Blue-Footed Booby: Burung Laut dengan “Kaus Kaki Biru”

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Spesies burung di bumi ini sangatlah banyak dan setiap burung memiliki keunikan, salah satu burung yang memiliki keunikan yaitu blue-footed booby atau burung berkaki biru. 

Ads
Gambar 1. Burung berkaki biru
Gambar 1. Burung berkaki biru

Burung berkaki biru (Sula nebouxii) merupakan salah satu jenis burung laut asli daerah subtropis dan tropis bagian Timur Samudra Pasifik. Ia dapat ditemukan dari dari Teluk California selatan di sepanjang pantai barat Amerika Tengah dan  Amerika Selatan hingga Peru.

Karakteristik 

Burung kaki biru memiliki panjang rata-rata 81 cm (32 in) dan berat 1,5 kg (3,3 lb), dengan betina sedikit lebih besar dari jantan. Sayapnya panjang, runcing, dan berwarna cokelat. Leher dan kepala burung kaki biru berwarna cokelat muda dengan garis-garis putih, sedangkan perut sampai bagian bawahnya berwarna putih. Matanya terletak pada kedua sisi paruh dan mengarah ke depan, memungkinkan dapat melihat ke depan dengan sangat baik. Matanya berwarna kuning khas, burung jantan memiliki iris mata yang lebih kuning daripada burung betina. Anak burung berkaki biru memiliki paruh paruh dan kaki hitam serta dibalut lapisan bulu halus berwarna putih ke bawah. Karena burung kaki biru memangsa ikan dengan cara menyelam langsung ke dalam air, lubang hidungnya tertutup secara permanen dan ia akan bernafas melalui sudut mulutnya. 

Ciri khasnya yang paling menonjol adalah pada kaki yang berwarna biru, warnanya bisa bervariasi dari biru pucat hingga hijau biru atau biru laut. Burung jantan dan burung yang berumur muda memiliki kaki yang lebih ringan daripada betina. Warna biru pada kaki berselaputnya berasal dari pigmen karotenoid yang diperoleh dari ikan segar yang dimakannya. Karotenoid bertindak sebagai antioksidan dan stimulan yang berfungsi untuk kekebalan tubuh. kaki biru, menunjukkan bahwa pigmentasi karotenoid merupakan indikator status imunologi individu. Tingkat kecerahan warna biru pada kaki burung ini menjadi indikator keadaan kesehatan burung. Dalam sebuah percobaan, beberapa ekor burung kaki biru dikurangi makanannya selama 48 jam, ternyata kecerahan warna biru pada kaki mereka makin menurun. Tingkat kecerahan warna biru pada kaki burung ini juga makin menurun dengan bertambahnya usia burung. Artinya, semakin tua burung itu, warna birunya makin pudar.

Masa Kawin Blue-Footed Booby

Jika pada umumnya burung sangat senang bernyanyi dengan siulannya berbeda dengan burung berkaki biru, ia lebih senang menari. Untuk menarik perhatian burung betina, burung jantan akan menari dengan gerakan menaikturunkan kakinya di depan burung betina. Dengan cara itu burung jantan memamerkan warna kaki pada burung betina. Burung betina mulai berkembang biak saat berusia 1-6 tahun, sedangkan jantan mulai berkembang biak saat mereka berusia 2-6 tahun.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 2. Burung berkaki biru
Gambar 2. Burung berkaki biru

Burung betina akan lebih tertarik pada burung jantan yang memiliki warna kaki cerah yang menunjukan bahwa burung jantan tersebut memiliki kesehatan cukup baik dan umur yang masih muda. Sehingga akan menghasilkan telur burung yang berisi kuning telur yang besar dan androgen yang banyak. Dari telur seperti ini akan menetas anak burung yang berkualitas. Alasan lain burung betina memilih burung jantan yang memiliki kaki berwarna cerah adalah burung ini bisa merawat anak  lebih telaten dibandingkan burung yang warna kakinya sudah memudar.  

Metode Berburu Blue-Footed Booby

Burung kaki biru adalah pemakan ikan khusus, memakan ikan kawanan kecil seperti, sarden, teri, ikan kembung, dan ikan terbang. Ia juga memakan cumi-cumi. Burung berkaki biru berburu dengan cara menyelam ke laut mencari mangsa, terkadang dari tempat yang sangat tinggi, dan juga bisa berenang di bawah air untuk mengejar mangsanya. Ia bisa berburu sendiri-sendiri, berpasangan, atau dalam kawanan yang lebih besar. Pada sebuah kumpulan kawanan bisa berjumlah sekitar 12 ekor. Ketika pemimpin dari kelompok melihat ikan dalam air, ia akan memberi sinyal kepada anggota kelompok untuk memulai perburuan. Mereka semua akan menyelam secara bersamaan, mengarahkan tubuh mereka ke bawah seperti anak panah.

Gambar 3. Blue-Footed Booby Diving
Gambar 3. Blue-Footed Booby Diving

Penyelaman dapat dilakukan dari ketinggian 10 – 30,5 m (33 – 100 kaki) dan akan mencapai air sekitar 97 km/jam (60 mph) dan dapat mencapai kedalaman 25 m (82 kaki) dari permukaan air. Tengkorak mereka mengandung kantung udara khusus yang melindungi otak dari tekanan luar biasa. Mangsa biasanya akan dimakan saat burung masih berada di bawah air. Perlu diketahui, anak burung ini makan dari muntahan orang tuanya.

 

Penulis: Nurkhaeni

 

Referensi Literatur : 

Wikipedia. 11 februari 2021. Angsa Batu Kaki Biru. Diakses 17 Maret 2021, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Angsa_batu_kaki_biru 

Wildark Journal. 2 Mei 2018. Birdlyfe : The Blue-Footed Booby. Diakses 25 Maret 2021, dari https://medium.com/wildark-journal/birdlyfe-the-blue-footed-booby-7c4f5cd2bc58 

 

Referensi Gambar :
Rainforest Cruises. 26 September 2016. Top 7 Blue-Footed Booby Facts. Diakses 25 Maret 2021, dari https://www.rainforestcruises.com/jungle-blog/top-7-blue-footed-booby-facts

National Geographic. 24 April 2014. Blue-Footed Booby Threatened in the Galapagos. Diakses 25 Maret 2021, dari https://www.nationalgeographic.com/science/article/140425-galapagos-blue-footed-booby-endangered-birds-science-animals 

Galapagos Conservation Trust. 1 Maret 2016. Diving Blue-Footed Boobies. Diakses 25 Maret 2021, dari https://galapagosconservation.org.uk/blue-footed-boobies-in-action/diving-blue-footed-boobies-kevin-fraser/ 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sam melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!