Tanaman Buah Pala: Si Tua Plinius

buah pala
Gambar 1 Buah Pala 

Bagi para wanita yang memiliki hobi memasak pasti familiar dengan buah yang satu ini. Yup, ini adalah tanaman buah pala. Bagi beberapa masyarakat hanya mengetahui biji palanya saja, tetapi buah pala juga banyak dimanfaatkan sebagai sumber makanan, seperti manisan buah pala. Sebelum itu, yuk kita kenali buah pala lebih lanjut!

Ads

 

Mengenal Buah Pala

Taksonomi Buah Pala

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermathophyta (tumbuhan berbiji)

Subdivisi : Angiospermae (berbiji tertutup)

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ordo : Myristicales 

Famili : Myristicaceae

Genus : Myristica

Spesies : Myristica fragrans houtt 

 

Morfologi Buah Pala

Tumbuhan pala (Myristica fragrans houtt) berasal dari Kepulauan Banda dan Maluku. Hasil panen buah pala ialah biji dan daging buahnya. Pohon pala memiliki tinggi 10-20 meter yang menjulang tinggi ke atas dan mahkota pohonya yang berbentuk piramida (kerucut). Tanaman pala memiliki beberapa bagian-bagian, seperti batang bulat yang tegak dan lurus dengan tinggi mencapai kurang lebih 20 meter. 

Kemudian daun pala yang berbentuk bulat telur, tetapi pangkal dan pucuknya meruncing. Warna daun bagian bawah hijau kebiru-biruan dan bagian atasnya hijau tua. Bunga buah pala berkelamin dua (hermaprodit) yang artinya bunga jantan dan bunga betina berada dalam satu pohon. Untuk buah pala sendiri memiliki bentuk bulat dan lebar. Tekstur kulit buah pala cenderung licin. Buah pala yang berwarna hijau menandakan buah masih muda, saat buat sudah matang akan berwarna kekuning-kuningan. 

Masa penyerbukan buah pala hingga matang membutuhkan waktu hingga 9 bulan. Pala termasuk tanaman berbiji tinggal yang dilindungi oleh tempurung. Biji pala akan berwarna coklat saat sudah tua, dan memiliki tekstur yang licin. 

Tanaman buah pala dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang memiliki iklim tropis. Daerah di Indonesia seperti di Pulau Banda, tanaman pala dapat tumbuh pada ketinggian 500 m dari permukaan laut (dpl). Jika tanaman ini hidup di daerah dengan ketinggian tempat di atas 700 m dpl dinilai tidak produktif. 

Secara umum tanaman ini akan sangat baik tumbuh dengan jenis tanah vulkanis atau tanah di sekitar gunung berapi yang subur. Tanaman ini sangat peka terhadap genang air (becek), dikarenakan genangan air dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat dan mudah terserang penyakit busuk akar. Saat tanaman ini sudah berumur 4 sampai 5 tahun sangat membutuhkan sinar matahari yang berlimpah ruah. 

 

Manfaat Buah Pala 

Pala biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak berbagai hidangan makanan. Pala dikenal memiliki aroma yang manis. Pala termasuk bumbu dapur yang dikenal exotic. Sejumput bubuk pala dapat membuat sup, kuah daging, steak, sup daging sapi, dan bahkan hidangan penutup. Di India sendiri, pala merupakan salah satu bumbu dasar untuk membuat kari daging yang dikenal sebagai garam masala. Untuk daging buah pala sendiri biasa digunakan untuk membuat acara atau manisan. 

Tanaman buah pala memiliki banyak khasiat. Salah satunya ekstrak daun pala dapat digunakan untuk kecantikan. Pala sendiri mengandung nutrisi mineral seperti magnesium, mangan, dan tembaga. Mengandung vitamin B1, B6, dan lainya. Masih banyak manfaat buah pala untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

  • Menghilangkan rasa nyeri

Mengandung banyak minyak atsiri esensial seperti myristicin, elemicin, eugenol, dan safrole. Menurut buku DK Healing foods, “Minyak atsiri (pala) nya memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna untuk mengobati nyeri sendi dan otot”. Hanya beberapa tetes minyak esensial di area yang dikeluhkan dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, nyeri sendi,  dan otot.

  • Membantu mengobati insomnia

Pala memiliki efek menenangkan bisa dikonsumsi dalam dosis kecil. Beberapa praktik pengobatan tradisional dan kuno menganggapnya sebagai penyebab kantuk dan penghilang stress. Menambahkan sejumput bubuk pala ke gelas susu hangat dan meminumnya sebelum tidur. 

  • Melancarkan pencernaan

Pala memiliki kandungan minyak esensial yang memiliki efek karminatif pada sistem tubuh kita. Saat anda memiliki masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kembung, pengobatan rumah dapat dilakukan dengan mengambil sejumput bubuk pala dan masukan ke dalam hidangan makan kalian seperti di sup ataupun olahan daging apapun. Ini akan membantu sekresi enzim pencernaan membawa kelegaan, sedangkan kandungan serat dalam pala akan membantu memperlancar buang air besar. Ini juga akan membantu menghilangkan gas berlebihan dari sistem.

  • Kesehatan otak

Pala adalah afrodisiak yang merangsang saraf di otak. Orang Yunani dan Romawi biasanya memanfaatkannya sebagai tonik selama zaman kuno. Ia dikenal sebagai bahan yang efektif untuk mengobati depresi dan kecemasan karena minyak esensial cenderung meredakan kelelahan dan stress. Sebagai adaptogen, dapat menjadi stimulant dan obat penenang sesuai kebutuhan tubuh. Pada saat stress dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebaliknya, dapat mengangkat mood Anda dan bertindak sebagai tonik dan stimulan, membuatnya menjadi bermanfaat jika baru sembuh dari sebuah penyakit atau pun kelelahan. Ia juga dikenal dapat membantu daya konsentrasi.

  • Merawat nafas bau

Mulut bau atau nafas bau merupakan sinyal yang dikirimkan tubuh kita bahwa terdapat racun di dalam tubuh kita. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak tepat dapat membangun racun di dalam organ tubuh. Pala disebut dapat membantu detoksifikasi tubuh, membersihkan racun dari hati dan ginjal. Karena minyak esensial memiliki sifat anti bakteri, ini membantu menghilangkan bakteri dari mulut yang menyebabkan bau mulut. 

  • Memiliki kulit yang sehat

Pala juga dikenal sebagai bahan yang baik untuk perawatan kulit karena memiliki sifat mikroba dan anti inflamasi serta kemampuanya menghilangkan komedo, menghilangkan jerawat dan pori-pori tersumbat. untuk mencoba di rumah dapat mencampurkan bubuk pala dan madu kemudian dapat mengoleskannya ke daerah yang berjerawat, ditunggu selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Ini juga dapat digunakan sebagai scrub wajah, cukup mencampurkannya dengan oatmeal dan kulit jeruk. 

  • Merawat sirkulasi dan tekanan darah 

Pala memiliki kandungan mineral yang tinggi, membuat pala menjadi bahan yang baik untuk mengatur sirkulasi dan tekanan darah. Pala mengandung kalsium, zat besi, kalium, mangan, dan lain sebagainya. Sifat pala sendiri dapat mengurangi stres, yang membantu merilekskan pembuluh darah sambal menjaga jantung berfungsi dengan baik dan efisien. 

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah 

 

Referensi Literatur

Borah, Plaveneta. September 20, 2016. 7 Incredible Nutmeg Benefits: From Inducing Sleep to realiving Pain. Retrieved March 08. 2021, from https://food.ndtv.com/food-drinks/7-incredible-nutmeg-benefits-from-inducing-sleep-to-relieving-pain-1464121

Buah Pala. Retrieved March 08. 2021, from 

http://eprints.umm.ac.id/35879/3/jiptummpp-gdl-aisyahabdk-48749-3-babii.pdf

 

Referensi Gambar

https://images.app.goo.gl/LpBwfn5JWRtBKY5r7 

https://images.app.goo.gl/Z8EqzJRJjvjhdXkV8

 

 LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!