Australasian gannet (Morus serrator): Burung laut dengan gaya berburu paling dramatis di Bumi

Gambar 1 Burung Serrator
Gambar 1 Burung Serrator

Fauna yang satu ini mungkin ada yang pernah melihatnya di salah satu tayangan khusus binatang. Burung yang terbangan diatas laut ini biasa di sebut burung serrator atau burung gannet. Agak asing ya ditelinga? Yuk, kita bahas lebih rinci lagi mengenai burung serrator ini!

Ads

Mengenal Burung Serrator

Burung serrator atau ganet ini merupakan sekelompok burung laut dalam taksonomi genus Morus. Di dalam genus, hanya ada tiga spesies, yang masing-masing hidup di wilayah yang sama sekali berbeda. Tiga spesies gannet adalah Northern Gannet, Cape gannet, dan Australasian gannet. Ketiga spesies tersebut memiliki warna bulu yang cukup terang, dengan paruh tebal dan runcing.  Semua spesies burung serrator merupakan burung yang relatif besar dengan berat sekitar lima pon atau lebih. Bulu mereka didominasi warna putih, sedangkan bulu pada sayap dan ekornya berwarna hitam. Area kepala burung serrator juga memiliki rona kekuningan di atas bulunya. 

Walaupun ketiga spesies ini memiliki kemiripan, tetapi terdapat keunikan sendiri. Mari kita bahas lebih lanjut. Spesies Northern gannet merupakan spesies burung laut terbesar di Samudra Atlantik Utara. Mereka memiliki kecepatan terbang lebih dari 35 mil per jam. Cape gannet merupakan spesies yang paling mudah untuk dikenali dikarenakan memiliki tanda di bawah tenggorokan yang berwarna gelap. Australian gannet merupakan spesies yang tidak mudah membagikan makanannya untuk sesama spesies, lebih memilih untuk mencukupi kebutuhan makanan diri sendiri. 

Burung gannet dikenal sebagai burung laut, banyak yang menebak bahwa burung ini hidup di lautan. Namun, tidak seperti burung laut lainnya, burung gannet hidup di dekat pantai dan di sebuah pulau. Faktanya, jarang sekali burung-burung ini tersesat lebih dari 100 mil dari pantai. Saat musim reproduksi, mereka mencari pulau terpencil untuk bersarang. 

Masing-masing spesies tinggal di wilayah yang berbeda. Spesies Northern gannet biasanya berada di pantai timur Kanada hingga ke Teluk Meksiko. Mereka juga tersebar di seluruh pantai Eropa dan Afrika Utara. Cape gannet hidup di sepanjang pantai Afrika bagian barat dan selatan. Sedangkan spesies Australian gannet hidup di sepanjang pantai Afrika, Selandia Baru, dan pulau-pulau lain di sekitarnya. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Sumber makanan utama untuk burung gannet adalah ikan dan cumi-cumi. Biasanya mereka ikut berburu makanan dengan para predator laut seperti lumba-lumba, yang sumber makanannya selalu bergerombol. Beberapa dari spesies ikan yang mereka makan diantaranya capelin, ikan kod, dan ikan karang. 

Setiap spesies memiliki perilaku yang sedikit berbeda. Ada yang lebih suka menyendiri ketika menyantap makanan nya dan ada juga yang berkumpul dengan kawanannya untuk menyantap makanan bersama. Selama musim reproduksi, kawanan gannet berkumpul untuk membentuk koloni saat berkembang biak. 

Sebagian besar burung gannet bersifat monogami dan berkembang biak dengan pasangan yang sama dari tahun ke tahun. Mereka memiliki ritual untuk berkembang biak serta tarian tertentu, dimana keduanya berfungsi untuk membentuk ikatan dan membangunya kembali saat sampai di koloni. 

Burung gannet betina akan bertelur satu atau dua buah saja dan mengerami telur-telur tersebut selama sekitar satu setengah bulan sebelum menetas. Setelah bayi gannet menetas, mereka sepenuhnya akan bergantung pada induknya untuk makanan dan perlindungan. Pada usia sekitar tiga bulan mereka akan mulai terbang dan setelah seminggu atau lebih mereka akan hidup mandiri. 

Interaksi Antara Burung gannet dan Manusia

Para nelayan tidak begitu suka burung gannet, terutama saat mereka memancing di daerah burung gannet membuat sarang. Karena mereka cenderung memakan lebih banyak ikan, ini yang menimbulkan ketidak sukaan nelayan terhadap burung gannet. Biasanya ketidaksukaan ini menimbulkan masalah pada spesies burung, walaupun spesies burung gannet bukan termasuk yang terancam punah. 

Daftar di IUCN menyatakan bahwa dua spesies burung gannet Northern Gannet dan Australasian gannet tidak termasuk spesies yang perlu di khawatirkan. Sedangkan untuk Cape gannet merupakan spesies yang terancam punah. Tidak diketahui secara pasti mengenai spesies Cape gannet terancam punah, tetapi dapat dipastikan bukan karena diburu untuk dijadikan hewan peliharaan.

Burung gannet bukan fauna yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. Mereka mengeluarkan kotoran yang memiliki bau menyengat. Mereka juga membutuhkan banyak asupan sumber makanan seperti ikan dan cumi-cumi. Faktanya, di beberapa negara memiliki burung gannet sebagai hewan peliharaan merupakan tindakan ilegal.

Kebun binatang merupakan tempat yang paling pas untuk melihat dan mencari informasi mengenai burung gannet tanpa memeliharanya. Kebun binatang juga menyediakan fasilitas yang sama seperti habitat aslinya, sehingga mereka dapat hidup lebih nyaman. Burung gannet di kebun binatang dapat memberikan informasi pengunjung mengenai bahaya yang dihadapi burung laut, polusi dan penangkapan ikan laut secara berlebihan. 

Misteri Gaya Berburu Burung Gannet

Gambar 2 Burung Serrator Terbang di Atas Laut
Gambar 2 Burung Serrator Terbang di Atas Laut

Burung gannet menangkap ikan dengan menyelam dari ketinggian yang signifikan (seringkali lebih dari 30 meter) dengan kecepatan tinggi ( hingga 60 mil per jam). Mereka dapat menyelam sedalam 20 meter lebih dan dapat bermanuver serta berenang di bawah air menggunakan kedua sayap dan kaki. Ikan akan ditangkap menggunakan paruhnya saat menyelam. Burung gannet menelan ikan kecil di bawah air atau membawa mangsa yang lebih besar ke permukaan untuk memanipulasinya dengan paruhnya. 

Penelitian dari Glasgow University mengatakan bahwa burung gannet dapat melakukan perjalanan ratusan mil dari rumah mereka hanya untuk mencari makanan. Faktanya bahwa burung gannet belajar berburu dengan mengikuti orang tua mereka. Burung gannet yang lebih muda akan mengikuti yang lebih dewasa dan berpengalaman, dan menunjukan bahwa kemungkinan ini diturunkan dari generasi ke generasi. 

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah 

 

Referensi Literatur

Aniamal.Net. Retrieved March 18, 2021, from

https://animals.net/gannet/

BBCNEWS. November 01, 2019. Tree Goats. Retrieved March 18, 2021, from

https://www.bbc.com/news/uk-scotland-edinburgh-east-fife-50267180

 

 

Referensi Gambar

https://images.app.goo.gl/FSZuZbCxdmTSvyxU6

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fanimals.net%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2FGannet-6-650×425.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fanimals.net%2Fgannet%2F&tbnid=DTly9cRzsRELrM&vet=1&docid=bVKDA5AHDIlz3M&w=650&h=425&hl=en-US&source=sh%2Fx%2Fim

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!