Bunga Azalea, Si Cantik yang Penuh Warna

Karakteristik

Halo, Sobat Alam! Yuk kenalan dengan bunga azalea! Bunga azalea adalah bunga cantik yang biasa tumbuh di wilayah yang beriklim sedang. Bunga azalea merupakan tanaman dari genus Rhododendron. Bunga azalea dikembangkan sebagai tanaman hias yang sangat popular loh, Sobat Alam. Pada habitat aslinya, bunga ini bisa tumbuh dengan baik di hutan dan daerah berawa. Warna dari bunga azalea sendiri tergolong banyak, tergantung dari jenisnya, seperti azalea jenis Rhododendron album yang berwarna putih, atau Rhododendron loerzingii yang berwarna hijau daun.

Ads
Bunga Azalea
Gambar 1 Bunga Azalea (Rhododendron simsii)

 

Biasanya bunga azalea yang digunakan untuk tanaman hias adalah jenis Rhododendron simsii yang berwarna merah mudah ataupun ungu. Jenis ini bisa tumbuh hingga setinggi 2 m tergantung dari perawatannya. Bunga azalea dapat dengan mudah gugur dalam waktu 1 minggu ketika bunganya sudah mekar, berbeda dengan tanaman hias lainnya. Untuk itu, jika Sobat Alam memelihara bunga ini, disarankan untuk selalu menjaga tingkat kelembapan dan sinar matahari untuk bunga ini.

 

Ciri-ciri

Selain memiliki corak warna yang banyak, bunga azalea juga memiliki ukuran daun yang berkisar dari 1-50 cm. Ada juga yang daunnya berukuran hingga 100 cm, yaitu jenis Rhododendron sinogrande, yang merupakan bunga azalea endemik dari dataran China. Bunga azalea memiliki bentuk pohon semak, dimana yang terkecil hanya berukuran 10-100 cm. Namun, Sobat Alam, nyatanya ada loh jenis azalea yang memiliki pohon berukuran hingga setinggi 30 m, dia adalah Rhododendron prostium var. gigantium, yang masuk kedalam daftar terancam punah oleh IUCN (Internasional Union for Conservation of Nature). Bunga azalea memiliki bentuk yang tidak berongga, biasanya terdapat dua bibir pada bunganya, dan juga sangat harum. Akar bunga ini sangat dangkal dan dapat hidup dengan baik di tanah asam yang subur di tempat yang teduh.

 

Persebaran

Sobat Alam, bunga azalea tersebar dari Amerika Utara hingga ke Asia Timur. Bunga ini mekar dari bulan Mei hingga Juni dan mekar lagi pada bulan Desember hingga Januari. Biasanya, jenis yang tumbuh di Amerika hanya mekar selama beberapa minggu lalu gugur hingga ke daun-daunnya. Berbeda dengan jenis azalea yang tumbuh di Asia yang daunnya akan terus berwarna hijau sepanjang tahun dan tidak ikut gugur dengan bunganya. 

Bunga Azalea
Gambar 2 Bunga Azalea (Rhododendron javanicum)

 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis bunga azalea yang tersebar dari Pulau Jawa sampai ke Pulau Sulawesi. Di Pulau Jawa ada bunga azalea jenis Rhododendron javanicum yang berwarna jingga. Bunga azalea jingga ini tumbuh dan mekar di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Bunga azalea ini merupakan bunga asli dari Jawa, Malaysia, dan Filipina. Lalu, ada juga Rhododendron album yang merupakan bunga azalea berwarna putih endemik Jawa Barat dan Jawa Tengah. Namun, bunga ini masuk kedalam daftar vulnerable oleh IUCN, karena rusaknya habitat aslinya. Ada juga Rhododendron loerzingii yang merupakan bunga azalea endemik Pulau Jawa, dan bisa ditemukan di Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Sumbing. Bunga ini juga masuk kedalam daftar vulnerable oleh IUCN. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Bunga Azalea 2 – Wanaswara
Gambar 3 Bunga Azalea putih (Rhododendron album)

 

Namun, yang paling parah hingga masuk kedalam daftar critically endangered oleh IUCN adalah Rhododendron wilhemniae yang merupakan bunga azalea yang hanya bisa ditemukan di Gunung Salak, Jawa Barat.

Bunga Azalea 4 – Wanaswara
Gambar 4 Bunga Azalea (Rhododendron renschianum)

 

Di Nusa Tenggara Timur, tepatnya ada di Taman Nasional Kelimutu. Terdapat bunga azalea endemik yaitu Rhododendron renschiarum atau nama lain yang diberikan warga setempat yaitu Turuwara. Beralih ke Pulau Sulawesi, kita dapat menemukan bunga azalea jenis Rhododendron rhodopus, yang biasanya ditemukan di Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Tengah, kita dapat menemukan Rhododendron radians dan juga Rhododendron seranicum.

Nah! Sobat Alam, Bagaimana bunga azalea? Sangat cantik bukan? Emang sih, bunga azalea itu tanaman hias, tetapi ada juga kan yang sudah masuk ke dalam daftar yang dilindungi seperti yang Sobat Alam baca diatas. Jadi, jika Sobat Alam menemukan salah satu jenis bunga azalea yang dilindungi, jangan sampai dipetik ya! Kita harus menjaga kelestarian dari jenis tersebut agar terhindar dari kepunahan! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Penulis: Raihan Nazerra

 

Referensi Literatur: 

Britannica, The Editors of Encyclopaedia. 2021. Azalea. Diakses pada 25 Maret, 2021. Di https://www.britannica.com/plant/azalea

Putra, Yudha Manggala P. 2016. LIPI Identifikasi Bunga Rhododendron di Gunung Patah. Diakses pada 25 Maret, 2021. Di https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/04/27/o6acvn284-lipi-identifikasi-bunga-rhododendron-di-gunung-patah

Sam. 2019. Ciri Ciri Pohon Bunga Azalea / Rhododendron Di Alam Liar. Diakses pada 25 Maret, 2021. Di https://www.ciriciripohon.com/2019/12/ciri-ciri-pohon-bunga-azalea-di-alam-liar.html

 

Referensi Gambar:

Gambar 1: https://www.britannica.com/plant/azalea#ref347092

Gambar 2: http://www.merbabu.com/flora/rhododendron.php

Gambar 3: https://www.vdberk.com/trees/rhododendron-catawbiense-album/

Gambar 4: http://www.rhododendron-azalee.fr/classification/fiches/renschianum.shtml

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdplanting, penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga lingkungan dan alam.

Yuk!, bergabung dan jadi pioneer penghijauan!