Burung Gagak, Hewan yang identik dengan Kematian

burung gagak sering dikaitkan dengan hal-hal menyeramkan seperti hantu dan kematian. hal ini dikarenakan burung gagak memiliki warna hitam mengkilap dan bersikap aneh ketika menemukan rekan spesiesnya yang telah meninggal. burung ini biasanya akan menyalak dengan berisik untuk memberitahu gagak-gagak lainnya yang masih hidup tentang kematian tersebut. pada perang dunia II sekelompok gagak akan berkumpul untuk memakan bangkai-bangkai perwira yang gugur di medan perang.

Ads

Taksonomi

dilansir dari wikipedia, burung gagak memiliki taksonomi yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

Nama Ilmiah: Corvus

Ordo: Passeriformes

Famili: Corvidae

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas: Aves

Filum: Chordata

Lama Hidup:  Gagak: 10 – 15 tahun, Gagak Australia: 22 tahun, Gagak Amerika: 7 – 8 tahun

 

Morfologi

Gambar 1. Burung Gagak
Gambar 1. Burung Gagak

Burung gagak termasuk dalam keluarga Corvidae yaitu satu diantara anggota burung pengicau (Passeriformes). Burung hitam ini dikenal luas dengan kecerdasan dan kemampuan adaptasinya. Meski begitu, burung ini menjadi ancaman bagi hasil panen para petani. Bulu burung ini biasanya berwarna hitam dengan ukuran yang beragam. Berat burung ini rata-rata bisa mencapai 377-1.600 gram. Sedangkan panjang tubuhnya dapat mencapai 35 hingga 51 cm. akan tetapi, untuk jenis gagak besar ukuran tubuhnya bisa mencapi 67 cm. Burung ini bisa dijumpai di negara yang beriklim tropis hingga sedang. Habitat yang menjadi tempat burung ini tinggal adalah pinggiran pantai hingga ketinggian ± 1000 mdpl, di tepi hutan, dan pertanian. Hal ini dikarenakan burung ini memakan buah-buahan dan serangga kecil. Selain itu, burung hitam ini juga memakan bangkai seperti tikus, kepiting dan tupai.

Burung ini hidup menyendiri tetapi mereka sering mencari makan dengan berkelompok. Burung satu ini adalah hewan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Mereka dapat mengajari gagak lain untuk mengidentifikasi manusia yang telah berbuat kejam. Hal ini dibuktikan oleh ilmuwan bahwa seekor burung gagak tidak melupakan wajah. Ketika seekor burung ini mati, secara berkelompok mereka akan berkumpul dan mencari tahu penyebab kematian gagak tersebut. Burung hitam ini memiliki sifat pendendam akan mengejar pelaku yang telah berbuat tidak baik pada burung tersebut. 

Keistimewaan Burung Gagak

Dibalik penampilannya yang menyeramkan, ternyata spesies burung ini mempunyai banyak sekali keistimewaan.  burung ini memiliki banyak cerita dan mitos yang menarik untuk dikupas. Lalu apa saja keistimewaan burung berwarna hitam ini yang belum banyak diketahui ?

gemar mengambil benda-benda berkilau

Seperti dibeberapa film kartun, burung ini gemar mengambil benda-benda berkilau milik manusia. Ternyata hal ini bukan sekadar rekayasa kartun belaka. Di dunia nyata, burung ini juga gemar mengoleksi benda-benda berkilau tersebut untuk dijadikan hiasan pada sarangnya.

Ukuran otak yang besar dan yang kecerdasan tinggi

Dibalik kecerdasannya yang luar biasa, burung ini ternyata memiliki otak yang besar. Bukti bahwa burung ini hewan yang cerdas adalah ketika seseorang menyembunyikan makanan di tempat-tempat yang sulit, burung ini akan mencari solusi untuk mengeluarkan makanannya dari tempat tersebut. 

Mitos yang menghantui seluruh dunia

Burung hitam ini memang dikenal dengan berbagai mitos-mitos misteriusnya. Tidak hanya di Indonesia, mitos burung ini juga berkembang di negara-negara lain seperti Eropa yang menganggap burung hitam ini sebagai burung penyihir. Sedangkan di Tiongkok, burung ini dianggap sebagai hewan yang melambangkan kematian. Tapi tentu saja semua itu hanyalah mitos. Nyatanya burung hitam ini memiliki keistimewaan seperti suaranya yang khas sebagai tanda informasi kepada kawanannya.

Hewan yang setia 

Meskipun memiliki sejumlah stigma negatif, burung gagak ternyata hewan setia terhadap pasangannya. Burung ini hanya akan kawin pada satu betina hingga kematian memisahkan mereka.

Bisa menirukan suara

Sejauh ini, burung kakatua dan burung beo dikenal bisa menirukan suara. akan tetapi pada kenyataannya ternyata gagak juga bisa asalkan dilatih dan dipelihara dengan baik. Kemampuan meniru suara manusia burung ini lebih baik daripada burung beo. Selain itu, burung berwarna hitam ini juga bisa menirukan suara benda-benda seperti mobil ataupun hewan.

Jenis-Jenis Burung Gagak

Burung berwarna ini memiliki banyak jenis yang tersebar hampir di seluruh dunia. Setiap jenis memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Berikut ini beberapa jenis burung gagak dengan keunikan tersendiri:

Gagak Hutan (Corvus enca)

Spesies gagak hutan memiliki persebaran di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Filipina, Brunei dan Malaysia. Sekilas burung ini hampir mirip dengan burung gagak kampung, tetapi bulunya tidak semengkilap gagak kampung. Burung ini memiliki ukuran 45 cm dengan ciri khas terbang dengan kepakan pendek. Burung ini memiliki sifat pemalu dan suka bertengger di pohon.

Gagak hutan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar 2. Gagak Hutan

 

Gagak Flores (Corvus florensis)

Spesies gagak flores merupakan salah satu burung endemik asal Indonesia. Populasi burung ini dapat ditemukan di pulau Flores dan Inca. Perkiraan jumlah populasinya di flores sekitar 1000-2500 ekor dan terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Kerusakan hutan yang merupakan habitat burung ini akibat alih fungsi lahan menjadi pertanian menjadi penyebab utama burung ini terancam punah. Meski begitu, burung satu ini belum termasuk ke dalam burung yang dilindungi di Indonesia.

Gambar 3. Gagak Flores
Gambar 3. Gagak Flores

Gagak Orru (Corvus orru)

Spesies gagak orru tersebar di Australia bagian utara dan barat, Papua, dan Maluku. Burung ini memiliki ukuran tubuh 48-53 cm. Burung ini memiliki iris mata berawarna putih dengan bulu berwarna putih yang terdapat di pangkal leher dan kepala.

Gambar 4. Gagak Orru
Gambar 4. Gagak Orru

Bacaan Lainnya: Burung Kiwi, Pemilik Paruh Panjang yang Tidak Bisa Terbang

 

 

Penulis : Elsha Aureal Shopia

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi literatur :

INDOZNE. 2020. Dianggap Pertanda Kematian, Ini Mitos dan Fakta BurungGagak. Tersedia  Dalam: https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/RMs3B6/dianggap-pertanda-kematian-ini-mitos-dan-fakta-tentang-burung-gagak/read-all Diakses Pada 13 Februari 2021

Talde Brooklyn. BurungGagak. Tersedia Dalam: https://taldebrooklyn.com/burung-gagak/ Diakses Pada 13 Februari 2021

Wikipedia.com. 25 Januari 2021. Gagak Orru. Tersedia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Gagak_hutan Diakses Pada 13 Februari 2021

https://id.wikipedia.org/wiki/Gagak#:~:text=Gagak%20adalah%20anggota%20burung%20pengicau,dengan%20perkecualian%20di%20Amerika%20Selatan.

 

Referensi Gambar :

Gambar 1 burungGagak. Tersedia Dalam: https://taldebrooklyn.com/burung-gagak/ Diakses Pada 13 Februari 2021

Gambar 2 Gagak Hutan. Tersedia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Gagak_hutan

Gambar 3 Gagak Flores. Tersedia Dalam: https://taldebrooklyn.com/burung-gagak/ Diakses Pada 13 Februari 2021

Gambar 4 Gagak Orru. Tersedia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Gagak_hutan Diakses Pada 13 Februari 2021

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk 

Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!