Bagaimana Infrastruktur Membunuh Dunia?

Pengertian Infrastruktur

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mari terlebih dahulu kita memahami pengertian infrastruktur. Infrastruktur menurut Robert J. Kodoatie adalah sebuah sistem yang menghubungkan sistem sosial dan kegiatan ekonomi yang sekaligus menghubungkan kehidupan lingkungan untuk menjadi acuan pembentuk aturan.

Ads

Maka dari itu di dalam kehidupan kita, infrastruktur yang baik dapat menunjang kemudahan kita dalam berkegiatan di dalam kehidupan bermasyarakat. Semakin baik infrastruktur, maka kegiatan ekonomi di daerah tersebut semakin baik. 

Telah banyak pembangunan infrastruktur guna memudahkan kehidupan masyarakat. Mulai dari jalan, bendungan, hingga fasilitas minyak, gas, dan pertambangan. Semua infrastruktur dibangun untuk mempermudah kehidupan manusia dan membangun perekonomian yang lebih baik. Tak mengejutkan bila setiap tahun pembangunan infrastruktur terus dijalankan. akan tetapi, dengan kemudahan yang diberikan, ternyata infrastruktur memiliki dampak negatif pada lingkungan kita. kira-kira apa saja ya? yuk simak!

Bendungan

Gambar 1. Infrastruktur bendungan Kuwil Kawangkoan, Sulawesi Utara.
Gambar 1. bendungan Kuwil Kawangkoan, Sulawesi Utara.

Di seluruh dunia diperkirakan ada 45.000 bendungan yang dibuat dan ada 509 bendungan yang rencananya akan dibangun di kawasan lindung. 

Bendung memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Namun, pembangunan bendungan juga harus melihat tempat yang akan digunakan untuk pembangunan proyek. Tak sedikit bendungan yang dibuat malah merusak ekosistem di sekitar sungai karena kurang memperhatikan prinsip ekologi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Pembangunan infrastruktur yang salah dan tidak dikelola dengan baik memberi dampak buruk kepada lingkungan sekitar bendungan. Akibatnya, proyek infrastruktur ini berpotensi merusak lahan basah, mengeringkan aliran sungai, dan mengganggu kelangsungan hidup hewan di sekitar sungai. Biasanya, bendungan menjadi tempat perkembangan hewan pendatang dan juga invasif (contohnya siput) yang malah mengganggu kehidupan hewan asli di ekosistem sekitar bendungan sungai.

Tak banyak lagi sungai yang bebas dari proyek bendungan. Walau bendungan memiliki banyak manfaat, tetapi kehidupan hewan sungai menjadi cukup terganggu. Contohnya adalah ikan salmon yang harus bermigrasi ke laut. Namun, karena adanya bendungan maka, migrasi ikan salmon ke laut bisa terganggu.  

Jalan Raya

Gambar 2. Infrastruktur proyek pembangunan jalan raya.
Gambar 2. proyek pembangunan jalan raya.

Pertumbuhan ekonomi yang baik apabila  ditunjang dengan sarana transportasi yang baik, maka  akan semakin banyak kebutuhan akan prasarana berupa jalan raya. Hal ini menyebabkan pembukaan lahan untuk jalan raya dapat mengakibatkan penyempitan luas hutan. 

pada kenyataannya, pembukaan lahan yang terus berlangsung setiap tahun kurang sebanding dengan penambahan kawasan lindung. akibatnya, habitat hewan semakin tergerus dan Semakin banyak hewan yang terancam punah karena berkurangnya hutan sebagai habitat alami mereka. Tempat yang dulunya hutan lebat bagi habitat satwa liar, kini tidak ada lagi karena dijadikan jalan raya. Tak sedikit pula hewan yang masuk ke dalam pemukiman dan kebun warga untuk mencari makan. selain itu, pembangunan infrastruktur jalan raya menimbulkan emisi gas buangan kendaraan bermotor seperti karbon dioksida dan nitrogen dioksida memenuhi atmosfer sehingga polusi udara ini memiliki peran dalam perubahan iklim.

Konstruksi

Gambar 3. Infrastruktur gedung perkantoran
Gambar 3. gedung perkantoran

Saat ini telah banyak negara yang berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia.Dubai misalnya, merealisasikan Burj Khalifa yang memiliki tinggi hingga 828 m. Fakta lainnya adalah, sejalan dengan kemegahan bangunan ini, tentu saja begitu banyak bahan material yang dihabiskan untuk membangunnya.

Menurut U.K Green Building Council, sektor konstruksi menggunakan 400 juta ton material per tahun. Material yang digunakan  berdampak buruk pada lingkungan. Seperti penggunaan bahan kimia dan diesel selama pengerjaan konstruksi yang berpotensi mencemari tanah.

Saat ini sekitar satu juta perusahan konstruksi diseluruh dunia sedang menunggu sertifikat untuk memulai proyek mereka. Di Amerika, EPA mengawasi perlindungan lingkungan dan memiliki peraturan untuk meregulasi agar perusahaan konstruksi mengurangi dampak buruk mereka pada lingkungan.

Perusahan konstruksi juga diminta untuk membuat proyek yang berkelanjutan dan hemat energi, karena keadaan bumi yang semakin mengkhawatirkan. Lahan terbuka hijau sudah sangat kurang, terutama di daerah perkotaan. Maka dari itulah perusahaan konstruksi terus dituntut untuk berinovasi membangun gedung ramah lingkungan dan memilih bahan yang tidak banyak memiliki dampak negatif pada lingkungan.

 

Tambang

Gambar 4. lokasi tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.
Gambar 4. lokasi tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan pertambangan tampaknya adalah industri yang memiliki dampak serius bagi lingkungan. hal ini dikarenakan kegiatan pertambangan mengganggu ekosistem hutan dan habitat hewan yang ada. Bukan hanya pohon saja yang habis di tebang, tanah pun dikeruk untuk mengambil hasil tambang kemudian sisa pertambangan biasanya dibiarkan begitu saja. tanah yang digunakan untuk pertambangan akan sulit untuk ditanami pohon dikarenakan tanah sisa pertambangan yang biasanya labil, serta tekstur dan struktur tanahnya tidak bagus. Oleh karena itu, tanah bekas pertambangan biasanya menjadi gundul dan gersang karena komposisi tanah yang buruk.

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan  menjadi solusi yang tepat untuk kelestarian bumi. Tidak ada planet lain yang bisa menopang kehidupan manusia. Semua pihak hendaknya bersinergi mewujudkan kehidupan manusia yang ramah terhadap lingkungan. Sebab, perubahan iklim saat ini memiliki dampak destruktif yang nyata bagi seluruh kehidupan makhluk di bumi. Jangan bosan untuk terus mengampanyekan kecintaan kita terhadap lingkungan demi warisan anak cucu kita di masa depan ya sahabat alam!

 

Penulis : Putri Handayani

 

 

Referensi literatur

Lipi. 2018. Pembangunan infrastruktur mengacu prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan.

http://lipi.go.id/lipimedia/menteri-basuki-:-pembangunan-infrastruktur-mengacu-prinsip-ramah-lingkungan-dan-berkelanjutan/21252 (Diakses pada tanggal 23 Maret 2021)

Morgan, James. 2019. Threats Infrastructure.

https://www.worldwildlife.org/threats/infrastructure (Diakses pada tanggal 16 Maret 2021)

Gocontractor. 2017. How does construction impact the environment?.

https://gocontractor.com/blog/how-does-construction-impact-the-environment/ (Diakses pada tanggal 16 Maret 2021)

 

Referensi gambar

https://properti.kompas.com/read/2021/03/03/120000021/tertunda-2-5-tahun-proyek-bendungan-way-apu-rp-1-triliun-dikebut

https://gocontractor.com/blog/how-does-construction-impact-the-environment

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4715571/pembangunan-jalan-tol-trans-sumatera-pakai-teknologi-vcm-apa-itu

https://bisnis.tempo.co/read/1436238/5-daerah-tambang-emas-besar-indonesia-dari-papua-sampai-gunung-pongkor

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210204/45/1352480/pembangunan-13-bendungan-segera-rampung-5-proyek-mulai-konstruksi

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfunding Penggalangan Dana untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung penghijauan yang ada di seluruh Indonesia. mari bersama menjaga dan melestarikan hutan seluruh Indonesia.

Yuk jadi pioneer penghijauan untuk hutan Indonesia yang lebih baik.