Bumijo, Produk Ramah Lingkungan Bantu Hijaukan Bumi

Perubahan zaman membawa banyak kerusakan lingkungan yang mengancam keberlangsungan hidup manusia, seperti banjir, polusi yang tinggi, pemanasan global, tanah longsor, dan lain-lain. Buktinya, coba lihat sekitar kita. Ada berapa banyak kendaraan bermotor di jalanan? Berapa banyak plastik yang kita gunakan? Berapa banyak sampah yang kita buang tiap harinya? Berapa banyak kerusakan alam yang terjadi sekarang ini? Jawabannya cuma satu, tidak terhitung. Kondisi bumi yang semakin parah inilah yang mendorong banyak individu, organisasi, dan instansi untuk mengambil aksi nyata pelestarian lingkungan. Di Indonesia, ada beberapa individu yang memutuskan untuk mengawali aksi tersebut dalam bentuk jasa maupun produk, seperti Bumijo. Bumijo merupakan salah produsen dan penjual asal Indonesia yang peduli akan kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar. Ia menjual produk ramah lingkungan yang menerapkan konsep zero waste dengan harapan dapat menekan produksi limbah di Indonesia. Akan tetapi, usaha Bumijo tidak berhenti disini saja. Ada banyak aksi yang ia lakukan demi keberlangsungan alam dan manusia. Bumijo tidak hanya menjual produk zero waste, tapi juga mengenalkan kebiasaan zero waste dan berdonasi untuk kegiatan pelestarian.

Ads

Apa Itu Bumijo?

Seperti yang tertulis sebelumnya, Bumijo adalah produsen dan penjual produk kebutuhan rumah yang ramah lingkungan. Setiap produk yang dijual oleh Bumijo menerapkan konsep zero waste yang dimana setiap produknya terbuat dari bahan non-plastik, minim plastik, atau tahan lama dan dikemas dalam kemasan yang ramah lingkungan, seperti kertas, cardboard box, dan kain. Selain menerapkan konsep zero waste, produk Bumijo tidak menggunakan bahan dasar kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Setiap produknya menggunakan bahan dasar alami yang aman digunakan manusia. Hal ini dikarenakan kesadarannya akan banyaknya produk rumah tangga yang menggunakan bahan kimia dan menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Sering kali, limbah dan bahan kimia tersebut merusak ekosistem, mengurangi jumlah air bersih, menimbulkan masalah kesehatan, dan mengancam keberadaan satwa yang ada di lingkungan sekitar pabrik maupun perumahan. Tentunya, semua hal ini harus dihentikan sebelum terlambat, terutama di Indonesia yang terdaftar sebagai produsen limbah laut terbesar kedua di dunia. Hal ini diperparah dengan kurangnya kesadaran pelestarian lingkungan di masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk yang dapat mengancam keberlangsungan lingkungan, serta kurangnya produk ramah lingkungan di Indonesia. Sadar akan realita menyedihkan ini, Bumijo memutuskan untuk mengambil aksi nyata dan mendorong masyarakat Indonesia beralih menggunakan produk yang ramah lingkungan dengan menyediakan dan mengenalkan produk rumah tangga yang ramah lingkungan kepada masyarakat melalui akun Instagramnya @bumijo.id.

Akun Instagram Bumijo
Akun Instagram Bumijo

Selain menyediakan berbagai produk rumah tangga yang ramah lingkungan, Bumijo juga menyebarkan informasi menarik mengenai kegiatan zero waste. Melalui akun Instagramnya, ia menyediakan informasi-informasi menarik mengenai kondisi lingkungan dan zero waste untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan dan mengajak masyarakat, terutama generasi muda selaku penerus bangsa dan penggerak perubahan, terlibat dalam upaya melestarikan alam. Informasi yang disediakan berupa kegiatan zero waste yang dapat dilakukan serta fakta-fakta penting akan bahaya kerusakan lingkungan dan plastik bagi keberlangsungan hidup manusia.

Bumijo juga ikut terlibat secara aktif dalam usaha pelestarian lingkungan yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui website LindungiHutan, sebuah platform penggalangan dana untuk penanaman dan perawatan lingkungan di Indonesia. Dalam melakukan aksi ini, Bumijo memutuskan untuk tidak melakukan kampanye alam apapun, melainkan ia memutuskan untuk mengambil sikap sebagai supporting campaign. Hal ini berarti Bumijo akan mendanai berbagai kampanye yang ada di LindungiHutan dan menyebarkan kesadaran melestarikan lingkungan. Dana yang diberikan berasal dari 5% profit penjualan produknya. 

Baca lainnya: Limbah Makanan: Dampak Bagi Lingkungan

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Apa Itu Zero Waste?

Gaya Hidup Zero Waste
Gaya Hidup Zero Waste

Seperti namanya, zero waste atau gerakan bebas sampah merupakan gerakan atau konsep untuk mengurangi sampah yang diproduksi oleh individu dan menghentikan penggunaan barang sekali pakai. Konsep ini muncul akibat semakin banyak masalah lingkungan yang ada di dunia dan kesadaran banyak individu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Mereka sadar akan banyaknya limbah yang dihasilkan manusia, tingginya tingkat polusi di dunia, minimnya aktivitas untuk melindungi lingkungan, dan semakin hilangnya ketersediaan sumber daya di alam. Kesadaran inilah yang mendorong banyak individu memutuskan untuk mengubah gaya hidupnya. Zero waste mengambil langkah untuk menolak penggunaan produk sekali pakai, seperti sedotan dan kemasan plastik, dan beralih menggunakan produk ramah lingkungan yang tahan lama. Semua ini dilakukan dengan harapan mengurangi pengambilan sumber daya yang terbatas di alam dan mengurangi jumlah sampah yang kian hari kian bertambah.

Kenapa Harus Mengubah Kebiasaan?

Sadar atau tidak, banyak aktivitas manusia yang telah merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, penggunaan bahan kimia dalam pembuatan berbagai produk, pembukaan lahan baru, penggunaan kendaraan bermotor, dan lain-lain. Semua kegiatan tersebut dapat merusak lingkungan dan mengancam keberlangsungan manusia dengan menciptakan kelangkaan sumber daya alam, seperti air, udara, lahan hijau, dan makanan. Hal ini semakin diperparah dengan tingginya akumulasi harian limbah pabrik dan individu. Akibatnya, terdapat perubahan iklim yang drastis atau global warming dan terjadinya berbagai bencana alam di seluruh penjuru dunia. Realita inilah yang mendorong banyak individu untuk mengubah kebiasaannya menjadi bebas sampah (zero waste). Gerakan ini dapat mendorong perubahan lingkungan dan kesehatan yang lebih baik.

Produk Zero Waste
Produk Zero Waste

Zero waste membawa perubahan lingkungan dengan mengurangi penggunaan produk sekali pakai dan meningkatkan penggunaan produk ramah lingkungan yang tahan lama. Gerakan ini mendorong individu untuk berpikir dua kali sebelum membeli sebuah produk, mendaur-ulang sampah, dan memaksimalkan penggunaan produk. Seluruh rangkaian gerakan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di laut dan TPA. Hal ini dikarenakan sampah yang tidak diolah dengan baik dapat menimbulkan gas metana yang berbahaya bagi atmosfer dan menyebabkan perubahan iklim yang drastis. Selain itu, plastik merupakan salah satu produk yang sangat sulit untuk diurai di alam bebas dan sering kali hancur membentuk mikroplastik yang berbahaya. Mikroplastik dapat dengan mudah diserap oleh manusia dan hewan melalui udara dan air. Hal ini tentunya akan mengancam kesehatan semua makhluk hidup. 

Berikutnya, zero waste dapat meningkatkan kesehatan manusia. Gerakan zero waste mendorong individu untuk mengurangi konsumsi makanan instan yang menggunakan berbagai bahan pengawet dan penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan. Seperti yang diketahui, bahan pengawet menggunakan berbagai bahan kimia yang seiring waktu dapat mengancam kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Pada saat yang sama, produk rumah tangga yang memakai bahan sintetis dapat meningkatkan sensitifitas kulit dan tubuh. 

Kedua hal diatas mendorong Bumijo untuk menyediakan dan menyebarkan informasi zero waste untuk keberlangsungan alam dan manusia. Ia berusaha mendorong masyarakat, terutama generasi muda, untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat merusak lingkungan. Pada saat yang sama, ia sadar bahwa hal ini masih belum cukup untuk memerangi kerusakan lingkungan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk berdonasi dan mendukung pelestarian lingkungan melalui LindungiHutan. Kita bisa menjadi seperti Bumijo dengan mengubah kebiasaan buruk dan turut serta melestarikan alam melalui kampanye alam. Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Penulis: Jeannette Sharon

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri

Referensi Literatur

Aqil, I. (2020, May 10). Ineffective recycling compounds Indonesia’s marine waste problem. The Jakarta Post. https://www.thejakartapost.com/news/2020/05/10/ineffective-recycling-compounds-indonesias-marine-waste-problem.html

Imran, M. (n.d.). Manfaat Zero Waste selain kepada lingkungan. Zero Waste. Retrieved March 2, 2021, from https://zerowaste.id/zero-waste-thoughts/manfaat-zero-waste-selain-kepada-lingkungan/

O’Conner, M. (2018, March 23). What Is Zero Waste Lifestyele? Center for EcoTechnology. https://www.centerforecotechnology.org/zero-waste-lifestyle/

Referensi Gambar

Bumijo. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/bumijo.id/

Dewanty, A. (2018, September 25). [Illustration]. SMP Saraswati Denpasar. https://www.smp-saraswati-dps.sch.id/read/27/zero-waste-lindungi-bumi-dari-sampah

Natural color eco bags, reusable metal and bamboo straws, glass jars, wooden knifes and forks, zero waste cleaning and beauty products, flat lay. (n.d.). [Photograph]. Avani. https://www.avanieco.com/zero-waste-what-is-it-and-how-do-we-start-a-zero-waste-lifestyle/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!