Bisnis Ramah Lingkungan kenapa Tidak?

Lindungihutan.com, Semarang. Kondisi lingkungan yang semakin memburuk membuat usaha-usaha berbasis teknologi ramah lingkungan mulai muncul sebagai salah satu solusi. Berbagai ide kreatif dan inovatif yang telah dilakukan kini menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis ramah lingkungan yang tidak hanya menghasilkan uang, tapi juga turut menjaga kelestarian bumi!

Ads

Baca Lainnya : Penutupan Sekolah Latarbelakangi Inisiatif Bantu Sonhaji

Pemanfaatan Limbah

Pemanfaatan Limbah
Pemanfaatan Limbah Foto: Bisnisumkm

Jika membahas pengolahan sampah, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Reduce, Reuse, dan Recycle. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita  sudah menerapkannya? Dengan mengurangi, memanfaatkan ulang, dan mengolah kembali sampah, kita telah melakukan aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

pada faktanya tidak semua sampah merugikan jika kita menanamkan prinsip 3R tersebut, kita bisa mengubah sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Jenis limbah yang bisa digunakan pun sangat beragam, mulai dari sampah plastik, kertas, logam, hingga beberapa jenis sampah organik seperti tulang ikan hingga humus dari hewan. Itu semua tergantung pada kreativitas dan motivasi kita dalam melakukan bisnis yang ramah lingkungan.

Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan
Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan Foto: Elshinta

Sejauh ini, penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru di angka 6,3 persen dari total penggunaan energi nasional.

Padahal menurut laporan Internasional Energy Agency (IEA), Indonesia memiliki potensi tenaga air sebesar 75 gigawatts (GW), dan potensi tenaga panas bumi global. Itu sebabnya sekarang saat yang tepat bagi pengusaha untuk mengembangkan energi terbarukan.

Tempat Usaha Ramah Lingkungan

Tempat Usaha Ramah Lingkungan
Tempat Usaha Ramah Lingkungan Foto: Rumah.com

Penting untuk diketahui, bagi yang sudah memiliki bisnis dalam skala besar agar memperhatikan pula tempat yang gunakan sebagai produksi. Untuk menerapkan pola bisnis ramah lingkungan, kita juga bisa memulainya dengan menggunakan konsep pemanfaatan tempat usaha ramah lingkungan.

lalu apa saja yang perlukan? Berikut tips sederhananya : pertama, Tempat usaha ramah lingkungan dari segi bangunan gedung yang tidak menggunakan material kimia. kedua, Agar membuat tempat usaha kita lebih sehat dan nyaman usahakan memiliki pepohonan atau tanaman hias yang dapat memberikan oksigen pada lingkungan kerja. ketiga, perbanyak ventilasi udara agar udara bersih dan cahaya matahari mudah masuk. terakhir, Gedung atau tempat usaha sebaiknya menggunakan energi matahari atau solar panel agar listrik yang digunakan lebih hemat dan ramah lingkungan. Sumber: DBS

Beberapa ide bisnis ramah lingkungan

Kosmetik Organik

1. The Body Shop, merek perawatan perempuan tanpa percobaan ke hewan
Kosmetik ramah lingkungan. sumber: Instagram.com/thebodyshopindo

Kosmetik organik merupakan kosmetik yang dibuat dengan bahan alami atau ramah lingkungan. selain berbahan dasar alami, proses pembuatan kosmetik organikpun juga terbilang eco-friendly. alhsasil produk komestik organik bukanlah produk yang bisa mencemarkan dan merusak lingkungan. hal ini disebabkan kandungan dari produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya. langkah pertama yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ini adalah pengetahuan dasar seputar dunia organik dari dari hal-hal umum seperti jenis tanaman sampai dengan bagaimana proses pengelolaan. akan tetapi tentu menjadi hal yang berbeda ketika kita bekerja sama dengan beberapa produsen kosmetik organik untuk menawarkan diri sebagai reseller. untuk menjadi reseller produk kosmetik, yang kita butuhkan hanya relasi dan tahu kebutuhan pasar. contoh beberapa produsen kosmetik organik antara lain: Juice Beauty, RMS Beauty, Afterglow dsb

bisnis ramah lingkungan Jual beli barang Bekas

Ada sebuah tempat yang unik di kawasan Depok. Tempat itu menjadi pusat penjualan barang-barang bekas atau barang rongsok. Penasaran?
Barang bekas. sumber: Detik/Ilustrasi/Foto: Fadhly Fauzi Rachman

barang bekas merupakan salah satu limbah rumah tangga terbesar. hal klasik yang biasa terdengar dari barang bekas yang masih layak pakai adalah ada model lebih baru yang telah dibeli. oleh karena itu barang-barang bekas ini pada akhirnya hanya tertimbun digudang dan sisanya mungkin dibuang. hal ini tentunya membuat limbah barang bekas berpotensi merusak lingkungan. sebenarnya membeli barang barupun tak memiliki suatu manfaat jika fungsi dan kegunaanya masih sama. maka dari itu, untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan kita dapat membuat barang bekas ini memiliki nilai ekonomis. caranya adalah menjual kembali barang bekas ke situs jual beli online/offline dengan harga terjangkau pastinya!

Menjual aksesoris dari Limbah

binis ramah lingkungan-tempat pensil dari botol
kreasi dari limbah barang bekas. sumber: boredpanda.com

Serupa dengan bisnis barang bekas lainnya, kali ini barang bekas yang telah menjadi limbah tidak berguna bisa diolah agar mempunyai manfaat ekonomis. Beberapa bahan limbah yang masih bisa digunakan di antaranya adalah sisa kain perca, batok kelapa, sampah plastik, potongan kayu, dll. Tentu saja modal kreativitas jadi hal penting dalam memulai bisnis ini. banyak produk menarik yang dihasilkan dari limbah seperti pot lucu yang dibuat dari plastik, tas yang dibuat dari limbah kain perca, gelang, kalung dan lain sebagainya. Bahkan, dewasa ini telah banyak kreasi kursi dan meja tamu dari ban dan drum bekas. bagaimana tertarik untuk mencobanya?

 

Penulis : (Kika & Daning)

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

 

Sumber referensi :

https://mediaini.com/bisnis/2021/06/27/42049/7-ide-bisnis-ramah-lingkungan-yuk-dicoba/