#BuyBulkPlantTrees With BulkSource

Seperti yang kita ketahui, plastik merupakan salah satu produk yang menjadi sumber polusi terbesar di dunia. Sayangnya, hidup kita sulit terpisahkan dari plastik. Sebagian besar produk sehari-hari dikemas dengan menggunakan plastik. Akibatnya, terdapat peningkatan limbah plastik yang tidak dapat diolah tiap harinya. Hal ini akan berujung dengan peningkatan jejak karbon dan berbagai kerusakan pada ekosistem alam. Melihat hal ini, banyak individu dan organisasi berlomba-lomba mencari cara yang ramah lingkungan, efisien, dan ekonomis untuk menyelesaikan masalah ketergantungan manusia terhadap plastik. Salah satu cara yang ditemukan oleh mereka adalah dengan menjual dan membeli produk sehari-hari yang tidak dikemas dengan plastik. Di Indonesia, terdapat banyak individu yang memutuskan untuk menyediakan produk tersebut, salah satunya BulkSource. Mereka merupakan sebuah eco-grocery yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari yang ramah lingkungan. BulkSource berharap usaha ini dapat menekan peningkatan penggunaan plastik dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.

Ads
Salah Satu Toko BulkSource – Wanaswara
Gambar 1. Salah Satu Toko BulkSource © BulkSource

 

Apa Itu BulkSource?

Seperti yang tertulis sebelumnya, BulkSource merupakan sebuah eco-grocery di Jakarta yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga yang dapat diisi ulang dan didaur ulang dengan cara yang praktis. Sebagian besar produk yang mereka sediakan berasal dari produsen lokal yang tidak menggunakan berbagai bahan kimia berbahaya. Setiap produk tersebut dibeli dengan jumlah yang besar dan akan dijual kembali tanpa menggunakan kemasan plastik apapun. Selain itu, mereka menyediakan akses bagi masyarakat sekitar untuk mengisi ulang produk yang tersedia untuk mengurangi limbah. Usaha ini juga didorong dengan tersedianya akses daur ulang atau bank sampah di setiap lokasi BulkSource. Akan tetapi, pandemi ini membawa masalah bagi usaha mereka dengan meningkatnya pembelian secara online yang menggunakan kemasan plastik. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk membuka pengantaran produk langsung kepada konsumen dengan membuka penjualan online di laman resmi mereka, Tokopedia, dan Shopee. Semua ini mereka lakukan untuk mendukung komunitas lokal, meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat, dan menekan peningkatan limbah plastik.

BulkSource
Gambar 2 Akun Instagram BulkSource  © Instagram

 

Pada saat yang sama, BulkSource menyebarkan berbagai informasi dan pengenalan akan gaya hidup sehat melalui akun Instagram @bulksource dan Podcast. Sering kali, mereka menyediakan jawaban dari berbagai masalah kesehatan yang muncul dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang istirahat, pola makan yang salah, dan lain-lain. Mereka menunjukkan bahwa untuk memiliki gaya hidup yang sehat tidaklah sulit dilakukan. Mereka juga mengajarkan dan memberikan informasi mengenai pentingnya meninggalkan berbagai bahan kimia dan plastik bagi kesehatan dan lingkungan.

 

Kampanye Alam #BuyBulkPlantTrees

BulkSource memutuskan untuk mengambil langkah nyata pelestarian berupa kampanye alam. Hal ini mereka lakukan atas dasar rasa tanggung jawab dan keresahan akan kerusakan alam yang semakin banyak terjadi di Indonesia. Sebagian besar kerusakan alam terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya alam tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya. Oleh karena itu, BulkSource memutuskan untuk bekerja sama dengan LindungiHutan untuk membentuk sebuah kampanye dalam upaya menanggulangi kerusakan alam yang ada. Sebelumnya, kampanye ini telah berhasil mengumpulkan dan menanam 217 bibit mangrove di pesisir Desa Bedono.

Kegiatan kampanye alam diharapkan dapat menanggulangi kerusakan alam dan masalah yang ditimbulkan. Mereka akan melakukan kegiatan penanaman di pesisir Desa Bedono, Demak yang mengalami abrasi parah dalam beberapa dekade ini. Abrasi ini telah menghancurkan kehidupan masyarakat dengan menenggelamkan dua dusun, mengikis area pesisir, dan merusak ekosistem biota laut. Akibatnya, terdapat banyak masyarakat yang kehilangan rumah dan mata pencaharian mereka. Oleh karena itu, BulkSource memutuskan melakukan kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di area pesisir dengan harapan dapat memulihkan lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
BulkSource
Gambar 3 Kampanye Alam #BuyBulkPlantTrees © LindungiHutan

 

BulkSource juga berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama generasi muda sebagai penggerak perubahan, dalam upaya pelestarian lingkungan. Untuk merealisasikan hal ini, BulkSource dan LindungiHutan menyebarkan informasi perkembangan kampanye di jaringan sosial media mereka dan laman khusus penggalangan dana LindungiHutan. Harapannya, masyarakat akan ikut andil dalam usaha pelestarian ini. Selain itu, BulkSource juga memutuskan untuk menyisihkan 5% profit penjualan mereka demi pembelian bibit pohon sebagai bukti dan dorongan bagi masyarakat untuk mengambil aksi pelestarian lingkungan.

 

Tinggalkan Plastik, Jaga Kesehatan!

Plastik merupakan salah satu sumber polusi berbahaya yang kian hari kian meningkat. Seperti yang kita ketahui, plastik merupakan salah satu bahan yang tidak dapat didaur ulang secara alami dan diolah dengan baik oleh manusia. Akibatnya, terdapat banyak plastik yang dibakar, dibuang ke laut, dan dibiarkan menumpuk di berbagai lahan. Tentunya, semua ini akan memunculkan berbagai masalah. Plastik yang dibiarkan menumpuk dan dibakar dapat menekan pertumbuhan berbagai jenis flora dan meningkatkan jumlah jejak karbon di atmosfer yang dapat berujung pada pemanasan global. Pada saat yang sama, pembuangan plastik ke laut telah menghancurkan ekosistem biota laut dan mencemari air. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Adeogun dan kawan-kawan (2020), terdapat 69,7% mikroplastik yang ditemukan di dalam perut ikan. Hal ini diperkuat dengan data dari WHO yang tertulis di Medical News Today (2019) yang mengatakan bahwa terdapat jumlah mikroplastik yang signifikan dalam air konsumsi. Tentunya, penumpukan plastik akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah nyata untuk meninggalkan plastik demi keberlangsungan hidup manusia dan kelestarian lingkungan. 

Limbah Plastik di Laut – Wanaswara
Gambar 4 Limbah Plastik di Laut © State of the Planet

 

Rangkaian usaha yang dilakukan BulkSource dan LindungiHutan dilakukan sebagai salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan yang muncul akibat penggunaan plastik. Penyebaran informasi mengenai kegiatan mereka akan meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat dan usaha pelestarian lingkungan. Selain itu, rangkaian kampanye ini dapat menanggulangi kerusakan alam yang ada di Indonesia dan menjaga keberlangsungan hidup manusia. Akan tetapi, mereka tidak melakukan semua ini sendirian. Kita juga harus ikut andil dalam usaha pelestarian lingkungan dengan mengubah gaya hidup kita, berdonasi, atau menyebarkan informasi demi keberlangsungan hidup manusia. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Literatur:

Adeogun, A. O., Ibor, O. R., Khan, E. A., Chukwuka, A. V., Omogbemi, E. D., & Arukwe, A. (2020). Detection and occurrence of microplastics in the stomach of commercial fish species from a municipal water supply lake in southwestern Nigeria. Environmental Science and Pollution Research, 27, 4–5. https://doi.org/10.1007/s11356-020-09031-5

Newman, T. (2019, August 28). WHO publish report on microplastics in drinking water. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326144

Referensi Gambar:

BulkSource. (n.d.-a). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/bulksource/

BulkSource. (n.d.-b). [Photograph]. BulkSource. https://bulksource.id/info

Kqedquest. (2008, August 21). The LA River [Photograph]. State of the Planet. https://blogs.ei.columbia.edu/2020/02/20/plastic-production-climate-change/

LindungiHutan. (2020, August 11). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/bulksource#update-section

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!