Bunga Telang, Tanaman Hias yang Menyehatkan

Gambar 1. Bunga Telang
Gambar 1. Bunga Telang

Sahabat, pasti pernah melihat bunga satu ini. Tidak begitu asing, bukan? Yup, ini adalah Bunga Telang sangat asing jika mendengar dari namanya saja. Bunga yang cantik ini biasanya ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Bagi seseorang yang menyukai tanaman hias pasti sangat mengenal tumbuhan yang satu ini. Yuk, kita simak lebih jauh mengenai Bunga telang!

Ads

Taksonomi

Nama Umum :

Indonesia : Kembang Telang

Inggris : Butterfly Pea

Klasifikasi : 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kingdom : Plantae (tumbuhan) 

Sub kingdom : Tracheobionta ( tumbuhan Bberpembuluh)

Super Divis : Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas : Rosidae 

Ordo : Fabales

Famili : Fabaceae ( suku polong-polongan) 

Genus : Clitoria

Spesies : Clitoria  ternatea

Ciri-Ciri Morfologi

Gambar 2. Bunga Telang
Gambar 2. Bunga Telang

Bunga Telang merupakan tumbuhan monokotil dan ada tiga warna bunga yang berbeda yaitu warna biru, putih dan coklat. Berkelamin dua (Hermaphroditus) yang berarti memiliki benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina) membuat bunga ini dikatakan sebagai tumbuhan yang sempurna dan lengkap. Namun, untuk bagian daun hanya terdapat bagian tangkai daun (Petiolus) dan helai daun (Lamina) saja. Untuk bagian akar yang berwarna putih kotor dan termasuk akar tunggang. Terdapat beberapa bagian dari akar tumbuhan bunga telang terdiri dari leher akar, batang akar atau akar utama, ujung akar, dan serabut akar. Berbentuk seperti ginjal kemudian akan berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi warna hitam saat sudah tua merupakan ciri-ciri biji bunga telang.  

Habitat dan Sebaran

Bunga Telang (Clitoria ternatea) ini aslinya berasal dari Amerika Selatan bagian tengah yang menyebar ke daerah tropik sejak abad 19, terutama ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bunga ini juga menyebar dan berkembang di Afrika dan Australia. Terdapat sebuah jurnal yang menuliskan adanya kemungkinan tumbuhan inin berasal dari Kawasan di Samudera Hindia, bukan Samudera Pasifik atau Laut China Selatan. 

Bunga ini memiliki keunikan yaitu kerap ditemukan di pekarangan rumah maupun di tepi hutan. Usia tumbuhan merambat ini bisa sampai 20 tahun lamanya. Tumbuhan ini dapat berkembang dengan cepat yang dapat tumbuh setinggi sekitar 2.5 meter. Tumbuhan ini juga dapat beradaptasi dengan segala jenis tanah, dari tanah berpasir hingga tanah liat dan tanah berkapur. Tumbuhan ini cukup toleran terhadap salinitas. 

Manfaat Bunga Telang 

Gambar 3. Minuman Dari Bunga Telang 
Gambar 3. Minuman Dari Bunga Telang

Sejauh ini, hanya beberapa masyarakat lokal di negara asal bunga ini tumbuh seperti Indonesia, yang menggunakan bunga ini untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya kelopak bunga ini digunakan sebagai pewarna makanan alami dan ada yang dijadikan obat herbal. Terdapat manfaat lain dari bunga telang di antaranya:

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Kesehatan otak yang baik bergantung pada tingkat komunikasi otak. Di dalam bunga telang terdapat kandungan Acetylcholine, jika dikonsumsi dapat membantu meningkatkan level Acetylcholine di dalam otak. Kekurangan Acetylcholine yang berhubungan dengan usia dapat menyebabkan kehilangan ingatan dan masalah lainya. Mengkonsumsi bunga ini dapat terhindar dari masalah tersebut dan meningkatkan kemampuan berfikir.

  • Solusi Wanita Saat Haid

Beberapa wanita mungkin sudah ada yang mengetahui manfaat bunga ini untuk membantu saat haid datang. Saat period datang wanita kerap merasa lelah, kemudia hormon yang tidak stabil mengakibatkan mudah marah dan suasana hati yang buruk. Bunga telah dapat membantu mengatur kadar hormon dan kortisol, menjaga suasana hati dan tingkat energi menjadi lebih baik. 

  • Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Sistem saraf memiliki peran penting dalam metabolisme seluruh tubuh dan bunga ini memiliki kandungan yang bagus untuk menjaga fungsi sistem saraf. terdapat kandungan antosianin yang dibuktikan dari warna biru bunga telang. Antosianin ini merupakan zat yang bersifat antioksidan dan merupakan senyawa fungsional sumber antioksidan yang dapat membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan mutasi sel yang dapat menimbulkan salah satunya gangguan sel saraf, oleh sebab itu kandungan ini dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi. 

  • Dapat Mengobati Asma Secara Alami

Adanya reaksi alergi dapat menjadi pemicu asma. Namun, beberapa penelitian telah menunjukan keefektifan bunga telang dalam mengatasi kondisi ini. Terdapat kandungan antioksidan dan antiasthmatik yang dipercaya dapat mengatasi asma.                 

  • Obat Alami untuk Diabetes

Salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa dari bunga ini adalah dapat mengontrol penyerapan gula darah sehingga dapat membantu dalam mengontrol penyerapan gula darah pada pasien diabetes. 

  •  Membantu Konjungtifitas

Konjungtifitas merupakan adanya infeksi atau inflamasi mata. Akar dari bunga telang dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit mata terutama di Asia. Bagian kelopak bunga ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata atau biasa yang disebut mata merah muda. 

  • Bagus untuk Sistem Pencernaan

Terdapat sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya, bunga ini dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan termasuk keracunan makanan. Namun, perawatan lebih lanjut dari pihak yang profesional masih diperlukan. 

  • Berperan Meringankan Depresi

Depresi bukanlah hal yang mudah diatasi, tetapi bunga ini dapat membantu mengurangi kondisi buruk yang dialami. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa hasil ekstrak bunga telang ditemukan senyawa asam linolenat dan asam palmitat, yang diketahui dapat meringankan gangguan mental seperti depresi.  

  • Pengobatan Rumah untuk Sakit Kepala

Jika memiliki masalah dengan sakit kepala, tetapi memiliki keinginan untuk tidak mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, bunga telang bisa menjadi salah satu solusinya. Bunga ini dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk sakit kepala.

  • Rambut Rontok

Dalam pengobatan tradisional di Thailand, bunga ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati kebotakan pada pria dan uban premature. Bahan utama yang terkandung di dalam bunga telang yang dipercaya dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan mempertahankan serta memperkuat folikel rambut adalah Antosianin

Tidak hanya digunakan untuk kesehatan, bunga ini biasa digunakan untuk keperluan kuliner. Beberapa negara Asia menggunakan bunga ini sebagai pewarna makanan alami untuk roti ataupun puding. Terdapat jajanan ringan di Thailand, bunga telang pada gorengan dengan balutan tepung. 

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah 

 

Referensi Literatur

Healthbenefitstime.com (2020). Facts about Butterfly Pea (Clitoria ternatea). Retrieved Frebruari 11, 2021, from https://www.healthbenefitstimes.com/butterfly-pea/ 

Handini.(2019). Pengaruh Lama Pengeringan dan Penambahan Bunga Telang Terhadap Warna, Sifat Kimia dan Tingkat Kesukaan Wedang Uwuh.

 

Referensi gambar

https://images.app.goo.gl/QzoCHeoerFth848S9

https://images.app.goo.gl/uUiYnS2i28wK6UEDA

https://images.app.goo.gl/aVuQ9cDhnyiADvgg8

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu! 

Enable Notifications    Ok No thanks