AXA Week for Good : Penanaman 500 Pohon Mangrove di Jakarta Utara

4 e1634193773732 – Wanaswara

JAKARTA – AXA Mandiri dan AXA, entitas bisnis asuransi global AXA Group di Indonesia, telah selesai melaksanakan penanaman mangrove bersama dengan LindungiHutan. Sejumlah 500 bibit pohon Mangrove sukses tertanam dalam aksi pada tanggal 6 Oktober 2021 tersebut. Aksi penanaman dilaksanakan di Hutan Mangrove Angke Kapuk Jakarta, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Ads

AXA Mandiri dan AXA terdiri dari entitas bisnis yang berfokus pada asuransi jiwa, asuransi umum, dan aset manajemen untuk memberikan solusi perlindungan, perencanaan keuangan dan pengelolaan aset kepada masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan mereka melalui berbagai jalur.

Di sektor asuransi jiwa, PT AXA Mandiri Financial Services mendistribusikan produk perlindungan dan layanannya melalui jalur bancassurance, sedangkan untuk jalur keagenan dilaksanakan oleh PT AXA Financial Indonesia. Di sektor asuransi umum, perlindungan masyarakat Indonesia diberikan oleh PT Mandiri AXA General Insurance dan untuk pengelolaan aset dan investasi, dilayani oleh PT Architas Asset Management Indonesia

AXA Group mengadakan aksi AXA Week for Good, yang sebelumnya disebut Corporate Responsibility Week (CR Week), yang melibatkan para jajaran direksi serta karyawan untuk melakukan aksi positif dalam mendukung pilar utama keberlanjutan, antara lain perubahan iklim dan keanekaragaman hayati serta perlindungan inklusif. AXA Week for Good dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bagian dari komitmen dan tanggung jawab AXA Group untuk mendukung kualitas hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan.

Pada tahun 2021, seluruh karyawan AXA Group di seluruh dunia akan bergabung untuk membersihkan sampah dari pantai, sungai, hutan, dan jalan. Kegiatan ini akan menjadi kesempatan bagi karyawan untuk belajar lebih banyak tentang dampak sampah terhadap lingkungan dan bagaimana mencegah, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah bila memungkinkan. Aksi ini menunjukkan bahwa AXA Group mendorong karyawan untuk berkumpul untuk mendedikasikan waktu dan sumber daya mereka untuk bertindak demi kebaikan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Penanaman yang bertajuk ‘AXA Week for Good : Penanaman 500 Pohon Mangrove di Jakarta Utara’ dilakukan untuk mewujudkan dedikasi AXA Mandiri dan AXA terhadap bidang keberlanjutan sebagai bagian dari rangkaian acara AXA Week for Good. Bibit pohon Mangrove akan disumbangkan melalui Yayasan Lindungi Hutan secara langsung untuk Hutan Mangrove Angke Kapuk Jakarta.

Hutan Mangrove Jakarta merupakan wilayah yang menjadi benteng abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai Jakarta. Di Jakarta, terdapat kawasan wisata hutan Mangrove yang memiliki luas mencapai 99 hektar dan 40% lahan di kawasan hutan ini digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami. Walaupun telah dilakukan upaya pencegahan abrasi dan erosi, Jakarta tetap menjadi daerah rawan banjir karena penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut.

Untuk itu, LindungiHutan melalui kampanye alam akan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora yang dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Mangrove Rhizophora memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut. Penanaman Mangrove di wilayah ini merupakan langkah pertahanan terhadap resiko bencana banjir di Jakarta.

Penulis : Maharani Ayu Shandraputri