Bunga Matahari, Bunga Penghasil Kuaci

Bunga matahari merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Utara dan Amerika Tengah. Bunga ini tumbuh secara liar di Amerika Serikat. Bunga ini secara luas dibudidayakan di Eropa dan Rusia. Dalam sejarah, bunga ini pertama kali dibudidayakan oleh suku Indian di Amerika Utara yang tersebar ke Amerika Selatan. Pada abad ke-17 biji dari bunga ini digunakan sebagai pengganti kopi dan coklat serta dijadikan tambahan roti. 

Ads

Tanaman ini merupakan heliotropisme atau bunga yang menghadap ke arah matahari sehingga dinamai sebagai bunga matahari atau dikenal juga sebagai Sunflower. Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman penghasil minyak dan tanaman hias. Di Indonesia sendiri, biji dari bunga ini dimanfaatkan menjadi makanan ringan yaitu kuaci. Yuk simak artikel berikut untuk mengenal Bunga Matahari.

Gambar 1. Bunga Matahari
Gambar 1. Bunga Matahari

Taksonomi Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki sistem klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Asterales

Famili : Asteraceae

Genus : Helianthus

Spesies : Helianthus annuus L.

Morfologi Bunga Matahari

  • Akar

Bunga ini memiliki akar tunggang yang bertekstur halus dan lebat. Akarnya dapat tumbuh ke dalam tanah hingga 4 meter. Diameter akarnya sendiri termasuk kecil dan dapat tumbuh secara vertikal maupun horizontal. Meskipun diameternya kecil, sistem perakarannya sangat kuat.

  • Batang

Batang dari bunga ini tidak tumbuh terlalu tinggi karena termasuk tanaman perdu yaitu jenis tanaman yang tingginya tidak lebih dari 5-6 meter dan sangat dekat dengan permukaan tanah. Batangnya memiliki bulu-bulu halus dan pertumbuhannya cenderung mengikuti arah cahaya matahari sehingga bentuknya bengkok. Percabangan pada batangnya sulit ditemukan bahkan tidak ada. Umumnya batangnya ini tumbuh mencapai 3-5 meter.  

  • Daun

Daun bunga ini berwarna hijau dan merupakan daun tunggal. Daunnya tersebut tumbuh di pokok batang dan memiliki tangkai penghubung. Bentuknya menyerupai jantung dan berukuran sepanjang 15 x 12 cm.

Gambar 2.  Bunga Matahari
Gambar 2.  Bunga Matahari
  • Bunga

Bagian yang paling indah dari tanaman ini adalah bunganya. Bunga majemuk dengan puluhan kelopak bunga yang besar berwarna kuning terang. Kelopak bunga yang berukuran kecil terdapat di bagian tengah bunga tersebut berwarna coklat dengan jumlahnya mencapai ribuan. Diameternya dapat mencapai 30 cm dengan bentuk lingkaran. Bunganya sendiri terbagi menjadi bagian yaitu bunga tepi dan bunga tabung. Bunga tepi merupakan bunga yang terletak di bagian luar yang berwarna kuning terang sedangkan bunga tabung merupakan bunga yang berwarna coklat dan berfungsi untuk fertilisasi.

  • Buah

Tanaman ini memiliki buah kurung atau achenium yakni buah yang memiliki dinding tipis namun tidak menempel kuat dengan bijinya. Buah ini termasuk buah kering sederhana yang bersifat monokarpelat dan indehisen. 

Gambar 3. Biji Bunga Matahari
Gambar 3. Biji Bunga Matahari
  • Biji

Biji bunga ini memiliki warna abu-abu kehitaman kadang dengan corak putih. Bijinya ini bertekstur keras juga licin dan berbentuk pipih memanjang dengan ujung mengerucut. Bagian dalam bijinya yang jika masih mentah berwarna putih dapat dikonsumsi. Bijinya terdapat di bulatan hitam bagian tengah bunga.

Habitat

Dalam sejarah, bunga ini berasal dari wilayah suku Indian. Wilayah tersebut merupakan daerah yang subur dan hangat. Sesuai dengan sifatnya yang heliotropis, bunga ini akan tumbuh dengan baik di daerah yang cerah dan terpapar sinar matahari. Iklim yang paling cocok adalah iklim subtropis maupun tropis.

Tumbuhan ini akan tumbuh dengan maksimal di atas ketinggian 1.500 mdpl dengan suhu 22-30°C. Curah hujan yang cocok adalah sekitar 672,4 mm/musim. Tanah yang cocok ditumbuhi bunga matahari adalah tanah dengan pH 6.5-7.6 dengan cahaya matahari penuh. Dengan begitu, tanaman bunga ini dapat tumbuh dengan baik dan relatif cepat.

Di Eropa, tanaman ini hanya akan bersemi diantara musim semi hingga musim gugur. Pada saat musim salju, bunga ini akan membeku dan mati. Sedangkan di Amerika, tumbuhan ini dapat hidup secara liar terutama di daerah Amerika Utara yang sangat tropis. 

Gambar 4. Taman Bunga Matahari di Hokkaido, Jepang
Gambar 4. Taman Bunga Matahari di Hokkaido, Jepang

Jepang mempercayai bunga matahari sebagai penetralisir radiasi nuklir sehingga pasca Perang Dunia II pemerintah dan masyarakat setempat menanam bunga ini. Hal tersebut menjadi faktor utama mengapa di Jepang banyak sekali taman dan kebun yang ditumbuhi bunga penghasil kuaci ini. Tak jarang setiap tahun di Jepang pasti diadakan festival bunga matahari.

Sejak abad ke-18, Italia sudah membudidayakan bunga matahari di Tuscany. Thailand membudidayakannya di Hatyai Songkhla seluas 300 meter. Ayer Tawar di Malaysia dan Transit Hall Bandara Changi di Singapura juga membudidayakan bunga matahari.

Secara umum, di Indonesia sendiri tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman hias di:

  • Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang
  • Taman Bunga Cangkringan Sleman
  • Taman Bunga Wiladatika Cibubur
  • Taman Bunga Nusantara Cianjur
  • Taman Tjong Yong Hian Medan
  • Taman Bunga Selecta Malang
  • Taman Begonia Lembang
  • Kebun Bunga Sekar Lawu Ngargoyoso Karanganyar
  • Kebun Bunga Samigaluh Kulon Progo
  • Kebun Bunga Watu Goyang Dlingo
  • Kebun Bunga Matahari Kediri
  • Kebun Bunga Samas Bantul
  • Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Sky Garden Paris Van Java Bandung
  • Bukit Bougenville Tawangmangu
  • Karangmalang Sragen
  • Megastar Kota Batu

Budidaya

Gambar 5. Penyerbukan oleh Lebah
Gambar 5. Penyerbukan oleh Lebah

Secara alami penyerbukan bunga penghasil kuaci ini sering dibantu oleh serangga. Terutama kupu-kupu dan lebah dengan menghisap nektar bunga ini dan serbuk sarinya menempel di kakinya. Kemudian serangga tersebut akan mendekati bunga lainnya dan serbuk sari yang menempel akan menyebar. Meskipun begitu, penyerbukan bunga ini dapat dilakukan juga oleh manusia dengan cara menggosokkan dua kuntum bunga agar serbuk sarinya bertemu dan saling bertukar.

Sebelum mulai melakukan penanaman sebaiknya lakukan dulu pengujian bibit bunga matahari dengan cara merendam bibit di dalam air bersih selama 5-10 menit. Jika bibitnya tetap berada di bagian bawah maka kualitas bibit tersebut sangat baik. 

Setelah menyiapkan bibit, siapkan lahan penanaman dengan drainase air yang baik dan terpapar sinar matahari. Buat lubang dengan kedalaman 2,5 cm pada tanah tersebut dan tambahkan kompos secukupnya. Jarak antar bunga sekitar 45 cm untuk bunga yang berukuran besar dan 30 cm untuk bunga yang berukuran kecil. Masukkan beberapa benih dalam satu lubang kemudian tutup lubang tersebut dengan tanah dan berikan pupuk organik. Selalu siram lubang tersebut dengan takaran air yang cukup agar benih tidak membusuk.

Dalam melakukan perawatannya, hanya diperlukan untuk menyiram secukupnya secara periodik dan mencegah adanya gulma. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelembaban tanahnya. Bisa memberikan fungisida apabila tanaman bunga matahari terserang hama.

Manfaat dari Bunga Matahari

Meskipun dikenal luas sebagai tanaman hias, bunga ini memiliki sejumlah manfaat lainnya yaitu sebagai berikut.

Tanaman Hias. Dengan karakteristik bunganya yang indah, bunga matahari memiliki daya tarik tinggi sebagai tanaman hias. Tak jarang di tempat pembudidayaannya seringkali dijadikan sebagai taman wisata.

Gambar 6. Kuaci
Gambar 6. Kuaci

Camilan Kuaci. Bunga ini sering dijadikan snack atau makanan ringan kuaci sehingga bunga matahari memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Gambar 7. Minyak Bunga Matahari
Gambar 7. Minyak Bunga Matahari

Minyak Nabati. Minyak ini berasal dari biji bunga matahari. Minyak ini berguna untuk merawat kulit karena kaya akan antioksidan dan vitamin E. Selain itu, minyak ini kaya akan omega 6 dan anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengatasi kutu air, merawat kesehatan rambut, menyembuhkan luka, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Pupuk dan Pakan Ternak. Daun dari bunga matahari yang sudah dipotong atau sudah tidak dibutuhkan dapat dijadikan sebagai pupuk ataupun pakan ternak.

Obat-obatan. Memiliki fungsi yang tak jauh beda dari minyak nabati, biji bunga ini dapat dijadikan sebagai bahan baku obat-obatan yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan sistem saraf, mengobati nyeri menstruasi dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

 

Penulis: Fitri Nurul Falah

 

Referensi Literatur

Dewi, P. A. (2019). Evaluasi Potensi Dan Karakterisasi 20 Genotipe Tanaman Bunga Matahari (Helianthus Annuus L.) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Mursito, B., & Prihantoro, I. H. (2002). Tanaman hias berkhasiat obat. Penebar Swadaya Grup. Halaman 10-11 diakses dari https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=In6CCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tanaman+bunga+matahari&ots=4HZfwobP9x&sig=5ITvmTyMi5gSLec9BT1PkpfoDik&redir_esc=y#v=onepage&q=tanaman%20bunga%20matahari&f=false 

Surbakti, M. B. (2015). Penentuan kualitas dan komposisi minyak hasil ekstraksi dari biji bunga matahari yang tumbuh di daerah Pancurbatu Kabupaten Deliserdang. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 16(3).

 

Referensi Gambar

https://images.ctfassets.net/zma7thmmcinb/2f2KpbZJciopldZ0llHDde/72acb5036a45a193ea333192d8609113/7-sunflower-varieties-for-your-garden-pv.jpg 

https://www.charlotteflowermarket.com/product/sunflower-large/ 

https://www.gazettes.com/entertainment/dining/cooking-with-style-the-mighty-sunflower-seed/article_79df8a98-3580-11ea-b5ff-a38a8bc33509.html 

https://jw-webmagazine.com/7-best-sunflower-fields-in-japan-7bbf78f36113/ 

https://images.fineartamerica.com/images-medium-large/sunflowers-and-bees-karen-martin-brown.jpg 

https://stamboulbazaar.com/image/cache/catalog/Product/kuruyemis/turkish-sunflower-seeds-salty-700x700w.jpg 

https://5.imimg.com/data5/TU/SX/MY-40328909/sunflower-oil-500×500.jpg 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!