Bunga Kadupul: Bunga Termahal Sedunia

Epiphyllum oxypetalum, Bunga Dengan Harum yang “Memabukkan”

Taksonomi

Sering dijuluki Bunga dari Surga (Flower from the Heaven), Ratu Malam (Queen of the Night) atau pipa Dutchman (Dutchman’s pipe), bunga ini tergolong ke dalam golongan kaktus, dan merupakan salah satu jenis dari golongan tersebut yang paling banyak dibudidayakan. Berikut adalah urutan taksonomi dari Bunga Kadupul:

Ads

Kerajaan : Plantae

Filum : Angiosperma

Kelas : Eudicotyledon

Ordo : Caryophyllales

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Famili : Cactaceae

Subfamili : Cactoideae

Genera : Epiphyllum

Spesies : Epiphyllum oxypetalum

Bunga Kadupul
Epiphyllum oxypetalum  © arenaflowers.co.in

 

Fakta Paling Menarik Seputar Bunga Kadupul

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, jenis bunga ini berhasil menduduki peringkat nomor satu termahal di dunia. Bunga ini bahkan terkadang tergolong “tidak ternilai” oleh karena cirinya yang sangat istimewa dalam beragam segi. Bunga yang paling sering ditemukan di Sri Lanka ini sangatlah langka dan harus dipelihara dengan perhatian yang lebih. Lantas, mengapa begitu?

 

bunga Kadupul
Kuncup Kadupul  © mimimatelot

 

  • Bunga Kadupul hanya mekar setahun sekali 

Tidak seperti tumbuhan angiosperma lainnya yang sering membuahkan kembang, tumbuhan Kadupul hanya mekar sekali dalam waktu setahun. Hal ini pun hanya terjadi pada malam bulan purnama. Maka dari itu, sebagian menganggap bahwa jika seseorang dapat melihat bunga ini mekar, maka mereka adalah manusia yang sangat beruntung!

 

  • Mekar di tengah malam, layu sebelum fajar

Uniknya lagi, bunga ini tidak bertahan mekar untuk lama. Bunga Kadupul hanya mekar di malam hari, cenderung mulai mekar antara pukul 22.00 hingga 23.00, dan akan layu sebelum fajar seakan memiliki sistem jam tersendiri. Proses pemekaran ini pun dapat berlangsung selama sekitar 2 jam. Karena akarnya yang menyerupai kaktus, setiap Bunga Kadupul memiliki jangka usia yang sangat pendek dan hanya mampu bertahan dari malam hari hingga fajar.

 

  • Memiliki harum yang “memabukkan”

Sewaktu semua kuncup memekar, Bunga Kadupul akan mengeluarkan keharuman yang indah dan menenangkan, atau yang sering juga dianggap “memabukkan”. Keharuman Bunga Kadupul memang sering dipuja di seluruh pelosok dunia karena kualitasnya yang menenangkan. Sayangnya, satu-satunya cara untuk menikmati aroma indah bunga ini tanpa harus menyaksikan proses mekarnya adalah dengan membeli sebotol parfum dengan bau yang terinspirasi dari Bunga Kadupul ini sendiri. Namun, mungkin saja anda akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan proses mekarnya bunga tersebut untuk mengalaminya langsung. Kesempatan inilah yang sering dijuluki midnight miracle.

 

  • Tidak bisa dipetik

Bahkan untuk memetiknya saja tidak mungkin! Mustahil untuk memetik bunga ini tanpa harus merusaknya. Hal tersebut pun membuat bunga ini benar-benar tak ternilai harganya! Itulah sebabnya bunga tersebut merupakan bunga termahal di dunia, karena bunga ini tidak bisa dibeli bahkan oleh uang dan harta.

 

Ciri dan Jenis Bunga Kadupul

Bunga Kadupul memiliki bentuk yang menyerupai laba-laba atau bintang. Bunganya sendiri memiliki dua aspek warna, yaitu warna putih dan kuning yang tidak mencolok, serta tinggi yang dapat mencapai 30 sentimeter. Secara keseluruhan, satu semak dapat menghasilkan 100 Bunga Kadupul yang penuh dengan keindahan. Walau selalu diidentikkan dengan negara asalnya, Sri Lanka, bunga ini ternyata juga dapat ditemukan di beberapa negara lain seperti negara tetangga Sri Lanka, India, ataupun daerah yang memiliki letak geografis yang lebih jauh seperti Amerika Selatan. 

 

Di Sri Lanka sendiri, terdapat dua spesies Bunga kadupul: Epiphyllum hookeri dan Epiphyllum oxypetalum. Epiphyllum hookeri memiliki serangkaian kelopak tipis dengan daun yang memiliki panjang dua meter. Pada sisi lain, Epiphyllum oxypetalum memiliki kelopak lebih lebar berukuran antara 30 dan 40 sentimeter. Secara alami, tumbuhan ini biasanya ditemukan di landasan hutan hujan tropis. Namun, seiring berjalannya waktu, Kadupul memperoleh sebuah ketenaran sehingga bunga tersebut pun banyak ditanam di beberapa taman hias yang tersebar di berbagai belahan dunia.

 

bunga kadupul
Warna dan Bentuk Unik Bunga Kadupul © imgur.com

 

Epiphyllum hookeri Hookers Orchid Cactus3 – Wanaswara
Epiphyllum hookeri © worldofsucculents.com

 

Cara Membudidayakan dan Menjaga Bunga Kadupul 

Tanaman ini memiliki tahap-tahap dan cara-cara membudidaya yang sungguh bervariasi. 

Namun, cara yang paling umum yaitu dengan terlebih dahulu memotong beberapa daun dewasa sepanjang 10-15 cm dari tumbuhan Kadupul dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering lalu biarkan mengering selama beberapa hari hingga membentuk kapalan. Inilah yang akan membantu dalam melindungi stek dari pembusukan saat ditanam. Biasanya terdapat juga hormon rooting yang digunakkan untuk membantu mempercepat proses rooting dan propagasi. Pot yang berukuran pas dan memiliki drainase yang baik juga sangatlah dianjurkan untuk penanaman tumbuhan yang satu ini, lho! Ujung potongan stek yang telah diperoleh akan selanjutnya di tanam ke tanah dan diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Stek pun akan disirami secara rutin, yaitu seminggu sekali atau setiap kali tanah terasa kering. Sampai akar sudah terbentuk, tanaman baru tersebut akan dipindahkan ke daerah yang lebih terang, tetapi masih tanpa sinar matahari langsung untuk mencegah pengeringan tanaman.

 

IMG 2854 fmt – Wanaswara
Mekarnya Bunga Kadupul  © serendib

 

Untuk menjaganya agar tetap hidup dan bertumbuh dengan sehat, berikut adalah faktor-faktor perawatan yang harus diperhatikan dan diawasi.

 

  • Lokasi Penanaman

Karena sifat tanaman ini yang sudah terbiasa hidup di lingkungan yang memiliki kadar kelembaban yang cukup tinggi, tepatnya pada ekosistem hutan hujan, faktor lokasi sangatlah penting dalam membantu pertumbuhan dan adaptasi tumbuhan. Untungnya, walaupun Bunga Kadupul merupakan tanaman yang sensitif, tumbuhan tersebut masih sanggup beradaptasi ke penanaman indoor maupun outdoor, asalkan ia mendapatkan jumlah paparan cahaya matahari yang sesuai. 

1. Paparan Cahaya Indoor

Pada penanaman indoor, tanaman ini biasanya diletakkan di area yang terang, tetapi tidak menerima paparan cahaya sinar matahari langsung karena hal itu dapat mengeringkan tanaman. Daerah dekat jendela yang menghadap ke selatan akan menjadi lokasi yang tepat dan ideal untuk jenis kaktus ini. Jendela yang menghadap ke selatan akan memungkinkan tumbuhan ini untuk mendapatkan sekitar 6 jam sinar matahari tidak langsung yang dibutuhkan.

maxresdefault 2 – Wanaswara
Penanaman Outdoor  © serenataflowers.com

 

2. Paparan Cahaya Outdoor

Penanaman outdoor, malahan, bisa menjadi sebuah hal yang rumit untuk dikelola, terutama jika ditanam ke tanah secara langsung. Maka dari itu, selalu dianjurkan untuk tanaman tersebut dibudidayakan di dalam sebuah pot yang berukuran pas dan memiliki sistem drainase yang lancar. Dengan cara ini, yang perlu dilakukan hanyalah untuk memindahkannya ke lokasi yang memiliki sinar matahari tidak langsung, yang juga tidak mencapai suhu 38 ℃. 

 

Jika tidak ingin menggunakan pot, area outdoor terbaik untuk menanam jenis kaktus ini di tanah adalah di bawah kanopi pohon atau di bawah area taman yang teduh. Ini akan memenuhi kebutuhan sinar matahari yang diperlukan tanaman ini, tetapi juga tidak melanggar larangan sinar matahari langsung. 

 

  • Ketentuan Tanah dan Penyiraman Tanaman

Tanah tanaman ini tidak boleh dibiarkan mengering karena dapat merusak tanaman dan mencegah akarnya berkembang. Tidak seperti kaktus gurun, tanaman ini perlu mempertahankan sedikit kelembaban di tanah dan tidak akan bertahan di tanah yang kering untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, tanaman ini perlu disiram walau tanah belum menginjak titik “kering”. Pada lokasi geografis yang bercuaca panas seperti Indonesia sendiri, barangkali tumbuhan ini akan memerlukan penyiraman sebanyak 1-2 kali per minggunya untuk mempertahankan kelembaban pada tanah. 

  • Perawatan Suhu Dingin

Meski dikategorikan sebagai bagian dari keluarga kaktus, tumbuhan ini tidak terbiasa dengan cuaca ekstrim. Bunga Kadupul lebih dikenal sebagai sebuah tanaman tropis yang lebih terbiasa dengan suhu lingkungan sekitar yang berada di antara 10 dan 32℃. Pada lokasi yang memiliki cuaca yang lebih dingin, atau wilayah empat musim, akan jauh lebih dianjurkan apabila tanaman ini disimpan di dalam rumah dengan suhu yang terkendali. Suhu di bawah 1.7℃ dapat membahayakan tanaman ini. Karena ini, walaupun tanaman diletakkan di dalam pot yang bisa dipindahkan ke dalam rumah, pemilihan lokasi penempatan harus tetap dipertimbangkan. Tanaman harus dipastikan berada jauh dari jendela berangin yang dapat bersifat terlalu ekstrim untuk tanaman. Lantas, kapan seharusnya dipindahkan? Jika suhu di luar sudah turun menjadi 4.5℃, alangkah baiknya jika tanaman tersebut dibawa masuk ke dalam rumah.

 

Penulis: Angeline Lee

 

Referensi Literatur

Calyx, L. (2019, July 11). Kadupul flower – the most Expensive flower in the world. Retrieved February 22, 2021, from https://www.serenataflowers.com/pollennation/kadupul-flower-expensive-flower-world/ 

Epiphyllum Oxypetalum. (2021, February 22). Retrieved February 22, 2021, from https://en.wikipedia.org/wiki/Epiphyllum_oxypetalum 

Slim, J. (2021, January 16). Epiphyllum Oxypetalum ‘Queen of the Night’ CARE GUIDE. Retrieved February 22, 2021, from https://succulentplantcare.com/epiphyllum-oxypetalum-queen-of-the-night-care-guide/ 

World’s most expensive flowers. (2016, February 29). Retrieved February 22, 2021, from https://www.interflora.com.au/blog/post/worlds-most-expensive-flowers 

 

Referensi Gambar

  1. Epiphyllum oxypetalum:

Kadupul Flowers Meaning & Facts, Kadupul Flowers Blooming 

  1. Kuncup Kadupul:

Let’s keep it wild.: Epiphyllum

  1. Warna dan Bentuk Unik Bunga Kadupul:

The Kadupul Flower, one of the most priceless flowers in the world – Imgur

  1. Epiphyllum hookeri:

Epiphyllum hookeri (Hooker’s Orchid Cactus) | World of Succulents

  1. Mekarnya Bunga Kadupul

kadupul Flower

  1. Penanaman Outdoor:

Kadupul Flower – The Most Expensive Flower in the World

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan demi menjaga keberadaan Bunga Kadupul.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!