#BuyBulkPlantTrees

Bedono, Demak – Kampanye alam yang bertajuk “BuyBulkPlantTrees” berjalan lancar tanpa ada kendala, dari mulai pengumpulan donasi, kegiatan penanaman hingga aksi sosialnya. Kampanye ini diselenggarakan oleh BulkSource sebuah eco-grey yang menjual barang-barang yang dapat didaur ulang, dan tentu saja kegiatan ini dapat terlaksana akibat kerjasama dengan LindungiHutan sebagai organisasi peduli lingkungan.

Ads

Kampanye alam “#BuyBulkPlantTrees” dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021 lalu setelah sebelumnya pada 11 Agustus 2020 mulai  melakukan donasi online via platform LindungiHutan. Kegiatan yang diselenggarakan dengan tema “BulkSource Menyumbangkan Sebagian Keuntungannya untuk Mendukung Bedono” ini dilaksanakan di desa Bedono Demak.

Ilustrasi Lokasi Penanaman (1)
Ilustrasi Lokasi Penanaman (1)

Kerjasama yang dilakukan oleh BulkSource dan LindungiHutan ini didasari atas kesadaran bersama terkait kerusakan lingkungan, baik yang diakibatkan oleh limbah sampah yang tidak didaur ulang, maupun  abrasi di desa Bedono, Demak. Fakta bahwa desa Bedono menjadi salah satu daerah yang paling parah terkena dampak abrasi menjadi sebuah keprihatinan.

Pada saat kegiatan ini berjalan, sebanyak 217 batang bibit mangrove jenis Rhizophora sp ditanam di pantai Bedono, Demak dengan rincian kondisi bibit yang ditanam memiliki tinggi 80 cm dan berdiameter 2 cm, serta berdaun dua hingga delapan, dan tentunya dengan kondisi bibit yang baik. Aksi ini dihadiri oleh 25 orang yang terbagi dari berbagai macam kalangan termasuk dari relawan LindungiHutan dan Mak Jah.

BulkSource

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

BulkSource, adalah sebuah eco-grocery yang menyediakan barang-barang yang dapat diisi ulang, sehat, dan dapat di daur ulang dengan cara yang praktis & dapat diakses oleh penduduk perkotaan, sambil mendukung komunitas lokal dan mempromosikan gaya hidup sadar lingkungan.

BulkSource sebelumnya dikenal sebagai The Bulkstore & Co, didirikan oleh 5 orang perempuan yang prihatin tentang konsumsi tidak berkelanjutan di Jakarta; mulai dari sedotan sekali pakai, sisa makanan rumah tangga, hingga konsumsi yang berlebihan. Tidak hanya itu, BulkSource membutuhkan alternatif produk ramah lingkungan, dan juga membutuhkan banyak orang untuk beralih ke gaya hidup yang berkelanjutan.

Maka, pada Mei 2019, outlet BulkSource pertama dibuka di area Menteng, Jakarta Pusat. Selain menyediakan dan membuat produk ramah lingkungan yang lebih mudah diakses, BulkSource juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perkotaan tentangcara mengadopsi gaya hidup sadar lingkungan. Dengan diselenggarakannya #BuyBulkPlantTrees, menegaskan bahwa BulkSource ingin memberikan bukti nyatanya terkait isu lingkungan. Bersama dengan LindungiHutan, BulkSource berharap dapat membantu masyarakat Bedono yang terkena dampak abrasi dengan diadakannya kampanye #BuyBulkPlantTrees ini.

Kampanye Alam #BuyBulkPlantTrees

Kampanye #BuyBulkPlanTrees adalah kampanye penanaman mangrove di desa Bedono, Demak, Jawa Tengah. Seperti yang telah saya paparkan diatas, Desa Bedono menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang paling parah terdampak abrasi, bahkan dalam kurun waktu 20 tahun terakhir dua dusun di desa Bedono tenggelam disebabkan abrasi. Abrasi yang terjadi di desa Bedono terbilang cukup kompleks, salah satu penyebabnya adalah kenaikan permukaan air laut yang bisa mencapai kisaran 7,8 milimeter. Selain itu, reklamasi dan pembangunan kolam pelabuhan menjadi alasan lainnya.

Ilustrasi Lokasi Penanaman (2)
Ilustrasi Lokasi Penanaman (2)

Dengan adanya masalah abrasi yang cukup parah ini, BulkSource bersama LindungiHutan turut mengajak siapa saja untuk ikut serta agar bisa menjaga alam dan lingkungan sekitar, sehingga dapat tercipta keseimbangan ekosistem yang ada. Seperti yang kita semua ketahui, kerusakan alam terjadi akibat kita sebagai manusia kurang bisa menjaga dan memperhatikan, serta dirasa abai terhadap lingkungan sekitar.

Saat ini cara paling tepat dan tentunya ramah lingkungan dalam pencegahan abrasi adalah dengan menanam pohon mangrove, pohon mangrove tentu memiliki banyak manfaat lain selain dapat mencegah abrasi. Akar pohon mangrove sendiri memiliki peranan yang cukup banyak, akar pohon mangrove dapat membantu proses penguraian bahan kimia seperti minyak dan limbah deterjen yang tercampur air laut, selain itu umur pohon mangrove bisa mencapai puluhan tahun, yang artinya ini menjadi solusi jangka panjang masyarakat pesisir dari abrasi.

Ilustrasi Lokasi Penanaman (3)
Ilustrasi Lokasi Penanaman (3)

Dengan dilaksanakannya kampanye alam #BuyBulkPlanTrees, BulkSource dan LindungiHutan membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin berkontribusi baik berupa donasi maupun aksi langsung di desa Bedono, Demak, untuk turut mencegah daerah Bedono dari ancaman abrasi. Penanaman mangrove ini menjadi salah satu langkah bijak dari gerakan peduli lingkungan di Indonesia.

Aksi penanaman mangrove di desa Bedono, Demak ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan baik dari ancaman abrasi maupun banjir rob, serta memberikan kenyamanan. Program ini juga diharapkan dapat menjadi menyelesaikan masalah tahunan berupa banjir rob, serta dapat menjadi tombak awal kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga lingkungan.

 

Penulis: Ipan Fanani

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!