Berikut 9 Jenis Hewan yang Hibernasi

Hibernasi merupakan kegiatan hewan tertidur panjang selama musim dingin. Kegiatan ini dilakukan hewan untuk menghemat energinya dan bertahan hidup dari buruknya kondisi cuaca saat musim dingin. Sulitnya mencari makanan saat musim dingin juga berpengaruh bagi hewan untuk melakukan hibernasi.

Ads

Kemampuan hibernasi pada hewan melibatkan perubahan fisiologis seperti penurunan suhu tubuh dan metabolisme yang melambat. Karena hewan tertidur dan tidak melakukan apapun, mereka akan mudah menghemat cadangan energinya dari makanan yang dimakan sebelum terjadinya hibernasi. Hibernasi juga akan membuat hewan bernapas lebih lambat yang kemudian menurunkan suhu tubuhnya, bahkan dalam beberapa kasus mampu berada di bawah titik beku air (nol derajat celcius). 

Hewan yang paling dikenal karena melakukan hibernasi yaitu beruang. Mamalia besar ini memang sudah lama diketahui mampu berhibernasi di tengah sulitnya musim dingin. Namun, tak hanya spesies ini yang istirahat panjang selama musim dingin, ada pula banyak hewan lain yang juga melakukannya. Di antaranya seperti ular, kura-kura, katak, dan hewan tertentu lainnya. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar beberapa jenis hewan di dunia yang mampu melakukan hibernasi.

  • Hibernasi Beruang

 

Beruang - © pixabay.com
Beruang – © pixabay.com

Beruang merupakan hewan yang paling banyak dikenal mampu melakukan hibernasi. Mamalia karnivora ini tersebar luas di seluruh belahan bumi utara dan sebagian di belahan bumi selatan dengan habitat yang beragam. Beruang grizzly dan beruang hitam Amerika dari wilayah utara diketahui berhibernasi di musim dingin. Kedua jenis beruang ini akan menurunkan sedikit suhu tubuh mereka dan memperlambat detak jantungnya dari 55 menjadi 9 kali detak per menit. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Selama musim dingin, Beruang akan tertidur dan dapat menjalani seluruh periode tanpa melakukan apapun. Mereka akan bersembunyi di sarang dan diam tanpa makan, minum, beraktivitas, buang air kecil, atau buang air besar selama 100 hari. Konsumsi oksigen hewan ini juga turun sekitar 75 persen, dengan mengambil napas hanya satu atau dua kali per menit. 

  • Fat-tailed dwarf lemur

Fat-tail dwarf lemur - © lemur.duke.edu
Fat-tail dwarf lemur – © lemur.duke.edu

Lemur kerdil ini juga dikenal dengan nama lemur kerdil kecil, lemur kerdil ekor gemuk barat, atau lemur kerdil hutan berduri, yang merupakan hewan endemik di hutan Madagaskar bagian barat dan selatan. Seperti namanya, lemur ini termasuk jenis lemur terkecil yang berukuran 9,2 cm dengan berat 30 gram. Hewan ini menjadi satu-satunya primata yang benar-benar tertidur saat hibernasi. Fat-tailed dwarf lemur mampu melakukan tidur panjang di lingkungan alaminya dalam jangka waktu yang lama, yakni selama tujuh bulan.

Selama musim kemarau, pulau yang menjadi habitatnya akan mengalami kelangkaan air. Faktor lingkungan ini yang telah membuat fat-tailed dwarf lemur melakukan adaptasi yang unik dengan hibernasi. Saat melakukan tidur panjang, lemur ini akan menurunkan detak jantungnya dari 180 kali menjadi 4 kali detak per menit. Laju pernapasannya turut melambat, dengan hanya bernapas satu kali setiap 10-15 menit. 

  • Kelelawar

Kelelawar - © pixabay.com
Kelelawar – © pixabay.com

 Kelelawar juga merupakan hewan yang mampu melakukan hibernasi, dengan tidur menggantungkan diri di sarangnya. Hewan yang dikenal aktif saat malam hari ini juga dapat tertidur selama musim dingin. Namun, hanya beberapa spesies kelelawar yang mampu melakukan hal ini. Mereka biasa terlihat berkerumun di dinding atau langit-langit gua, dalam posisi meringkuk seperti bola berbulu mungil.

Selama hibernasi, salah satu hewan terbang terbaik di dunia ini akan tertidur begitu nyenyak yang berlangsung sangat lama, hingga lebih dari enam bulan. Kelelawar mampu melakukan hibernasi panjang hanya dengan beberapa cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuhnya. Mereka juga akan menurunkan suhu tubuh dan memperlambat detak jantungnya menjadi 10 kali detak per menit agar mampu bertahan hidup.

  • Hibernasi Siput

Siput - © pixabay.com
Siput – © pixabay.com

Sebagian besar siput tidak mampu bertahan dengan beraktivitas seperti biasa saat kondisi cuaca ekstrim di musim dingin. Kebanyakan siput akan mati di musim gugur setelah bertelur. Namun, banyak spesies siput lainnya yang beradaptasi di musim dingin dengan melakukan hibernasi hingga mampu hidup beberapa tahun.

Proses tidur panjang yang dilakukan siput begitu menarik, hewan ini akan menutup lubang cangkangnya lalu mengisolasi diri di dalam cangkang untuk melindunginya dari cuaca dingin yang ekstrim. Mereka dapat menutup cangkangnya dengan lendir dalam tubuhnya. Lama waktu siput melakukan tidur panjang akan beragam tergantung spesiesnya, yang bisa mencapai beberapa bulan. Selama hibernasi, siput akan mengurangi aktivitasnya, salah satunya dengan mengurangi detak jantungnya seminimal mungkin.

  • Landak

Landak - © pixabay.com
Landak – © pixabay.com

Hewan berduri ini hanya melakukan hibernasi saat cuaca dingin paling ekstrim. Namun, landak tidak terus menerus melakukan hibernasi. Pada suatu waktu, mereka biasanya terbangun selama beberapa hari di musim dingin dan mencari persediaan makanan meskipun begitu sulit. Landak akan mencadangkan energi sebelum kembali tertidur akibat cuaca dingin. Hewan ini juga hanya hibernasi ketika melewati bulan-bulan terdingin saat makanan begitu langka untuk didapatkan. Biasanya mereka mulai Hibernasi dari bulan Oktober hingga November. 

  • Marmut Alpine

Marmut alpine - © pixabay.com
Marmut alpine – © pixabay.com

Marmut alpine adalah spesies marmut yang dapat melakukan hibernasi selama musim dingin berlangsung. Hewan ini dapat ditemukan di daerah pegunungan di Eropa tengah dan selatan, yang umumnya berada pada ketinggian 800 hingga 3.200 meter di atas permukaan laut. Marmut alpine memiliki kombinasi bulu pirang berwarna kemerahan dan abu-abu gelap. Hewan ini juga terkenal sebagai penggali ulung. 

Marmut alpine dapat menghabiskan waktu hingga sembilan bulan per tahun untuk melakukan hibernasi. Hal ini terjadi saat cuaca sekitarnya cocok untuk hibernasi panjang. Sebelum melakukan hibernasi, hewan ini akan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar agar mampu bertahan hidup selama tertidur panjang. Dari makanan itu, lapisan lemak di tubuh mereka akan tercipta yang memungkinkan marmut alpine bertahan dalam periode hibernasi yang lama.

  • Hibernasi Ular

Ular - © pixabay.com
Ular – © pixabay.com

Ular juga menjadi hewan lainnya yang mampu melakukan hibernasi, yang terjadi pada sebagian besar spesies ular. Hewan ini akan mengalami bentuk brumasi selama musim dingin. Brumasi adalah istilah hibernasi untuk hewan berdarah dingin (ektotermik) yang tidak mampu mengatur suhu tubuh mereka dengan aktivitas metabolisme. Ular diketahui rentan terhadap suhu rendah. Maka itu, mereka yang tinggal di daerah iklim sedang akan melakukan hibernasi selama musim dingin. 

Hibernasi penting dilakukan untuk kelangsungan hidup ular di cuaca dingin. Mereka akan menemukan sarang yang terisolasi, yang juga membantu ular menghindari predator. Lama waktu hewan ini melakukan hibernasi dapat berbeda sesuai pada lokasinya, ular yang menghuni iklim dengan suhu rendah akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk brumasi. Selama brumasi, ular akan menjalani periode terjaga ketika mereka keluar sementara dari tempat peristirahatannya untuk menghidrasi. 

  • Common box turtle

Common box turtle - © animalhub.com
Common box turtle – © animalhub.com

Kura-kura ini menjadi salah satu hewan yang mampu melakukan hibernasi untuk beradaptasi di habitat alaminya. Common box turtle termasuk salah satu spesies kura-kura kotak yang ditemukan di seluruh Amerika Serikat bagian timur dan Meksiko. Wilayah geografis tempat mereka tinggal mengharuskan sebagian besar penyu kotak ini untuk berhibernasi selama tiga hingga lima bulan dalam setahun. 

Selama hibernasi, kura-kura ini akan menghemat cadangan makanannya karena suhu di luar akan sangat rendah yang membuatnya sulit mempertahankan aktivitas normal. Mereka juga akan memperlambat detak jantung, menghentikan sistem pencernaan, dan tidak menggerakkan tubuhnya. Bahkan, hewan ini benar-benar tertidur dan tidak membuka matanya sama sekali saat hibernasi. 

  • Common poorwill

Common poorwill - © birdnote.org
Common poorwill – © birdnote.org

Common poorwill adalah satu-satunya burung yang diketahui mampu melakukan hibernasi panjang. Sebagian besar burung ini dapat ditemukan di tepi selatan pegunungan di Amerika Serikat. Wilayah tersebut menjadi tempat mereka menghabiskan sebagian besar musim dingin dengan tidak aktif beraktivitas, tersembunyi di tumpukan batu.

Saat musim dingin tiba, burung ini akan kesulitan mencari makanan hingga beradaptasi dengan melakukan hibernasi. Hewan ini akan terlihat seperti mati suri untuk waktu yang lama, mulai dari berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Selama hibernasi, hewan ini akan berada pada keadaan penurunan aktivitas fisiologis pada hewan, biasanya dengan penurunan suhu tubuh dan laju metabolisme atau sistem pencernaan mereka. 

 

Penulis: Destri Ananda

 

Referensi Literatur:

Earthnworld.com. Top 10 Hibernating Animals. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://earthnworld.com/hibernating-animals/ 

Scienceworld.ca. Do Bears Actually Hibernate?. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://www.scienceworld.ca/stories/do-bears-actually-hibernate/ 

Science.org.au. Not just sleep: all about hibernation. Dilansir pada 18 Februari 2021 dari laman https://www.science.org.au/curious/hibernation#:~:text=Hibernation%20is%20a%20way%20animals,in%20medical%20benefits%20for%20people

Sciencing.com. The Snake Hibernation Period. Dilansir pada 18 Februari 2021 dari laman https://sciencing.com/snake-hibernation-period-10057157.html 

Treehugger.com. 11 Animals That Hibernate That Aren’t Bears. Dilansir pada 15 Februari 2021 dari laman https://www.treehugger.com/animals-hibernate-arent-bears-4864277 

 

Referensi Gambar:

Beruang: https://pixabay.com/photos/bear-predator-zoo-fur-animal-1383980/  

Kelelawar: https://pixabay.com/photos/bats-wildlife-australia-flying-fox-2944080/ 

Landak: https://pixabay.com/photos/crew-cut-forest-foliage-grass-1700790/ 

Siput: https://pixabay.com/photos/snail-snail-shell-slow-animal-405384/ 

Ular: https://pixabay.com/photos/grass-snake-snake-reptile-natter-1488853/ 

Common Poorwill: https://www.birdnote.org/listen/shows/poorwills-night 

Common Box Turtle: https://www.animalhub.com/box-turtle-hibernation/ 

Marmut Alpine: https://pixabay.com/photos/marmot-alpine-marmot-rodent-alpine-3575839/ 

Fat-tailed Dwarf Lemur: https://lemur.duke.edu/discover/meet-the-lemurs/fat-tailed-dwarf-lemur/ 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk 

Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!