Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu

Bling, Bling, Bling! It’s Not Your Jewelry Birthday!

Perhiasan telah menjadi suatu kebanggaan bagi wanita untuk memiliki dan memakainya. Perhiasan dapat memperindah penampilan dan memberikan kesan mewah serta elegan. Inilah alasan perhiasan menjadi sahabat wanita. Sayangnya, jarang ada wanita yang tertarik untuk menggunakan perhiasan perajin lokal. Mereka beranggapan bahwa perhiasan lokal memiliki kualitas yang rendah. Padahal, ada banyak perhiasan lokal yang memiliki kualitas sama dengan, bahkan lebih dari, produk brand terkenal. Fakta inilah yang mendorong Not Your Birthday Jewelry menciptakan dan mempromosikan perhiasan lokal dari perak berkualitas internasional.

Ads
Akun Instagram Not Your Birthday Jewelry
Akun Instagram Not Your Birthday Jewelry

Dalam pembuatan produknya, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan pengrajin dan seniman lokal untuk menciptakan ekosistem yang baik antara produsen, penjual, dan seniman Indonesia. Perhiasan yang berbahan dasar 925 sterling silver ini dibuat oleh pengrajin Bali yang terkenal dengan keahliannya dalam mengolah emas dan perak. Kemampuan pengrajin Bali ini telah diakui hingga mancanegara dan memiliki kualitas Internasional. Selain itu, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan beberapa seniman lokal untuk mendesain produknya. Setiap desain yang dibuat memiliki bentuk, warna, dan arti tertentu, seperti gelang yang memiliki simbol perlindungan untuk orang jauh. Dengan adanya kerja sama yang baik ini, Not Your Birthday Jewelry tidak hanya mempopulerkan kerajinan lokal, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seniman dan pengrajin Indonesia untuk berkarya. Tentunya, semua produk ini dapat dilihat melalui akun Instagram @not.your.birthday atau melalui website Not Your Birthday Jewelry.

Kampanye Alam “Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu”

Seperti yang tertulis sebelumnya, Not Your Birthday Jewelry menggunakan perak sebagai bahan dasarnya. Perak merupakan logam mulia yang telah dipakai sebagai perhiasan atau simbol kekayaan selama ratusan tahun. Hal ini dikarenakan oleh warnanya yang putih kilap yang memberikan kesan elegan dan mewah. Selain itu, perak merupakan logam yang mudah dibentuk dan tahan terhadap korosi, berbeda dengan emas. Walaupun memiliki banyak perbedaan, perak memiliki kesamaan dengan emas dalam merusak lingkungan. Aktivitas pertambangan dapat merusak lingkungan, seperti pencemaran air, pengikisan lapisan bumi, dan perusakan ekosistem di sekitar. Sadar akan kerusakan lingkungan ini, Not Your Birthday Jewelry melaksanakan kampanye alam berupa penanaman bibit pohon di Gunung Salak, Bogor.

Kampanye Alam Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu
Kampanye Alam Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu

Untuk merealisasikan kampanye ini, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan LindungiHutan yang didasari kesadaran bersama akan kerusakan lingkungan yang marak terjadi di Indonesia, terutama di Gunung Salak. Melalui website khusus LindungiHutan, Not Your Birthday Jewelry membuka penggalangan dana untuk umum sebesar Rp 15.000/pohon  yang disebarluaskan melalui akun Instagram LindungiHutan. Selain itu, Not Your Birthday Jewelry menyisihkan beberapa bagian dari profit penjualannya untuk berkontribusi dalam pembelian bibit pohon.

Kampanye ini diharapkan dapat memberikan perubahan bagi lingkungan dan mendorong masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan. Penanaman bibit pohon dapat menanggulangi kerusakan ekosistem yang ada dan meningkatkan suplai oksigen di atmosfer. Dengan pulihnya ekosistem, akan ada jaminan ketersediaan sumber daya demi keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, penyebaran informasi mengenai kampanye ini akan meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi dan melestarikan lingkungan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kenapa di Gunung Salak?

Gunung Salak merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bogor yang mengalami banyak kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Ada banyak lahan yang dibuka oleh pengelola wisata tanpa memedulikan konsekuensi terhadap lingkungan. Akibatnya, sering kali terjadi tanah longsor dan banjir di daerah sekitar Gunung Salak karena kurangnya vegetasi yang dapat menahan tanah dan menyerap curah hujan yang tinggi. Hal ini semakin diperparah dengan banyaknya penambangan ilegal yang tidak mengindahkan kerusakan lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia. Aktivitas penambangan liar ini memperparah banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bogor dan Lebak, serta mengancam nyawa manusia melalui pencemaran merkuri yang merupakan limbah pertambangan. Merkuri merupakan logam berat yang bersifat korosif yang kian lama kian merusak ekosistem dan merenggut nyawa manusia. Tentunya, semua masalahl ini akan terus mengancam dan telah memakan banyak korban jiwa.

Tanah Longsor di Gunung Salak
Tanah Longsor di Gunung Salak

Salah satu cara ramah lingkungan dalam mengatasi kerusakan lingkungan di Gunung Salak adalah dengan menanam bibit pohon. Penghijauan di Gunung Salak dapat memulihkan ekosistem yang telah rusak dan meningkatkan suplai oksigen di atmosfer. Ini berarti akan ada kestabilan alam dan sumber daya bagi keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, penanaman bibit ini dapat menanggulangi dan mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir. Akar pohon yang sehat memiliki kemampuan untuk menahan tanah dan menyerap air dalam jumlah besar. Pohon juga dapat meningkatkan ketersediaan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Terakhir, penghijauan Gunung Salak dapat meningkatkan nilai pariwisata yang tentunya akan meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Hal ini diperkuat dengan ketersediaan pengelolaan wisata yang sudah berdiri bertahun-tahun yang lalu. Oleh karena itu, penanaman bibit pohon di Gunung Salak akan menjamin keberlangsungan hidup dan masa depan manusia.

Pentingnya penghijauan Gunung Salak inilah yang mendorong Not Your Birthday Jewelry dan LindungiHutan untuk menyelenggarakan kampanye alam berupa penanaman bibit pohon. Not Your Birthday Jewelry juga mengemas pembelian bibit pohon dengan penjualan produknya untuk meningkatkan jumlah bibit dan menjadi fondasi berhasilnya kampanye ini. Akan tetapi, Not Your Birthday Jewelry tidak dapat melakukannya sendirian. Dibutuhkan partisipasi seluruh kalangan masyarakat untuk melindungi dan melestarikan ekosistem Gunung Salak. Tidak ada partisipasi besar atau kecil, semua partisipasi yang kita berikan akan bermanfaat bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup kita. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo berdonasi di LindungiHutan!

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Literatur:

LindungiHutan. (2020, October 12). Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu. https://lindungihutan.com/notyourbirthdayjewelry

Majani, F. (2020, January 19). BNPB: Penambangan Ilegal di TN Gunung Halimun Salak Ditutup Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/284291/bnpb-penambangan-ilegal-di-tn-gunung-halimun-salak-ditutup. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/284291/bnpb-penambangan-ilegal-di-tn-gunung-halimun-salak-ditutup

Pusat Kerajinan Perak dan Emas di Bali. (n.d.). Kiu Tour. Retrieved February 24, 2021, from http://kiutour.com/perak-emas-celuk/

Ross, M. (2019, October 16). Pertambangan menggerakkan kehidupan modern, namun merusak lahan dan mencemari air. Ini penjelasan ahli. The Conversation. https://theconversation.com/pertambangan-menggerakkan-kehidupan-modern-namun-merusak-lahan-dan-mencemari-air-ini-penjelasan-ahli-124752

V&CoJewelry. (2019, September 28). Mengenal Jenis Logam Lainnya : Perak. V & Co Jewelry. https://vncojewellery.com/artikel/mengenal-perak-2019-09-28/

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (2020, October 15). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/notyourbirthdayjewelry

Not Your Birthday Jewelry. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/not.your.birthday/

Pradipta, G. (2020, January 18). Anggota tim SAR gabungan mencari korban tanah longsor di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020) lalu. [Photograph]. INews.Id. https://www.inews.id/news/nasional/bnpb-temukan-tambang-emas-ilegal-di-taman-nasional-halimun-salak

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!