Asa Montessori Untuk Hutan Lestari

Lokasi Pesisir Tambakrejo, Semarang

Wilayah pesisir merupakan daerah yang memiliki banyak potensi. Mulai dari kesempatan lapangan kerja baru sampai pada potensi terjadinya abrasi. Wilayah pesisir didefinisikan sebagai wilayah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang saling berinteraksi, di mana ke arah laut 12 mil dari garis pantai untuk provinsi dan sepertiga dari wilayah laut itu (kewenangan provinsi) untuk kabupaten/kota dan ke arah darat batas administrasi kabupaten/kota. Wilayah yang berbatasan langsung dengan laut ini dapat memberi manfaat untuk jangka panjang jika dijaga dengan baik. Namun, akan menjadi bencana apabila tidak dijaga apalagi dirusak. Salah satu wilayah pesisir yaitu Tambakrejo, dusun paling utara di Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tambakrejo dikenal sebagai desa nelayan karena sebagian besar warganya adalah nelayan. Berbagai hasil tangkapan laut yang didapatkan nelayan dijual baik dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan. Oleh karena itu, pelestarian lingkungan harus tetap jaga supaya masyarakat dapat terus bertahan hidup dengan baik. Namun sayangnya, laut yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan, kini mulai mengancam tempat tinggal mereka. Kawasan ini kerap dilanda banjir rob. Ombak juga secara perlahan mengikis daratan, membuat jarak pantai dan daratan semakin dekat. Lokasi ini merupakan lokasi penanaman pada project LindungiHutan bersama Asa Montessori.

Ads

 

Asa Montessori

Asa Montessori merupakan produsen kerajinan tangan berupa mainan dan kenang-kenangan yang berbahan dasar kayu. Produk yang dihasilkan memiliki desain unik serta warna-warna yang menarik. Permainan yang diproduksi dibuat bertujuan untuk melatih kemampuan anak-anak.

Salah Satu Produk Mainan © Tokopedia Asa Montessori
Salah Satu Produk Mainan © Tokopedia Asa Montessori

Asa Montessori juga memiliki rekomendasi jenis permainan anak sesuai dengan umurnya, sehingga dapat membantu mengembangkan pola pikir dan kemampuan belajar anak. Bagi anak-anak jenis permainan yang dimainkan dapat memberi stimulasi pada kemampuan belajarnya. Dengan desain yang menarik, tentunya anak-anak akan lebih senang lagi ketika bermain dan sekalian untuk belajar. Tidak hanya digunakan sebagai permainan anak-anak, produknya juga menarik dijadikan hiasan. Di samping itu, terdapat juga produk khusus untuk perabotan atau hiasan di rumah. Konsep desain yang digunakan juga tidak mainstream. Bahan dasar kayu yang digunakan juga merupakan salah satu bentuk upaya menjaga lingkungan dengan pengurangan penggunaan plastik. Berikut pada gambar di bawah ini dapat dilihat Tokopedia Asa Montessori.

Tokopedia Asa Montessori
Tokopedia Asa Montessori

Terlepas dari hal itu, Asa Montessori juga menginisiasi kampanye alam bersama LindungiHutan. 

 

Trees For Their Future

Project Penanaman bersama Asa Montessori © LindungiHutan
Project Penanaman bersama Asa Montessori © LindungiHutan

Laut yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan kini mulai mengancam tempat tinggal mereka. Kawasan ini kerap dilanda banjir rob. Ombak juga secara perlahan mengikis daratan, membuat jarak pantai dan daratan semakin dekat. Tambakrejo yang dulunya merupakan pemukiman, lambat laun ditinggalkan oleh penduduknya. Jika dibiarkan terus menerus, abrasi tidak hanya mengancam tempat tinggal nelayan, tetapi juga ekosistem pantai. Salah satu upaya yang bisa kita dilakukan untuk mengatasi abrasi yang semakin parah di Tambakrejo adalah menanam mangrove di sepanjang bibir pantai. Kontribusi dalam pelestarian lingkungan dilakukan Asa Montessori melalui donasi hasil penjualan produk sebesar 8 % dalam rangka kampanye alam yang bertajuk “Trees For Their Future” bekerjasama dengan LindungiHutan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Penulis : Hibyal Haninatu Niswah 

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crwodfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealamuntuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dan bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!