Darién Gap, Hutan yang Mematikan

Bentang Hutan

Halo, Sobat Alam! Darién Gap, merupakan celah yang berisikan hutan tropis yang memutus jalan terpanjang di bumi ini, hutan yang terbentang dari Pantai Prudhoe, Amerika Serikat sampai ke Ushuaia, di Argentina. Dengan panjang 48.000 km, menjadikan jalan tersebut jalan terpanjang di bumi ini. Darién Gap, hutan tropis yang tidak terjamah oleh manusia, menjadi salah satu hutan yang paling mematikan dan berbahaya di dunia. Hutan ini memiliki luas kurang lebih 107 km. 

Ads
Gambar 1 Darién Gap
Gambar 1 Darién Gap

Hal yang Berbahaya dari Darién Gap

Ular Fer-de-lance

Di dalam hutan ini terdapat salah satu ular paling berbahaya di dunia, yaitu Ular Fer-de-lance. Jika tergigit oleh ular ini, tubuh akan mengalami kematian jaringan tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan darah dan juga kematian.

Gambar 2 Ular Fer-de-lance

Brazilian Wandering Spider

Di Darién Gap akan banyak ditemukan laba-laba, tetapi laba-laba yang paling mematikan adalah Brazilian Wandering Spider, dimana bisa dari laba-laba ini dapat membunuh orang dewasa dalam waktu dua hingga enam jam, jika tidak segera ditangani oleh tenaga medis.

Gambar 3 Brazilian Wandering Spider
Gambar 3 Brazilian Wandering Spider

FARC Komplotan Gerilya yang Kejam

Fuerzas Armadas Revolucionarias de Colombia—Ejército del Pueblo atau FARC merupakan komplotan gerilya yang menjadikan hutan ini sebagai tempat persembunyian mereka. Mereka dikenal kejam dan suka menculik orang-orang yang melewati Darién Gap ini. Dimana salah satu kejadiannya adalah Ketika ada dua orang jurnalis dari National Geographic Adventure yang diculik dan ditahan selama seminggu, hingga akhirnya dibebaskan dengan syarat. 

Keadaan Hutan yang Berbahaya

Iklim hutan yang panas dan minimnya pasokan air bersih menjadi salah satu faktor yang menjadikan Darién Gap ini sangat berbahaya. Air bersih di dalam hutan ini sangat susah untuk ditemukan, karena kebanyakan air yang ada di hutan ini sudah terkontaminasi berbagai macam parasit dan penyakit. Selain keadaan suhu dan air, di dalam hutan ini juga banyak ditemukan serangga-serangga aneh dan beracun, seperti kutu khas Panama yang jika terkena gigitannya dapat menyebabkan demam dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Bagaimana Sobat Alam? Menakutkan bukan? Semoga Sobat Alam jika ada rencana untuk bepergian ke Argentina disarankan untuk tidak menggunakan jalur ini ya! Semoga artikel ini dapat membantu!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Penulis: Raihan Nazerra

 

Refrensi Literatur: 

Collicutt, Ross. 2020. Inside the Darién Gap, One of the Wolrd’s Most Dangerous Jungles. Diakses pada 26 April, 2021. Di https://www.themanual.com/outdoors/darien-gap-feature/

Dilawar, Arvind. 2019. ‘The Graveyard of Migrants’: Traveling Through the Most Dangerous Jungle in the World. Diakses pada 26 April, 2021. Di https://www.thenation.com/article/archive/immigration-panama-colombia-darien/

Sari, Amalia Purnama. 2021. Darién Gap, Hutan Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia. Diakses pada 26 April, 2021. Di https://www.kompas.com/global/read/2021/04/21/192306470/darin-gap-hutan-paling-berbahaya-dan-mematikan-di-dunia?page=all

Refrensi Gambar:

Gambar 1: https://www.shutterstock.com/g/mingiskhan

Gambar 2: https://www.britannica.com/animal/fer-de-lance-snake-genus

Gambar 3: https://www.idntimes.com/science/discovery/brahm-1/5-laba-laba-paling-mematikan-di-dunia-yang-harus-diwaspadai-exp-c1c2/5

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdplanting, penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga lingkungan dan alam.

Yuk!, bergabung dan jadi pioneer penghijauan!