Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu

Bukit Ciateul, Bogor – NYB Jewelry berhasil menyelesaikan periode pertama kegiatan kampanye mereka. Mereka membentuk kampanye ini setelah melihat berbagai kerusakan alam yang kian lama kian mengancam keberlangsungan hidup manusia. Hal ini semakin diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat untuk melindungi dan melestarikan lingkungan. Akibatnya, semakin banyak masalah lingkungan yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, seperti tanah longsor, banjir, krisis air bersih, kekeringan, dan lain-lain. Oleh karena itu, NYB Jewelry memutuskan untuk menjalankan sebuah kampanye berupa penanaman di Gunung Salak dan sekitarnya demi pelestarian lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan bagi kehidupan kita.

Ads
Gambar 1 Kampanye Alam Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu © LindungiHutan
Gambar 1 Kampanye Alam Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu © LindungiHutan

Bersinar Bersama NYB Jewelry

NYB Jewelry atau yang juga dikenal sebagai Not Your Birthday Jewelry merupakan brand perhiasan wanita lokal dengan taraf internasional yang terbuat dari perak. Pendiri NYB Jewelry membentuk brand ini setelah melihat minimnya ketertarikan masyarakat akan perhiasan lokal. Sebagian besar masyarakat percaya kalau perhiasan lokal memiliki kualitas yang rendah dan tidak memiliki daya tarik yang tinggi. Padahal, realita berkata sebaliknya. Terdapat banyak perhiasan lokal yang lebih berkualitas daripada perhiasan impor atau memiliki kualitas yang sama. Oleh karena itu, NYB Jewelry berusaha mengenalkan perhiasan lokal melalui akun Instagram @not.your.birthday atau melalui website Not Your Birthday Jewelry.

Gambar 2 Akun Instagram NYB Jewelry © Instagram
Gambar 2 Akun Instagram NYB Jewelry © Instagram

Dalam pembuatan produknya, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan pengrajin dan seniman lokal untuk menciptakan ekosistem yang baik bagi seluruh pihak, mulai dari proses pembelian hingga penjualan. Perhiasan yang berbahan dasar 925 sterling silver ini dibuat oleh pengrajin Bali yang terkenal dengan keahliannya dalam mengolah emas dan perak. Kemampuan pengrajin Bali ini bahkan telah diakui hingga mancanegara dan memiliki kualitas Internasional. Selain itu, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan beberapa seniman lokal untuk menciptakan desain unik guna menarik perhatian masyarakat. Setiap desain yang dibuat memiliki bentuk, warna, dan arti tertentu, seperti gelang yang memiliki simbol perlindungan untuk orang jauh. Dengan adanya kerja sama yang baik ini, Not Your Birthday Jewelry tidak hanya mempopulerkan kerajinan lokal, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seniman dan pengrajin Indonesia untuk berkarya. 

Kampanye Alam NYB Jewelry

Kegiatan kampanye ini dilakukan oleh NYB Jewelry atas kesadaran dan rasa tanggung jawab selaku brand yang mengambil bahan dari alam sebagai bahan baku produk mereka. Perak merupakan salah satu logam mulia yang telah dipakai selama ribuan tahun sebagai perhiasan atau simbol kedudukan dan kekayaan. Sayangnya, aktivitas penambangan perak membawakan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan kegiatan penambangan merusak tanah dan menghancurkan ekosistem sekitar. Semua ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih. Parahnya, limbah penambangan dapat mencemari air dan mengancam keberlangsungan hidup masyarakat yang tinggal di sekitar perairan. Melihat kondisi ini, NYB memutuskan untuk menjalankan sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit pohon trembesi di Gunung Salak dan sekitarnya.

Gambar 3 Kegiatan Penanaman NYB Jewelry © Dokumentasi LindungiHutan
Gambar 3 Kegiatan Penanaman NYB Jewelry © Dokumentasi LindungiHutan

Untuk melakukan aksi, NYB Jewelry bekerja sama dengan LindungiHutan dalam usaha meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan dan menanggulangi kerusakan lingkungan yang ada di Gunung Salak. Melalui laman khusus LindungiHutan, mereka membuka sebuah penggalangan dana online dengan donasi sebesar Rp15.000/pohon. Selanjutnya, mereka menyebarkan perkembangan kegiatan kampanye melalui jaringan media sosial NYB dan LindungiHutan untuk menarik masyarakat, terutama generasi muda sebagai penggerak perubahan, berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Kemudian, NYB Jewelry menyisihkan sebagian dari profit penjualan mereka untuk pembelian bibit pohon trembesi. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Seluruh rangkaian kegiatan kampanye ini berhasil dijalankan tanpa adanya kendala yang berarti pada tanggal 12 April 2021 yang lalu. NYB Jewelry dan LindungiHutan berhasil mengumpulkan dan menanam 168 bibit pohon trembesi dengan tinggi 100 cm dan diameter 1 cm dalam kondisi yang baik. Selain itu, kegiatan ini didukung dan dibantu oleh empat puluh orang RelawanLindungiHutan Bogor. Akan tetapi, kegiatan kampanye ini tidak akan berhenti di sini. NYB Jewelry akan terus melakukan kegiatan penanaman di Gunung Salak dan sekitarnya secara berkala untuk meningkatkan kelestarian lingkungan.

Hijaukan Bogor, Pulihkan Bumi!

Seperti yang kita ketahui, tanpa adanya alam yang sehat, keberadaan manusia akan terancam. Sayangnya, berbagai kegiatan manusia kian lama kian merusak alam. Ambil saja Gunung Salak sebagai contohnya. Berbagai lahan hijau telah dialih fungsikan sebagai area wisata tanpa menghiraukan dampak lingkungan yang ada. Akibatnya, banjir dan tanah longsor sering terjadi di area ini yang telah memakan nyawa manusia. Hal ini semakin diperparah dengan hilangnya hutan sebagai area resapan air dan penahan tanah melalui berbagai penambangan dan penebangan liar. Tentunya, hal ini tidak hanya menyebabkan berbagai bencana alam, tapi juga pencemaran air yang dapat mengancam kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah perubahan, salah satunya dengan gerakan penghijauan, sebelum terlambat.

Gambar 4 Hasil Penanaman NYB Jewelry © Dokumentasi LindungiHutan
Gambar 4 Hasil Penanaman NYB Jewelry © Dokumentasi LindungiHutan

Penghijauan merupakan salah satu cara yang paling ramah lingkungan dalam mengatasi masalah lingkungan yang ada. Pohon dapat memulihkan ekosistem yang telah rusak, menyaring berbagai partikel berbahaya yang ada di air dan atmosfer, menahan tanah, serta meningkatkan persediaan air. Penghijauan juga dapat meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat melalui hasil hutan berupa kayu dan hasil hutan bukan kayu.

Kegiatan kampanye ini merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan bagi kehidupan manusia. NYB Jewelry dan LindungiHutan berharap seluruh rangkaian kegiatan ini dapat mengatasi kerusakan alam yang terjadi di Gunung Salak dan sekitarnya. Selain itu, penyebaran informasi kegiatan kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan upaya pelestarian lingkungan. Walaupun periode pertama kampanye ini telah berakhir, usaha pelestarian lingkungan tidak boleh berhenti. Bumi masih memerlukan usaha kita untuk pulih. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo hijaukan lingkungan untuk memulihkan bumi!

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (2020, October 15). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/notyourbirthdayjewelry

Not Your Birthday Jewelry. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/not.your.birthday/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!