Bangau Pasir: Fakta Burung yang Gemar Menari

Gambar 1. Bangau Pasir 
Gambar 1. Bangau Pasir

Tidak asing dengan burung di atas? pasti salah satu dari kalian kalian ada yang sudah tahu dengan hewan cantik ini, yup ini adalah sandhill crane atau bisa disebut dengan bangau pasir . Hewan ini merupakan salah satu spesies burung tertua yang hidup. Untuk mengetahui lebih dalam, yuk kita bahas fakta-fakta burung unik ini!

Ads

Klasifikasi Bangau Pasir 

Burung bangau pasir atau bangau sandhill merupakan burung  yang memiliki tubuh yang cukup besar dan kaki yang jenjang. Tubuh mereka didominasi warna abu-abu tetapi terdapat kombinasi warna lain seperti warna putih. Wajah mereka ditutupi bulu berwarna putih dengan bercak merah yang menutupi dahi. Mereka memiliki kepala yang cukup kecil dengan paruh yang cukup panjang dan runcing. 

Burung bangau pasir merupakan hewan pemakan biji-bijian dan invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang belakang seperti ubur-ubur, kerang, siput, kepiting dan udang). Bangau sandhill tidak melakukan perburuan di perairan terbuka seperti bangau jenis lain melainkan melakukan perburuan di padang rumput. Saat musim dingin tiba mereka akan membentuk kawanan yang jumlahnya dapat mencapai puluhan ribu dan hal tersebut juga terjadi selama migrasi. 

Bangau sandhill memiliki kebiasaan untuk bertengger di perairan kolam atau di dekat danau agar aman dari pemangsa. Mereka juga memiliki suara yang unik dan cukup nyaring hingga dapat terdengar dari bermil-mil jauhnya dan dapat mengingatkan kita para manusia akan keberadaan spesies ini. 

Kawanan bangau sandhill mudah ditemukan saat musim dingin tiba di daerah Bosque del Apache, New Mexico, dan Suaka Margasatwa Nasional Anahuac, Texas. Saat musim panas juga dapat ditemukan di rawa-rawa di seluruh Amerika Utara dan Amerika Serikat bagian Tenggara. fakta mengatakan bahwa populasi bangau sandhill terancam punah di daerah Mississippi dan Kuba. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Fakta Bangau Pasir 

Bangau sandhill merupakan burung cantik yang memiliki keunikan sebagai berikut:

  1. Bangau Sandhill mengeluarkan suara yang cukup nyaring dengan nada yang unik seperti terompet. Suara unik tersebut dapat terbentuk disebabkan oleh anatomi mereka. Bangau sandhill memiliki trakea panjang (tenggorokan) yang memililit ke tulang dada dan membantu suara mengembangkan nada rendah dan harmonik yang menambah keindahan suara tersebut. 
  2. Bangau Sandhill dikenal memiliki kemampuan  menari yang indah. Bangau sandhill melakukan tarian saat musim kawin tiba dengan cara merentangkan sayapnya, menggerakan kepalanya dari atas ke bawah kemudian membungkukan badannya dan melompat ke udara membentuk tarian yang anggun serta energetik.  
  3. Keanggunan  bangau sandhill telah menginspirasi banyak masyarakat di seluruh dunia dalam bidang budaya, tidak hanya itu tetapi ilmuwan hebat, ahli konservasi dan penulis Aldo Leopold, yang menulis tentang “nobility, won in the march of aeons.”
  4. Burung bangau lainnya mulai berkembang biak pada usia dua tahun, tetapi bangau sandhill dapat berkembang biak saat mereka mencapai usia tujuh tahun. Mereka merupakan salah satu hewan yang setia karena dapat hidup dengan pasangan mereka  seumur hidup yang berarti bisa dua dekade atau lebih. Bangau sandhill yang masih muda akan tinggal bersama orang tua mereka selama sembilan atau sepuluh bulan setelah menetas.  
  5. Bangau merupakan salah satu burung tertua yang masih hidup di Bumi; catatan fosil yang ditemukan di Nebraska menunjukkan bahwa mereka telah ada selama sepuluh juta tahun! 
  6. Bangau muda, yang disebut colts, dapat meninggalkan sarang beberapa jam setelah menetas. Ini disebut precocial dan banyak burung ground-nesting melakukan ini sehingga mereka tidak terlalu rentan terhadap predator seperti rubah dan coyote. Burung precocial menetas dengan bulu halus, mata terbuka dan kemampuan untuk meninggalkan sarang dalam beberapa jam setelah menetas. Colts akan melakukan penerbangan pertama mereka ketika mereka berusia antara 65-75 hari. Mereka akan menemani orang tua mereka selama migrasi musim gugur dan tinggal bersama mereka selama sekitar 10 bulan sebelum hidup mandiri dan melakukan perburuan sendiri. 

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah

 

Referensi Literatur

Allaboutbirds. 2019. Sandhill Crane Identification 

TheNationalWildLifeFederation Sandhill Crane | National Wildlife Federation (nwf.org)

Schubring, Lori. WasauHailyHerald. Feb 24, 2016. 5 fun facts about sandhill cranes 

 

Referensi Gambar

sandhill crane – Bing images

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu

Enable Notifications    Ok No thanks