CSR X LindungiHutan: Aksi Peduli Lingkungan Perusahaan

Apa yang pertama kali kamu lihat saat melangkah keluar dari rumah? Hijaunya daerah pegunungan, birunya laut pesisir, atau jernihnya air sungai? Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati hal-hal tersebut. Mereka melihat tebalnya asap jalanan, rusaknya pesisir, keruhnya banjir. Dengan kata lain, ada banyak kerusakan alam yang terjadi sekarang ini dan berdampak ke kehidupan kita., seperti banjir, abrasi pantai, tanah longsor, perubahan iklim, dan berkurangnya jumlah air bersih. Realita inilah yang mendorong kita semua, terutama anak muda, untuk menjaga dan melestarikan alam melalui berbagai kegiatan seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, plastik, atau produk ramah lingkungan. Pada saat yang sama, banyak yang mulai memperhatikan cara kerja perusahaan. Apakah mereka peduli dengan lingkungan? Apakah mereka telah melakukan sesuatu untuk lingkungan? Perhatian dan pertanyaan ini mendorong banyak perusahaan untuk mengambil langkah pelestarian lingkungan. Inilah yang disebut Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan konsep menggabungkan kepedulian lingkungan dan sosial dalam interaksi dan operasi perusahaan. Akan tetapi, perusahaan sering mengalami kesulitan dalam melakukan aksi nyata peduli lingkungan. Inilah alasan LindungiHutan membentuk produk CSR X LindungiHutan yang diberi nama CorporaTree. Artikel ini akan menjelaskan mengenai CorporaTree dan prosedurnya.

Ads

Apa itu CSR X LindungiHutan?

Direktur PT Bintraco Dharma Tbk bersama dengan CEO Yayasan LindungiHutan
Direktur PT Bintraco Dharma Tbk bersama dengan CEO Yayasan LindungiHutan

CSR X LindungiHutan atau CorporaTree merupakan kampanye alam atau aksi peduli lingkungan suatu perusahaan bersama LindungiHutan untuk penghijauan Indonesia. Kampanye ini dilaksanakan dalam bentuk penggalangan dana untuk menarik perhatian masyarakat luas untuk memberikan donasi. Pada saat yang sama, hal ini juga menunjukan pada masyarakat bahwa perusahaan tersebut peduli akan kelangsungan dan kelestarian alam Indonesia. Bagi perusahaan sendiri, CoporaTree membantu perusahaan menjalankan CSR dalam rangka menemukan keseimbangan antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Kampanye atau aksi CSR merupakan proses penanaman bibit pohon di area yang telah ditentukan. Dalam proses kampanye, LindungiHutan menyediakan wadah penyebaran kampanye melalui jaringan sosial yang dimiliki, lokasi di Indonesia yang membutuhkan, bibit pohon endemik di area yang dipilih, petani lokal atau mitra lingkungan untuk konservasi, dan penyajian data akan kondisi bibit bagi seluruh lingkungan. Singkatnya, ia menjadi perantara dan sarana bagi perusahaan untuk melakukan CSR. CorporaTree memiliki beberapa paket kampanye yang dapat dipilih oleh perusahaan dengan segala kebutuhannya yang dapat dilihat di booklet CorporaTree

Apa Keuntungan Bekerja Sama Dengan LindungiHutan?

Salah Satu Contoh CSR X LindungiHutan
Salah Satu Contoh CSR X LindungiHutan

Seperti bentuk kerjasama lainnya, CorporaTree menyediakan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Pada masa sekarang ini, masyarakat menginginkan perusahaan untuk memiliki label environmental-friendly sebagai bentuk kepedulian akan lingkungan. Karena itu, perusahaan dapat memiliki dan mempromosikan label tersebut melalui CorporaTree. Selain ini, CorporaTree memberikan keuntungan berupa green brand, corporate impact, program berkelanjutan CSR, dan kemudahan informasi.

Melalui CorporaTree, perusahaan dapat mempromosikan namanya sebagai green brand. Kampanye yang disebarkan melalui jaringan sosial LindungiHutan akan membawa nama perusahaan. Tentunya, hal ini akan menarik perhatian dan mengenalkan masyarakat akan perusahaan tersebut. Mereka akan percaya bahwa perusahaan tersebut peduli akan kelangsungan lingkungan sebagai investasi masa depan. Dengan kata lain, CorporaTree membangun nama baik perusahaan dan kepercayaan masyarakat.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Selanjutnya, perusahaan dapat memberikan corporate impact melalui kegiatan kampanye ini. Corporate impact atau CSR merupakan aktivitas perusahaan terhadap yang membutuhkan (sosial dan lingkungan) dan membentuk relasi antara perusahaan dan masyarakat. CorporaTree menyediakan kegiatan bonding bersama tim internal LindungiHutan, webinar, live IG talk, kegiatan penanaman, dan berbagai kegiatan lainnya yang dapat berdampak langsung bagi masyarakat di daerah penanaman yang dipilih. Seluruh kegiatan tersebut akan membangun relasi dan kepercayaan antara perusahaan dan masyarakat.

Kegiatan kampanye CorporaTree merupakan program berkelanjutan CSR yang berdampak pada masyarakat. Saat menjalankan kampanye ini, kegiatan tidak akan berhenti pada penanaman. Proses akan terus berjalan dengan memberdayakan petani dan komunitas lokal yang tentunya akan membangun nilai ekonomi dan sosial serta meningkatkan keberlangsungan lingkungan. Dengan kata lain, dampak CSR perusahaan akan terus dirasakan oleh masyarakat untuk waktu yang lama. Adapun rangkaian kegiatan CorporaTree adalah pembibitan, pemilihan area, penanaman, perawatan, pelaporan perkembangan, pemantauan dengan teknologi, dan penyulaman. 

Terakhir, perusahaan akan menerima kemudahan informasi yang dapat diakses kapan saja oleh berbagai kalangan. LindungiHutan akan terus melakukan pemantauan di lokasi yang nantinya akan dilaporkan secara periodik pada situs. Informasi ini akan menunjukan dampak penanaman bagi seluruh kalangan masyarakat. Tentunya, ini akan meningkatkan nama baik perusahaan

Prosedur CSR X LindungiHutan

Selayaknya berbagai bentuk kerja sama, perusahaan akan diminta mengikuti beberapa prosedur. Seluruh rangkaian prosedur dilakukan untuk memudahkan pendataan, pembentukan, dan pelaksanaan kampanye. Sebagian dari prosedur ini dilakukan melalui website LindungiHutan. Adapun prosedur yang ada terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebelum, saat, dan sesudah kampanye.

Sebelum melakukan kerja sama, perusahaan diminta untuk mendaftar dan mengisi data pada CSR X LindungiHutan dengan mengklik “Gabung CSR”. Pada bagian ini, perusahaan akan mengisi kontak yang dapat dihubungi. Kemudian, perusahaan akan memilih bentuk kegiatan yang ingin dilakukan bersama LindungiHutan. Untuk kemudahan bersama, perusahaan juga akan memilih bentuk bantuan atau kerja sama yang diinginkan. Setelah mengisi keseluruhan data ini, LindungiHutan akan menghubungi pihak perusahaan.

Selanjutnya, LindungiHutan dan perusahaan akan mendiskusikan bentuk kegiatan yang akan dilakukan. Proses ini tentunya akan memakan waktu yang lama. Akibat diperlukan perencanaan target dan tujuan, pembentukan desain, penempatan kampanye, dan lain-lain. Setelah seluruh kebutuhan terpenuhi, LindungiHutan akan menerbitkan kesepakatan pada halaman khusus yang akan disebarkan melalui sosial media. Inilah titik dimana kampanye berlangsung.

Pada masa kampanye berlangsung, LindungiHutan akan menyebarkan kegiatan di jaringan sosial media dan memantau kampanye berlangsung. Pada website khusus LindungiHutan akan tertulis segala informasi mengenai kegiatan yang telah disetujui dan jumlah yang telah diminta. Sehingga, masyarakat dapat mendonasikan sesuatu untuk kegiatan tersebut. Setelah masa kampanye telah berakhir, LindungiHutan akan meminta biaya operasional sesuai dengan kesepakatan.

Kegiatan CSR X LindungiHutan
Kegiatan CSR X LindungiHutan

Berikutnya, kegiatan yang disepakati atau kegiatan penanaman akan dilakukan pada waktu dan lokasi yang disepakati. Pihak perusahaan dapat mengikuti kegiatan penanaman tergantung dengan kesepakatan dan paket CorporaTree yang disetujui. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan akan di dokumentasi dan disebarkan di jaringan sosial media dan website LindungiHutan sebagai laporan. Dokumentasi tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaan dan relasi antar masyarakat serta meningkatkan nama baik perusahaan.

Terakhir, LindungiHutan akan membuat laporan dan menerbitkannya di website Wanaswara sebagai laporan untuk masyarakat dan promosi perusahaan. Pada website ini, LindungiHutan akan menuliskan rangkaian kegiatan, alasan, dan dampak yang telah diberikan perusahaan ke lokasi dan masyarakat lokal. Selain itu, ia akan memberikan informasi mengenai perusahaan dan produk perusahaan itu sendiri. 

Seluruh rangkaian kerja sama ini dilakukan oleh LindungiHutan bukan hanya untuk membantu perusahaan melakukan kegiatan CSR, tapi juga mewujudkan visi besarnya yaitu menghijaukan Indonesia. LindungiHutan menyadari bahwa ia tidak mampu melaksanakan visi ini sendiri. Dibutuhkan kerja sama dan partisipasi masyarakat untuk mewujudkannya. LindungiHutan menjalankan hal ini untuk keberlangsungan dan kelestarian lingkungan untuk masa depan bumi.

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Literatur:

CorporaTree. (n.d.-a). LindungiHutan. Retrieved February 11, 2021, from https://drive.google.com/file/d/1JI8AQeeLRWXuA7sx62jLi6Oq-Shd9A0j/view

CorporaTree. (n.d.-b). LindungiHutan. Retrieved February 11, 2021, from https://lindungihutan.com/corporatree

CSR X LindungiHutan. (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 11, 2021, from https://lindungihutan.com/csr

The Big Picture: Careers in Corporate Impact. (n.d.). Net Impact. Retrieved February 11, 2021, from https://www.netimpact.org/careers/corporate-impact/big-picture

What is CSR? (n.d.). UNIDO. Retrieved February 11, 2021, from https://www.unido.org/our-focus/advancing-economic-competitiveness/competitive-trade-capacities-and-corporate-responsibility/corporate-social-responsibility-market-integration/what-csr

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (n.d.). Direktur PT Bintraco Dharma Tbk bersama dengan CEO Yayasan LindungiHutan (Dok.LindungiHutan) [Photograph]. Wanaswara. https://wanaswara.com/bintraco-dharma-untuk-1-500-pohon-kepada-alam/

LindungiHutan. (n.d.). Bersama-sama Menanam Untuk Bendono (Dok.LindungiHutan) [Photograph]. Wanaswara. https://wanaswara.com/bintraco-dharma-untuk-1-500-pohon-kepada-alam/

LindungiHutan. (2020, September 11). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/wukirsagara

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!