Calathea, Tanaman Hias Sederhana yang Mempesona

© The Spruce
© The Spruce

Pembatasan aktivitas selama pandemi covid-19 menjadikan kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkegiatan di rumah. Namun, beraktivitas di rumah dalam jangka waktu yang panjang terkadang menimbulkan kebosanan. Akhirnya banyak dari kita yang memulai untuk melakukan kegiatan-kegiatan baru selama pandemi, salah satunya adalah menanam dan merawat bunga. Kegiatan ini menjadi salah satu tren baru selama pandemi. Tanaman yang menjadi tren pun sangat beragam. Mulai dari tanaman yang sudah sangat sering dijumpai, hingga tanaman-tanaman yang harganya melambung tinggi selama pandemi. Salah satu tanaman yang menjadi tren selama pandemi ialah Calathea. Bagi para pecinta tanaman hias tentu sudah tahu dengan tanaman yang satu ini. Tanaman ini begitu khas dengan coraknya yang begitu beragam. Yuk, kenalan dengan tanaman satu ini !

Ads

 

Mengenal Tanaman Hias Calathea  

© osera.org
© osera.org

Calathea merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari wilayah tropis seperti Amerika. Termasuk kedalam genus rhizomatous neotropical dan famili Marantaceae. Tanaman calathea juga disebut sebagai tanaman doa atau prayer plant dikarenakan pergerakan harian dari daun tanaman ini yang dikenal sebagai niktinasti. Niktinasti merupakan gerakan tumbuhan pada malam hari atau saat keadaan gelap. Jadi, calathea akan membuka daunnya di siang hari dan menutupnya di malam hari.

Karakteristik dari tumbuhan ini adalah daunnya yang lebar dan lonjong. Pada umumnya, tumbuhan ini didominasi oleh warna hijau dan memiliki corak daun yang memiliki warna dan geometris yang menarik. Tumbuhan berdaun lebar ini begitu populer digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan. Hal ini dikarenakan tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Selain itu, calathea juga termasuk tanaman yang dapat membersihkan udara.

Tanaman ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja. Di Brasil, daun calathea yang lebar ini dimanfaatkan untuk membungkus makanan dan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan seperti anyaman. Selain itu, corak khas dari tanaman ini menjadikannya sebagai tanaman hias dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Calathea memiliki banyak jenis yang begitu populer untuk dijadikan tanaman hias.

 

Jenis-jenis Calathea 

Pada umumnya, calathea memiliki spesies yang begitu banyak. Namun hanya beberapa dari spesies tersebut yang dibudidayakan dalam pot sebagai tanaman hias, diantaranya;

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Calathea lancifolia
Calathea Lancifolia © klikhijau.com
Calathea Lancifolia © klikhijau.com

Tanaman ini merupakan salah satu jenis calathea yang berasal dari Brasil dan hidup di daerah dengan cuaca yang dingin. Tanaman ini termasuk tanaman hias yang cukup besar dengan ukuran yang bisa mencapai 75 cm. Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang cukup panjang, berwarna hijau gelap dan bagian bawahnya berwarna ungu. Sebagian orang mengatakan bahwa motif tanaman ini menyerupai ular.

 

  • Calathea ornata
Calathea Ornata © pinterest
Calathea Ornata © pinterest

Tanaman ini tumbuh di wilayah tropis dan berasal dari Amerika Selatan. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang memiliki motif unik yang tampak elegan, juga disertai dengan warna merah marun pada bagian bawah daun.

 

  • Calathea rufibarba
Calathea Rufibarba © pinterest
Calathea Rufibarba © pinterest

Calathea rufibarba biasa juga disebut sebagai ‘beludru calathea’. Calathea jenis ini memiliki bentuk daun yang sedikit berbeda. Bentuk daunnya panjang, sedikit ramping dari bentuk daun calathea pada umumnya, berwarna hijau dan merah marun di bagian bawahnya dan ditutupi rambut kaku. Pertumbuhan tangkainya bisa mencapai 30 cm.

 

  • Calathea makoyana
Calathea Makoyana © klikhijau.com
Calathea Makoyana © klikhijau.com

Tanaman ini merupakan jenis calathea yang paling sering dijumpai. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk lonjong dan berwarna seperti kacang, diikuti corak berwarna hijau tua yang begitu jelas. 

 

  • Calathea orbifolia
Calathea Orbifolia © rri.co.id
Calathea Orbifolia © rri.co.id

Spesies ini merupakan salah satu jenis calathea yang tumbuh di Bolivia. Merupakan salah satu jenis calathea yang memiliki nilai jual yang tinggi. Ciri khas calathea orbifolia ialah daunnya yang berwarna hijau tanpa warna merah marun atau warna gelap lainnya di bagian bawahnya.

 

  • Calathea Crocata
Calathea Crocata © pinterest
Calathea Crocata © pinterest

Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang berwarna hijau gelap tanpa adanya corak yang jelas. Bagian bawah daun berwarna ungu. Tanaman ini menghasilkan bunga cantik berwarna kuning. 

 

Cara Merawat Calathea dengan Baik

Calathea merupakan salah satu tanaman hias yang mudah untuk dirawat. Sama halnya dengan tanaman atau bunga pada umumnya, calathea juga membutuhkan cahaya, air dan hal lainnya untuk bertahan hidup. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman ini.

  • Cahaya

Tanaman ini tumbuh di lantai hutan dan hanya mendapatkan sinar matahari yang terbatas. Hal ini menjadikan calathea sebagai tumbuhan yang tidak membutuhkan banyak cahaya. Sinar matahari secara langsung justru akan membakar dan menghilangkan corak pada daun.

  • Air

Tanaman ini butuh sedikit kehati-hatian dalam menyiramnya. Asupan air yang kurang atau berlebihan justru akan memberikan dampak buruk pada tanaman ini. Tanaman ini hanya membutuhkan air dalam jumlah yang sedikit.

  • Kelembaban

Calathea merupakan tanaman yang tumbuh di wilayah tropis, sehingga tanaman ini sangat menyukai wilayah yang lembab. Kelembaban akan diserap oleh daun-daun calathea melalui udara. 

  • Suhu

Calathea tidak menyukai wilayah yang begitu dingin atau wilayah yang memiliki perubahan suhu yang cukup tajam. Tanaman ini biasanya hidup pada suhu 18-25 °C. 

  • Media tanam dan pupuk

Untuk menanam tanaman ini, tanah gambut adalah media tanam terbaik, atau juga bisa menggunakan tanah kompos. Sementara untuk pupuk, calathea tidak membutuhkan pupuk khusus untuk tumbuh, namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik sebaiknya menggunakan pupuk khusus untuk tanaman hias. 

 

Penulis : Fauzan

 

Referensi Literatur

Ambisius.com. (n.d.). All you need to know about Calathea plants. Retrieved January 2, 2021, from https://www.ambius.com/learn/online/plant-doctor/all-you-need-to-know-about-calathea-plants/

Chairunnisa, S. (2020, August 17). 7 Jenis Jenis Tanaman Calathea Dan Cara Menanamnya Agar Dapat Tumbuh Subur Dan Indah. Retrieved January 5, 2021, from https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-jenis-tanaman-calathea-rumah/

klikhijau.com. (2020, August 2). Berkenalan dengan Bunga Kalatea, Si Cantik yang Sederhana, Jenis dan Perawatannya. Retrieved january 2, 2021, from https://klikhijau.com/read/berkenalan-dengan-bunga-kalatea-si-cantik-yang-sederhana-jenis-dan-perawatannya/

Mustinda, L. (2020, December 2). 7 Jenis Calathea Cantik yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah. Retrieved January 5, 2021, from https://wolipop.detik.com/home/d-5278771/7-jenis-calathea-cantik-yang-cocok-ditanam-di-dalam-rumah/2

 

Refernsi Gambar

https://osera.org/houseplants/calathea/

https://pl.pinterest.com/pin/541769030167709815/

https://id.pinterest.com/pin/395190936025215346/

https://pl.pinterest.com/pin/363665738653405777/

https://rri.co.id/humaniora/tren/937887/jenis-tanaman-hias-calathea-termahal-di-indonesia?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

https://klikhijau.com/read/berkenalan-dengan-bunga-kalatea-si-cantik-yang-sederhana-jenis-dan-perawatannya/

https://www.thespruce.com/grow-calathea-indoors-1902745

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks