Curah hujan yang rendah menyebabkan kawasan ini memiliki iklim yang tidak terlalu kering untuk disebut sebagai gurun pasir, namun juga tidak cukup basah untuk disebut sebagai hutan murni. Hutan sabana terdapat di beberapa wilayah, seperti di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan juga Australia. Indonesia sendiri juga memiliki hutan sabana di beberapa wilayahnya yang sekaligus menjelma sebagai tempat wisata.

Hutan sabana memiliki suhu yang cenderung hangat dan tetap sama sepanjang tahunnya. Meskipun bersuhu panas, hutan sabana tetap berpotensi hujan dengan intensitas 100 mm hingga 150 mm per tahunnya. Hutan sabana juga dapat berubah menjadi semak belukar ataupun hutan basah tergantung dari intensitas hujan yang diterimanya. Pada saat musim kering tiba, maka curah hujan yang turun sangat sedikit. Bahkan, pada bulan Desember sampai Februari bisa jadi tidak ada hujan sama sekali. Hal ini membuat hutan sabana berubah menjadi seperti sekumpulan semak belukar. Sebaliknya, pada saat musim basah tiba, yang mana biasanya dimulai pada bulan Mei, intensitas hujan yang turun menjadi lebih sering. Jika itu terjadi, kemungkinan hutan sabana akan berubah menjadi hutan basah.

Curah hujan yang tidak konsisten ini tidak lantas membuat tumbuhan-tumbuhan di hutan sabana mati. Meski terkadang hujan tidak turun sama sekali dalam jangka waktu lama, hutan sabana tetap bisa bertahan karena memiliki resapan air  dan pengairan yang baik. Hal inilah yang membedakan hutan sabana dari hutan lainnya. Kita tidak bisa membayangkan hutan ini penuh dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi seperti hutan kebanyakan. Dengan ciri-ciri demikian, tentunya hanya flora dan fauna tertentu yang dapat bertahan hidup di hutan sabana dan memiliki kekuatan adaptasi yang baik.

Flora di Hutan Sabana

Flora Hutan Sabana
Flora Hutan Sabana © Pexels – rizknas

Sebagian besar hutan sabana hanya ditutupi oleh rumput. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik hutan sabana yang memiliki curah hujan sedikit. Rumput menjadi satu-satunya jenis tanaman yang mampu beradaptasi dalam kondisi ini karena rumput tidak membutuhkan banyak hujan untuk tumbuh dengan baik.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Selain rumput, spesies tumbuhan yang dapat bertahan hidup di hutan sabana adalah pohon palem dan akasia. Pohon palem dapat bertahan hidup di hutan sabana karena tanaman ini sangat tahan terhadap kondisi kekeringan dan bisa tumbuh tanpa perlu diberikan air setiap hari. Jika pohon palem sudah tumbuh besar, akarnya dapat berfungsi dengan baik untuk mengambil air secara mandiri dari dalam tanah. Sementara itu, pohon akasia juga mampu tumbuh di hutan sabana karena tumbuhan ini tidak membutuhkan perawatan yang mumpuni karena tumbuhan tersebut dapat tumbuh subur meskipun curah hujan rendah asalkan lahan tanamnya mengandung banyak unsur hara.

Akan tetapi, meskipun pohon palem dan akasia dapat beradaptasi dengan baik, jumlah kedua jenis tanaman ini tidak banyak sampai memenuhi hutan sabana dan pertumbuhannya pun tidak teratur sehingga sebagian besar hutan sabana hanya ditutupi dengan rumput.

Fauna di Hutan Sabana

Fauna Hutan Sabana
Fauna Hutan Sabana © Pixabay – Herbert Aust

Tidak hanya flora, fauna yang hidup di hutan sabana juga memiliki ciri khas tertentu yang membuat mereka mampu bertahan. Ciri khas tersebut adalah kemampuan dan daya tahan untuk hidup di padang rumput yang kering. Contoh hewan yang mampu hidup di daerah ini adalah singa, macan tutul, zebra, gajah afrika, wildebeest, hyena, buaya, unta, juga jerapah. Biasanya, mereka hidup berkelompok. Meskipun hutan sabana tidak memiliki air yang melimpah, tetap ada sumber air yang digunakan bersama-sama oleh para hewan yang hidup di sana untuk bertahan hidup.

Kawasan Hutan Sabana di Indonesia

Sabana di Indonesia
Taman Nasional Baluran, Indonesia © Unsplash – Pandarekuwa

Di Indonesia, terdapat beberapa hutan sabana yang terbentang luas. Guna melestarikan ekosistem tersebut, hutan-hutan tersebut dikelola menjadi taman nasional. Taman nasional sendiri adalah kawasan ekosistem asli yang dikelola untuk kepentingan tujuan penelitian, pendidikan, budidaya, pariwisata, rekreasi, juga untuk tujuan konservasi flora dan fauna. Sebut saja Taman Nasional Alas Purwo yang berada di Banyuwangi dan Taman Nasional Baluran yang sering disebut-sebut sebagai Afrikanya Indonesia. Keduanya menjadi lahan konservasi sekaligus tempat wisata yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

Keberadaan hutan sabana, sama seperti hutan-hutan lainnya, menopang kehidupan flora dan fauna untuk menjaga keseimbangan bumi. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya. Tentunya, hal ini harus dilakukan secara kolektif untuk bisa mewujudkan lingkungan yang lebih baik lagi hingga generasi mendatang. Yuk, semangat menjaga alam untuk diri kita sendiri dan untuk bumi! (Almira Afini)

Penulis: Almira Afini

Referensi: 

Gambar

Gambar 1: https://pixabay.com/id/photos/afrika-kilimanjaro-kenya-alam-4278135/

Gambar 2: https://www.pexels.com/id-id/foto/alam-banteng-bidang-binatang-1319648/

Gambar 3: https://www.pexels.com/id-id/foto/agrikultura-alam-bangsa-bidang-2866385/

Gambar 4: https://pixabay.com/id/photos/afrika-kenya-safari-dunia-binatang-4056513/

Gambar 5: https://unsplash.com/photos/XO-OypjzbjU

Literature

Ilmugeografi. Hutan Sabana : Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaatnya. Online: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/hutan-sabana

RimbaKita. Hutan Sabana – Pengertian, Ciri, Flora Fauna & Wisata. Online: https://rimbakita.com/hutan-sabana/

Rizky. Rekomendasi 23 Padang Sabana di Indonesia yang Akan Menyegarkan Matamu. Online: https://phinemo.com/padang-sabana-di-indonesia/

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!