Baskara Putra, Musisi Indonesia yang Membantu Pelestarian Alam di Bontang

Baskara Putra dan Kepeduliannya Terhadap Isu Lingkungan

Baskara Putra merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu serta produser musik yang debut albumnya; “Menari dengan Bayangan”, meraih perhatian lebih dari satu juta pendegar di layanan streaming digital seperti Spotify, hingga pada akhirnya, Baskara Putra dinominasi sebagai salah satu anak terbaik bangsa di Penghargaan Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2019, serta Album Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2020, dan beberapa penghargaan musik lainnya.

Ads

Saat ini, musisi 27 tahun tersebut sedang aktif menggarap 3 proyek bernama Hindia (proyek solo), serta dua band bernama Feast dan Lomba Sihir. Disamping itu, Baskara Putra juga mengelola label rekaman bernama Sun Eater.
Baskara Putra memiliki kekhawatiran sendiri terhadap keberadaan lingkungan yang kian hari kian menyedihkan. Beliau juga menambahkan bahwasanya kerusakan lingkungan sudah lama ia rasakan, namun banyak orang yang baru sadar lingkungannya telah rusak ketika kerusakan tersebut mulai mengganggu kehidupan dan hajat hidup masing-masing individu.

‘’ Pertama kali gue dapat kegiatan camp semacam orientasi pas SMA orang lokal daerah setempat udah selalu ngeluhin atau ngasih tau perihal krisis iklim kayak ‘Panen kok nggak jelas kapan tanggal panennya?’ dan sebagainya. Kalau jadi petani misalkan bulan ini sudah harusnya panen tapi di bulan ini bukan gagal panen, tapi hasilnya tidak terduga lebih ke arah negative ya, itu kan berpengaruh pada kehidupan banyak orang yang bergantung pada industry tersebut’’

Menurut Baskara Putra, isu hutan dan lingkungan pasti akan ada domino effect di kemudian hari. Berjalannya waktu, hal itu terbukti dengan tenggelamnya beberapa daerah di Indonesia diakibatkan kenaikan permukaan air laut hingga mengikis sedikit demi sedikit wilayah pemukiman penduduk serta banyaknya bencana alam akibat ulah manusia lainnya.

Bontang Mangrove Park sebagai Wadah Edukasi, Konservasi dan Wisata Alam di Kalimantan

Bontang Mangrove Park (BMP) merupakan tujuan wisata dengan konsep Conservation, Education and Adventure yang dicanangkan oleh Balai Taman Nasional Kutai. Keberadaan Bontang Mangrove Park diharapkan dapat berimplikasi pada kualitas ekosistem mangrove Indonesia yang semakin baik dan terjaga. Pohon mangrove dengan segala manfaat yang ia miliki dapat turut membantu mencegah berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi. Mangrove Rhizophora dikenal dapat menghalau abrasi yang sering terjadi di daerah pesisir. Akar mangrove juga memiliki fungsi untuk menjerat sedimen yang diharapkan dapat memunculkan daratan baru ke depannya. Selain itu, akar mangrove juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Pohon Mangrove di Bontang Mangrove Park (BMP) bukan sekadar pajangan tempat wisata untuk kita melihat-lihat, ia merupakan makhluk hidup dengan kebermanfaatan yang besar bagi manusia. Kita tidak bisa terus berharap pada Mangrove yang telah tumbuh. Perlu adanya penanaman yang berkelanjutan agar kawasan Bontang Mangrove Park dapat sepenuhnya terlindungi oleh pohon Mangrove. Saat ini masih banyak lahan kosong yang perlu ditanami dengan tunas-tunas Mangrove baru.

Bergerak Bersama, Lindungi Hutan di Kalimantan!

Kekhawatiran Baskara Putra terhadap lingkungan yang terus rusak tidak hanya berhenti pada upaya peningkatan kesadaran untuk hidup ramah lingkungan saja. Sedikit demi sedikit timbullah inisiatif Baskara Putra untuk mencegah kerusakan lingkungan di Indonesia semakin meluas. Hal tersebut ditunjukkan dengan aktifnya Baskara Putra menyuarakan social environmental political issue dalam ranah flora dan fauna serta membantu kawan-kawan di sekitarnya yang bergerak di ranah HAM, penegakan hukum dan advokasi dalam isu lingkungan serta berbagai macam isu lainnya.

Baskara Putra juga berkolaborasi dengan LindungiHutan dalam sebuah kampanye alam yang bertajuk ‘Bergerak Bersama, Lindungi Hutan di Kalimantan’ mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta melakukan penghijauan di Bontang Mangrove Park. Dimulai dengan 1 pohon didonasikan, sudah sama dengan menambah jumlah pohon di hutan mangrove yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bibit mangrove yang ditanam diharapkan dapat bertumbuh dengan baik dan menjadi garda terdepan pelindung Pulau Kalimantan.

Menyelesaikan sebuah permasalahan lingkungan sendirian tentu bukanlah sebuah pekerjaan mudah, tetapi bila dilakukan bersama-sama tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai. Baskara Putra berharap kontribusi kita bersama dapat menjadi sebuah solusi bagi lingkungan yang sedang tidak baik-baik saja. Memberikan sedikit kepedulian pada alam di hari ini mungkin tidak akan memberikan dampak besar untuk siapapun. Namun, satu pohon yang ditanam hari ini akan bermanfaat bertahun-tahun kemudian. Peduli terhadap lingkungan memiliki arti bagi generasi yang akan datang, sehingga dengan menjaga alam kita bersama-sama juga menjaga orang-orang yang kita sayang, beserta dengan generasi keturunan kita semua.

Yuk Bergerak Bersama Lindungi Hutan di Kalimantan!

Kamu juga dapat cek campaignnya disini https://lindungihutan.com/hindia

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!