#BergerakUntuk2020: Gerakan Kampanye Alam

Pesisir Tambakrejo, Semarang – Aksi kampanye alam “#BergerakUntuk2020” sukses dilaksanakan tanpa kendala yang berarti, mulai dari pengumpulan donasi, hingga kegiatan penanaman hingga aksi sosialnya. Kampanye alam ini merupakan inisiasi karyawan PT. Santos Jaya Abadi secara mandiri yang bertujuan untuk menjaga bumi agar kembali hijau, indah, dan asri.

Ads

Gerakan kampanye alam “#BergerakUntuk2020” dilaksanakan pada 5 Desember 2020 lalu. Sebelumnya, pada tanggal 16 November 2020 kampanye ini melakukan donasi online via platform LindungiHutan. Kegiatan yang diselenggarakan dengan taglineYuk, bantu kami menurunkan suhu panas dunia sekaligus mengurangi jejak karbon masyarakat dunia!” ini dilaksanakan di Pesisir Tambakrejo, Semarang.

Kampanye Alam #BergerakUntukBumi2020
Kampanye Alam #BergerakUntukBumi2020

Kerja sama yang dilakukan oleh karyawan PT. Santos Jaya Abadi dan LindungiHutan ini diselenggarakan atas kesadaran bersama terkait kerusakan lingkungan yang berupa pemanasan global, serta suhu udara yang semakin memanas. Selain itu, kenaikan permukaan air laut dan minimnya ruang terbuka hijau juga menjadi alasan terlaksananya aksi ini. Kampanye alam #BergerakUntukBumi2020 berupa penanaman pohon mangrove di Pesisir Tambakrejo, Semarang.

Pada saat kegiatan ini berlangsung, sebanyak 250 batang bibit mangrove jenis Rhizophora sp ditanam di Pesisir Tambakrejo, Semarang dengan rincian kondisi bibit yang baik, memiliki tinggi 70 cm dan berdiameter 2 cm, serta berdaun tiga hingga enam. Aksi ini dihadiri oleh 9 orang yang terbagi dari berbagai macam komunitas termasuk dari relawan LindungiHutan dan Camar.

Ilustrasi Lokasi Penanaman #bergerakuntuk2020
Ilustrasi Lokasi Penanaman

PT. Santos Jaya Abadi

PT. Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman dan tergabung dalam Kapal Api Group. Didirikan pada 1979, PT. Santos Jaya Abadi adalah salah satu perusahaan roasting kopi terbesar di Asia Tenggara. Karyawan PT. Santos Jaya Abadi secara mandiri mengadakan kampanye alam “#BergerakUntuk2020”, kampanye tersebut menegaskan bahwa PT. Santos Jaya Abadi ingin memberikan aksi nyatanya terhadap lingkungan sekitar. Bersama LindungiHutan, PT. Santos Jaya berharap dapat membantu mengurangi suhu udara yang memanas akibat pemanasan global, serta berharap agar bumi kembali hijau. Dengan diadakannya kampanye #BergerakUntuk2020 ini diharapkan dapat merealisasikan harapan tersebut.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kampanye Alam #BergerakUntuk2020

Kampanye #BergerakUntuk2020 adalah kampanye penanaman mangrove di Pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah. Dusun paling utara di Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi wilayah yang rentan terdampak abrasi yang tentu saja membuat jarak antara daratan dan pantai semakin menipis. Selain itu, wilayah Tambakrejo juga kerap kali dilanda banjir rob.

Dengan adanya masalah lingkungan yang cukup parah, PT. Santos Jaya Abadi bersama LindungiHutan turut mengajak siapa saja untuk ikut serta agar bisa menjaga alam dan lingkungan sekitar sehingga dapat tercipta keseimbangan ekosistem yang ada. Seperti yang kita tahu, kerusakan alam terjadi akibat kita sebagai manusia kurang bisa menjaga dan abai terhadap lingkungan sekitar.

Penanaman pohon kembali tentu saja menjadi solusi guna mengurangi pemanasan global serta panasnya suhu udara. Khusus di Semarang sebagai target kampanye, penanaman pohon atau membuka ruang terbuka hijau menjadi hal yang wajib. Hal ini tentu saja karena Kota Semarang seringkali dilanda banjir rob dan abrasi yang parah.

Saat ini cara paling tepat dan tentunya ramah lingkungan dalam pencegahan abrasi dan banjir rob adalah dengan menanam pohon mangrove. Pohon mangrove tentu memiliki banyak manfaat lain selain dapat mencegah abrasi. Akar pohon mangrove memiliki peranan yang cukup banyak. Akar pohon mangrove dapat membantu proses penguraian bahan kimia seperti minyak dan limbah deterjen yang tercampur air laut. Selain itu, umur pohon mangrove bisa mencapai puluhan tahun. Artinya, pohon mangrove bisa menjadi solusi jangka panjang masyarakat Pesisir Tambakrejo, Semarang.

Dengan diadakannya kampanye alam #BergerakUntuk2020, PT. Santos Jaya Abadi dan LindungiHutan membuka peluang bagi siapapun yang ingin berkontribusi baik berupa donasi maupun aksi langsung di Pesisir Bedono, Semarang, untuk turut menjaga alam dari kerusakan. Penanaman mangrove ini menjadi salah satu langkah bijak dari gerakan mengurangi bahaya pemanasan global.

Aksi penanaman mangrove di Pesisir Tambakrejo, Semarang ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan, serta memberikan kenyamanan. Program ini juga diharapkan dapat menjadi menyelesaikan masalah tahunan berupa banjir rob, serta dapat menjadi tombak awal kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga lingkungan.

 

Penulis: Ipan Fanani

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!