Dampak Kenaikan Muka Air Laut, 6 Wilayah di Indonesia Diprediksi Tenggelam pada 2050

Penjelasan Singkat tentang Kenaikan Muka Air Laut

Pemanasan global mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya adalah naiknya permukaan air laut. Kenaikan muka air laut adalah fenomena naiknya muka air laut sebagai akibat pemanasan global yang mencairkan kutub es dan gletser di bumi. Kenaikan itu diperkirakan akan terus terjadi.

Ads

Menurut Michalea King, pemimpin studi dari Ohio State University mengatakan bahwa es telah hilang dalam jumlah besar, beberapa tahun terakhir. Ini menghasilkan perubahan pada bidang gravitasi Greenland.

Greenland kehilangan sekitar 280 miliar metrik ton es setiap tahunnya. Es yang mencair tersebut, mengalir ke laut setiap tahunnya dan menjadi penyumbang terbesar kenaikan permukaan laut global.

Hal ini berpotensi menenggelamkan suatu wilayah yang biasanya adalah wilayah pesisir yang tidak berlereng. Indonesia sebagai negara kepulauan dan dikelilingi lautan mempunyai potensi ‘ditenggelamkan’ oleh kenaikan muka air laut.

Enam Wilayah di Indonesia Yang Diprediksi Tenggelam pada 2050

Berikut 6 wilayah di Indonesia yang diprediksi akan tenggelam pada tahun 2050 sebagai akibat dari naiknya permukaan air laut

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Jakarta

Foto Kondisi Jakarta
Foto © megapolitan.okezone

Jakarta atau DKI Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang selalu memikat pendatang untuk bekerja di sana. Gedung-gedung pencakar langit menghiasi wilayah ini. Pembangunan dimana-mana membuat Jakarta amblas sekitar 17 cm/ tahun dan ditambah dengan naiknya muka air laut akan meningkatkan potensi tenggelamnya Jakarta.

  • Semarang

Foto Kondisi Semarang
Foto © Antara semaranginside.com

Semarang berada di bagian pesisir utara Pulau Jawa. Badan Geologi Kementerian ESDM menyebutkan kondisi turunnya muka tanah sekitar 10 cm/ tahun dan naiknya muka air laut mengakibatkan rob atau daratan berada di bawah permukaan laut. Namun, ancaman tenggelam di depan mata karena naiknya muka air Laut Jawa.

  • Surabaya

Foto Kondisi Surabaya
Foto © Olta Sispasha suarasurabaya.net

Surabaya merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan yang tinggi di Indonesia. Tidak salah apabila Surabaya melakukan pembangunan besar-besaran sehingga terjadi penurunan muka tanah sekitar 14 mm/ tahun. Berbanding terbalik dengan muka tanah Surabaya yang selalu turun, muka air laut di wilayah pesisirnya selalu naik. Ancaman yang sama seperti yang dirasakan oleh Semarang.

  • Banda Aceh

Foto Kondisi Aceh
Foto © aceh.tribunnews.com

Kota yang berada di ujung barat Indonesia dan dekat dengan Samudera Hindia ini memang sangat rawan dengan bencana alam. Pada tahun 2004, kota ini pernah ‘dihantam’ oleh tsunami. Begitu juga dengan ancaman tenggelamnya Banda Aceh yang selalu mengintai karena naiknya muka air laut. Bahkan, menurut hasil riset TDMRC Unsyiah memprediksi bahwa 3 persen dari wilayah Banda Aceh akan tenggelam secara permanen.

  • Kepulauan Meranti

Foto Kondisi Riau Meranti
Foto © Parlindungan riaubisnis.id

Kepulauan Meranti merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau. Kabupaten ini mempunyai 3 pulau yang terancam tenggelam, yaitu Pulau Rangsang, Pulau Padang, dan Tebing Tinggi. Kenaikan muka air laut berperan dalam potensi tenggelamnya Kepulauan Meranti.

  • Bali

Foto Kondisi Bali
Foto © balitribune.co.id

Bali adalah wilayah yang sangat terkenal keindahan panoramanya. Namun, Bali memiliki potensi akan tenggelam. Karena pulau ini dikelilingi oleh lautan. Pada 2050, Bali diprediksi tenggelam seluas 489 km².

Upaya Pencegahan

Sebenarnya masih banyak wilayah di Indonesia yang berpotensi tenggelam. Prediksi-prediksi tersebut mungkin terjadi apabila pemanasan global tidak ditekan. Hal-hal pencegahan tenggelamnya beberapa wilayah di Indonesia dapat kita lakukan semisal menanam lebih banyak pohon, mengurangi waktu penggunaan AC, naik kendaraan umum saat sekolah atau bekerja, serta banyak hal lainnya. Setiap langkah kecil yang kita lakukan dapat menyelamatkan suatu wilayah. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha semaksimal mungkin agar wilayah-wilayah di Indonesia tidak tenggelam.

Ayo berlatih peka bermula dari hal-hal kecil di sekitar kita!

Penulis : Fachrezy Nur Ramadhan

Referensi :

CNN Indonesia. 2020. Jakarta, Aceh Hingga Surabaya Terancam Tenggelam 2050. CNN Indonesia. Tersedia dalam https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20200227142747-199-478753/jakarta-aceh-hingga-surabaya-terancam-tenggelam-2050. Diakses pada 8 September 2020.

KOMPAS.com. 2012. Tanah Surabaya Turun. KOMPAS.com. Tersedia dalam https://nasional.kompas.com/read/2012/07/27/0356231/twitter.com. Diakses pada 8 September 2020.

Purbaya, A. Aditya. 2019. Kawasan Pesisir Semarang ‘Tenggelam’ 10 cm Per Tahun. Detikcom. Tersedia dalam https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4791799/kawasan-pesisir-semarang-tenggelam-10-cm-per-tahun. Diakses pada 8 September 2020.

Setyadi, Agus. 2020. Pesisir Banda Aceh Diprediksi Turun, Ini Langkah Antisipasi Pemkot. Detikcom. Tersedia dalam https://m.detik.com/news/berita/d-4869316/pesisir-banda-aceh-diprediksi-tenggelam-ini-langkah-antisipasi-pemkot. Diakses pada 8 September 2020.

Widyaningrum, G. Laras. 2020. Es Kutub Terus Mencair, Permukaan Laut Bisa Naik Hingga Satu Meter. National Geographic Indonesia. Tersedia dalam  https://nationalgeographic.grid.id/read/132304581/es-kutub-terus-mencair-permukaan-laut-bisa-naik-hingga-satu-meter. Diakses pada 11 September 2020.

Zakiah, Nena. 2019. Bahaya Kenaikan Permukaan Air Laut. IDN Times. Tersedia dalam https://www.idntimes.com/science/discovery/amp/nena-zakiah-1/bahaya-kenaikan-permukaan-air-laut. Diakses pada 8 September 2020.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks