Ayo Kenalan dengan Berbagai Spesies Beruang di Dunia!

spesies beruang

Sudah Pernah Lihat Beruang?

 

Sobat pasti sudah pernah melihat beruang kan? Beruang merupakan salah satu hewan mamalia yang sangat terkenal di dunia. Beruang menyandang status sebagai predator darat terbesar di dunia dengan spesies yang beragam.

Ads

 

Beruang sejak dahulu telah menjadi binatang ikonik di berbagai bidang. Mulai dari pemangsa puncak di alam, maskot dari berbagai negara atau produk, hingga terkenal sebagai hewan dalam kartun dan animasi buatan manusia. Kelucuan wajah serta tingkah laku mereka pun tak jarang menjadi sorotan sehingga tak mengherankan jika hewan satu ini sangat populer hingga saat ini. Beruang umumnya memang sudah akrab kita dengar, tetapi tahukah kalian bahwa ada berapa jenis beruang yang tersebar di seluruh penjuru dunia? 

 

Spesies Beruang yang Ada di Dunia

 

Tahukah kalian bahwa ada 8 spesies beruang di dunia ini? Yuk kita langsung berkenalan saja dengan beruang-beruang yang ada dalam daftar ini!

Panda

Siapa tidak kenal dengan beruang hitam-putih yang sangat menggemaskan ini? Popularitas  panda tentu sudah sangat besar, berkat aksi lucu panda ketika terekam oleh kamera. Tetapi dibalik kelucuannya, ternyata beruang asal China ini termasuk hewan penyendiri di alam liar. National Geographic bahkan menyatakan panda jantan yang memiliki indra penciuman sangat tajam menggunakan kemampuan tersebut untuk menghindari individu lainnya, kecuali ketika datang musim kawin.

spesies beruang
Gambar 1. Panda

Fakta lain dari panda adalah mereka termasuk hewan omnivora. Kendati begitu, panda identik dengan bambu sebagai makanan utamanya, pada beberapa kesempatan ternyata panda dapat memakan burung dan binatang pengerat juga.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Beruang Kutub

 

Beruang ini hidup di bagian paling utara bumi. Beruang Kutub merupakan predator darat terbesar yang ada di dunia lho. Meskipun berukuran besar sekitar 2,4 sampai 2,6 meter dengan bobot 400-600 kg, ternyata Beruang Kutub ini senang dan sangat ahli dalam berenang di laut Artik yang dingin luar biasa. 

spesies beruang
Gambar 2. Beruang Kutub

 

Beruang Kutub juga memiliki kemampuan adaptasi yang sangat menakjubkan berkat habitatnya yang ekstrim. Bulu tebal pada sekujur tubuhnya yang juga melapisi lapisan lemak mereka sehingga mereka mampu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Bulunya yang berwarna putih juga berguna sebagai kamuflase di lingkungannya.

 

Beruang Hitam Amerika Utara 

 

Beruang Hitam Amerika Utara hidup di kawasan Amerika Utara hingga Alaska. Meski namanya beruang hitam tetapi sebenarnya warna bulu mereka bervariasi. Selain warna hitam, ada pula yang berwarna kecoklatan lho. Bahkan ada juga yang berwarna putih, meski terbilang sangat jarang keberadaannya. 

3beruanghitamamerika – Wanaswara
Gambar 3. Beruang Hitam Amerika

 

Beruang Hitam Amerika Utara adalah hewan omnivora. Mereka tidak terancam punah, akan tapi perburuan liar berpotensi menggerus populasi spesies beruang ini.

Beruang Sloth

 

Beruang Sloth bisa dikenali karena bulu kusutnya yang berwarna hitam legam, moncong yang panjang berwarna pucat, serta garis putih berbentuk U atau V pada bagian dada mereka. Beruang Sloth berhabitat di sekitar wilayah Nepal, India, maupun Sri Langka dengan daerah hutan yang lebat, padang rumput, juga daerah berbatu yang menyediakan tempat perlindungan bagi mereka.

4beruangsloth – Wanaswara
Gambar 4. Beruang Sloth

Beruang Sloth termasuk hewan myrmecophagous, mereka adalah hewan yang mengonsumsi semut, rayap, maupun serangga lainnya. Tetapi, saat musim hujan telah tiba beruang ini juga kedapatan memakan buah seperti ara, manga, dan yang lainnya. Beruang Sloth dikenal sebagai binatang yang cukup aktif dan berisik. Mereka akan mendengus dengan cukup keras saat merobohkan batang pohon ataupun menggali sarang rayap dan semut.

Beruang Cokelat

 

Beruang Cokelat merupakan beruang dengan persebaran terluas di antara beruang yang lain. Binatang menakjubkan ini tersebar mulai dari Eropa, Amerika Utara, hingga Asia dengan banyak sekali subspesies sesuai tempat beruang ini ditemukan. Mereka memiliki kebiasaan yang unik dalam mempersiapkan masa hibernasinya. Saat musim gugur, mereka akan makan sebanyak mungkin sehingga tubuh beruang ini hampir menjadi dua kali lipat dari ukuran normalnya. Kemudian mereka akan membangun sarang yang besar agar dapat dipakai beristirahat hingga datang musim semi.

5beruangcokelat – Wanaswara
Gambar 5. Beruang Cokelat

Walaupun berukuran besar, jangan meremehkan beruang cokelat ini, ya! Mereka termasuk binatang yang berbahaya jika didekati oleh manusia. Beruang Cokelat dapat berlari dengan kecepatan 50 km/jam, tentu lebih gesit dibandingkan manusia.

Beruang Hitam Asia

 

Beruang Hitam Asia hampir mirip dengan Beruang Hitam Amerika Utara, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan. Beruang Hitam Asia memiliki corak berwarna cokelat yang khas di dadanya, sesuatu yang tidak dimiliki oleh Beruang Hitam Amerika Utara. Ciri itu membuat beruang hitam asia dijuluki sebagai moon bear yaitu Beruang Bulan.

6beruanghitamasia – Wanaswara
Gambar 6. Beruang Hitam Asia

Mereka memiliki bulu yang lebih tebal. Terutama pada bagian tengkuk dan punggungnya. Telinga mereka juga lebih besar dibandingkan dengan Beruang Hitam Amerika Utara. Makanan Beruang Hitam Asia pun sangat bervariasi.

Beruang Andes (Beruang Berkacamata)

 

Beruang Andes (Beruang Berkacamata) yang unik ini berasal dari wilayah hutan lebat Pegunungan Andes. Mereka dikenali karena garis berwarna putih atau kekuningan pada sekitar area mata mereka yang tampak layaknya kacamata. Mereka ini merupakan satu-satunya beruang yang hidup di wilayah Amerika Selatan.

gberuangandes – Wanaswara
Gambar 7. Beruang Andes

Walaupun beruang berkacamata merupakan hewan omnivora, ternyata beruang ini lebih vegetarian. Hal tersebut dapat dilihat dari makanannya yang berupa buah-buahan, madu, beri, dan kaktus.

Beruang Madu

 

Beruang Madu (Helarctos malayanus) ini hidup di hutan tropis Asia Tenggara yang  jangkauannya meliputi negara-negara Cina, Myanmar, India, Bangladesh, dan negara-negara Asia Tenggara seperti di Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, Laos, serta Indonesia. Akan tetapi, populasi Beruang Madu ini telah menurun lebih dari 30% meski jangkauannya sangat luas. Jadi, Beruang Madu dapat diklasifikasikan rentan saat ini.

hberuangmadu – Wanaswara
Gambar 8. Beruang Madu

Ada dua macam subspesies mereka, yaitu H. m. malayanus dan H. m. euryspilus. Beruang omnivora ini sangat bergantung pada sarang lebah karena madu adalah makanan mereka. Mereka juga dapat makan serangga seperti rayap dan semut-semut, bunga, buah dan lainnya. Kondisi beruang ini semakin memprihatinkan karena mereka dibunuh dan ditangkap untuk perdagangan sebagai hewan peliharaan. Hilangnya habitat mereka juga menjadi andil penyebab penurunan spesies ini.

 

Penulis : Titik Ayuningsih

 

Referensi Artikel

 

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia. Anjar Triananda. 9 November 2020. https://www.idntimes.com/science/discovery/anjar-triananda-ramadhani-1/jenis-beruang-c1c2/8.

Diakses pada 19 Februari 2021

 

8 Spesies Beruang yang Ada di Dunia , Termasuk Panda Juga Lho! Peter Eduard. 20 Juni 2019. https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/spesies-beruang-yang-ada-di-dunia-exp-c1c2/8. Diakses pada 19 Februari 2021

 

The Eight Bears Species of The World. https://bearwithus.org/8-bears-of-the-world/. Diakses pada 19 Februari 2021

 

Referensi Gambar

https://www.youtube.com/watch?v=jZ_NEyI3nSk

https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/spesies-beruang-yang-ada-di-dunia-exp-c1c2/8

https://www.idntimes.com/science/discovery/anjar-triananda-ramadhani-1/jenis-beruang-c1c2/8.

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk 

Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!