Bibit untuk Tanjungmas, Diharap Dapat Bersinergi

Pohon untuk Tanjungmas
Pohon untuk Tanjungmas (Dok.LindungiHutan)

Semarang – Relawan LindungiHutan kembali melakukan aksi penanaman pohon di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Minggu (25/3/2018). Sebanyak 938 bibit mangrove ditanam di lahan Tambakrejo dengan partisipasi berbagai pihak, meliputi kelompok Camar, Geo-Jateng dan Relawan LindungiHutan Semarang.

Ads

Baca Lainnya : LindungiHutan Riau, Siap Menghijaukan Indonesia!

Chief Executive Officer (CEO) LindungiHutan, Hario Laskito Ardi, mengatakan bahwa penanaman mangrove di Tambakrejo ini merupakan aksi kedua setelah sukses penanaman tahun 2016 silam. ‘Tahun 2016, kami telah menanam sebanyak 2.113 pohon. Jadi kira-kira sudah satu tahun lebih. Ini hasilnya, Alhamdulillah sudah besar,’  jelas Hario.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Hario berharap, mangrove yang merupakan hasil donasi masyarakat tersebut dapat mengurangi permasalahan lingkungan terutama abrasi yang akhir-akhir ini dihadapi masyarakat Tanjungmas. Ketua Kelompok Camar, Junaidi, turut membenarkan hal tersebut. Junaidi menegaskan bahwa jumlah donasi tidak menjadi masalah – yang terpenting adalah kesadaran dan partisipasi dari masyarakat. ‘Kita tidak mempermasalahkan nominal, tapi yang terpenting adalah kesadaran atau ketulusan bagi yang berpartisipasi,’ ungkapnya.

Ketua Kelompok Camar itu berharap, baik untuk donatur maupun relawan dapat memperoleh hasil atas tenaga dan biaya yang telah mereka keluarkan. Hal itu agar bibit mangrove yang telah ditanam juga dapat bersinergi dalam jiwa dan raga. ‘Intinya kita mempunyai prinsip bahwa mangrove yang kita tanam ini bergoyang bukan karena terpaan angin, dia berzikir kepada yang mendoakan,’ jelas Junaidi.

Kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur, pemerintah, pihak swasta serta partner penanaman, seluruh peserta aksi penanaman dari para Sahabat Alam LindungiHutan, petani dan komunitas setempat yang telah membantu melancarkan jalannya aksi penanaman ini. (Idayatul / Lindungi Hutan)

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!