Bergerak Akibat Sinar Matahari, Tahukah Kamu Apa Itu Fototropisme?

 

Ⓒ id.thpanorama.com
Ⓒ id.thpanorama.com

Semua makhluk hidup mempunyai sifat peka terhadap rangsang dan kemampuan untuk bereaksi atas rangsang tersebut. Begitu juga dengan tumbuhan memiliki kepekaan terhadap rangsang yang direaksikan dalam gerakan. Pada tumbuhan tidak terdapat organ khusus sebagai penerima atau reseptor terhadap rangsangan. Gerakan pada tumbuhan hanya dilakukan oleh sebagian bagian tumbuhan dan gerakannya cenderung tidak terlihat karena sangat perlahan.

Ads

Gerakan yang dilakukan oleh tanaman tinggi cenderung terbatas dan tidak begitu terlihat karena ia tidak melakukan perpindahan tempat, ia hanya melakukan pembengkokan, pembelitan ataupun menggetarkan sebagian tubuhnya saja. Sedangkan tanaman rendah mampu untuk melakukan perpindahan tempat, misalnya tumbuhan bersel satu seperti alga dan spermatozoid sebangsa paku-pakuan dan lumut. Menarik bukan ternyata tumbuhan juga memiliki pergerakan yang beragam? Salah satunya adalah gerakan fototropisme. Mau tahu apa itu fototropisme? Cari tahu lebih dalam, yuk!

Gerak Tropisme

Ⓒ sridianti.com
sridianti.com

Berdasarkan arah gerak respon tumbuhan terhadap rangsangan gerakan dalam tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis. Apa itu gerak tropisme? Tropisme berasal dari Bahasa Yunani yaitu trope yang memiliki arti membelok. Sehingga gerak tropisme merupakan salah satu gerakan tumbuhan yang arah gerakannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan (terjadi pembelokan). Bagian yang dapat bergerak dalam gerak tropisme antara lain adalah bagian daun, kuncup bunga, cabang hingga sulurnya. Contoh gerak tropisme:

  1. Gerak akar menuju ke air
  2. Gerak pembelokan batang tumbuhan ke arah sumber cahaya
  3. Gerak akar tumbuhan menuju ke pusat bumi
  4. Gerak pembelitan sulur atau ujung batang tumbuhan

Gerak tropisme itu sendiri dapat dibedakan menjadi gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif. Gerak tropisme positif dapat terjadi apabila gerakan tumbuhannya bergerak menuju ke sumber rangsangan. Sedangkan gerakan tropisme negatif akan terjadi apabila tumbuhannya bergerak menjauhi sumber rangsangannya. Gerakan tropisme dapat juga dikelompokkan berdasarkan ragam sumber rangsangnya, antara lain menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, termotropisme, kemotropisme, tigmotropisme dan juga gravitroprisme. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu fototropisme.

Gerak Fototropisme

Ⓒ biologionz.blogspot.com
biologionz.blogspot.com

Gerak fototropisme merupakan gerakan bagian tumbuhan sebagai bentuk rangsangan terhadap cahaya. Gerak fototropisme positif adalah ketika rangsangan gerak tumbuhannya bergerak menuju ke arah cahaya berasal. Salah satu contoh gerak fototropisme adalah ketika terdapat ujung batang tumbuhan yang bergerak membelok ke arah sumber cahaya di sekitarnya. Cahaya yang baik untuk merangsang fototropisme adalah cahaya gelombang pendek. Cahaya yang kurang baik untuk merangsang fototropisme adalah cahaya merah.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Penelitian mengenai fototropisme bermula ketika Charles Darwin dan anak putranya Francis memulai penelitian pada sebuah tumbuhan dan menghilangkan ujung pucuk batangnya.  Hasil percobaan Charles Darwin tersebut menyatakan bahwa terjadinya fototropisme tidak disebabkan oleh hilangnya pucuk tersebut. Begitu juga ketika ujung pucuk batangnya dilapisi dengan bahan tidak tembus cahaya. Fototropisme akan tetap terjadi meskipun keseluruhan bagian tumbuhan dikubur dalam pasir hitam halus dan hanya bagian ujung pucuknya yang berada di luar, kemudian ujung pucuk batang tersebut akan mengalami pembelokan. Hal yang dijelaskan dari percobaan Charles Darwin ini adalah rangsangan cahaya dapat terdeteksi pada suatu tempat (ujung pucuk batang) dan menyebabkan adanya respon (pembengkokan) di tempat lain (daerah perpanjangan).

Percobaan lain mengenai fototropisme dilakukan oleh Boysen dan Jensen dan disempurnakan oleh penemuan auksin oleh F.W. Went. Auksin sebagai zat pengatur tumbuh kimiawi dapat berperan dalam pertumbuhan dan pertambahan sel sehingga dalam fototropisme itu sendiri akan berperan dalam pembengkokan batang tumbuhan ke arah cahaya (sumber rangsangan). Auksin terletak pada ujung pucuk sehingga ketika terdapat rangsangan cahaya di atas tumbuhan, maka akan terjadi penyebaran atau distribusi auksin dari pucuk menuju sisi-sisi batang secara vertikal. Ketika rangsangan cahaya datang dari arah sisi batang, maka distribusi auksin akan terjadi secara lateral (asimetris) dari sisi yang lebih dahulu terkena cahaya menuju ke sisi yang gelap. Bagian yang tidak tersinari akan memperoleh auksin dengan konsentrasi yang lebih tinggi sehingga akan mengalami pertumbuhan sel lebih cepat. Sehingga sebagai hasilnya batang tumbuhan akan mengalami pembelokan ke arah datangnya sumber rangsangan cahaya.

Tiga mekanisme gabungan penyebab pergerakan distribusi auksin yang lateral atau asimetris tersebut antara lain:

  1. Peningkatan sintesis auksin pada bagian koleoptil (daun pertama yang muncul dari tanaman monokotil dan berfungsi sebagai pelindung lembaga baru) yang gelap
  2. Adanya kerusakan auksin akibat dari cahaya (photodestruction) terutama di bagian koleoptil yang terpapar oleh cahaya
  3. Terjadinya pengangkutan auksin secara lateral dari bagian terkena cahaya menuju ke bagian yang lebih gelap

 

Penulis: Ivena Christie

 

Referensi Literatur

Digilib.unimed.ac.id (n.d.). FISIOLOGI TUMBUHAN: Suatu Pengantar – Bab V Gerak Pada Tumbuhan. Retrieved on January 18, 2021, from http://digilib.unimed.ac.id/1641/5/Bab%20V.pdf.

Wiraatmaja, I Wayan. 2017  Bahan Ajar GERAK PADA TUMBUHAN. Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian UNUD: Denpasar.

Referensi Gambar

[1] https://id.thpanorama.com/articles/biologa/tropismo-tipos-y-caractersticas.html 

[2] https://www.sridianti.com/pengertian-dan-jenis-tropisme.html 

[3] https://biologigonz.blogspot.com/2012/08/fototropisme.html 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!