Elita Kerudung x LindungiHutan

Elita Kerudung

https://elitakerudung.com 

Ads

Elita Kerudung adalah produsen jilbab ternama di Yogyakarta. Elita menyisihkan sebagian keuntungan dari produk penjualannya untuk penanaman bibit pohon di Kampanye Alam LindungiHutan.

Model mengenakan beberapa pilihan warna produk kerudung © Elita Kerudung
Model mengenakan beberapa pilihan warna produk kerudung © Elita Kerudung
Sosial Media Instagram Elita Kerudung © @elitakerudung
Sosial Media Instagram Elita Kerudung © @elitakerudung

Elita Kerudung menghadirkan kerudung-kerudung indah, bahan berkualitas, dan harganya terjangkau. Mereka menjual aksesoris, kerudung pashmina, kerudung segi empat, pakaian, dll. Bahan-bahan pembuatan produknya sangat terjamin. Kita tak perlu meragukan kualitasnya.

Kontribusi Elita Kerudung bersama LindungiHutan sangat berharga. Mereka telah menyumbangkan 700 bibit pohon dan menginisiasi kampanye alam “Pohon dari Elita Kerudung untuk Taman Nasional Gunung Merapi”.

 

Cerita Singkat Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi adalah sebuah taman nasional (sering disingkat TN) yang terletak di Jawa bagian tengah. Secara administrasi kepemerintahan, wilayah taman nasional ini masuk ke dalam wilayah dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta. Penunjukan kawasan TN Gunung Merapi dilakukan dengan SK Menhut 134/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004. Tujuan pengelolaannya adalah perlindungan bagi sumber-sumber air, sungai dan penyangga sistem kehidupan kabupaten/kota-kota Sleman, Yogyakarta, Klaten, Boyolali, dan Magelang. Sementara ini, sebelum terbentuknya balai pengelola taman nasional, TN G Merapi berada dibawah pengelolaan Balai KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) Yogyakarta.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Gunung Merapi tidak pernah kehilangan keelokan dan keanggunannya. Ia sangat indah dan menawan untuk dipandang, gagah sekaligus mempesona siapa saja.

Pada tahun 2010 lalu sempat terjadi erupsi di Gunung Merapi yang berdampak cukup parah bagi D.I. Yogyakarta dan Kabupaten di sekitarnya. Menurut catatan Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), erupsi tersebut diperkirakan mengakibatkan kerusakan total pada kawasan TNGM seluas kurang lebih 3000 hektar akibat awan panas, tentunya kerusakan kawasan ini disertai hilangnya beberapa spesies endemik yang ada di dalamnya terutama pada ekosistem pada kawasan yang terkena awan panas.

 

Kampanye Alam Elita Kerudung x Lindungi Hutan

Pohon dari Elita Kerudung untuk Taman Nasional Gunung Merapi
Pohon dari Elita Kerudung untuk Taman Nasional Gunung Merapi

https://lindungihutan.com/elitakerudung 

Pada bulan Juni 2018 beberapa waktu lalu juga terjadi letusan Gunung Merapi. Lontaran material batuan dari puncak Gunung Merapi juga membakar sebagian kecil hutan di sekitar puncak gunung berapi.

Padahal kawasan Gunung Merapi mempunyai peranan yang penting menghidupi ratusan ribu masyarakat yang tinggal di kaki-kakinya.

Elita Kerudung sebagai salah satu brand kerudung yang lahir dari Yogyakarta tergerak ingin ikut berkontribusi dalam pelestarian hutan di Taman Nasional Gunung Merapi. Agar fungsi Taman Nasional Gunung Merapi tetap terjaga setelah kejadian erupsi, mereka telah menyisihkan Rp 1.000/pcs untuk bibit membeli pohon endemik dari kawasan Taman Nasional Gunung Merapi selama periode bulan Januari 2019.

Elita Kerudung menginisiasi dan telah melaksanakan kampanye alam untuk membantu penghijauan Taman Nasional Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 21 April 2019. Selain itu, kesempatan untuk membantu berdonasi pohon juga dibuka untuk masyarakat umum untuk berdonasi Rp 30.000 untuk setiap 1 bibit pohon, dengan rincian: biaya bibit, biaya tanam, operasional kegiatan, biaya perawatan selama 1 Tahun (update perkembangan pohon dapat dilihat di website LindungiHutan), update dilakukan selama 3 bulan sekali, pengembangan website Lindungi Hutan.

Kampanye alam tersebut mengumpulkan 200 pohon selama periode donasi. Pada kegiatan tersebut, Elita Kerudung dibantu oleh relawan LindungiHutan Yogyakarta. Kegiatan berjalan dengan lancar.

Menanam pohon untuk menghijaukan Indonesia penting sekali untuk keberlangsungan ekosistem negara di garis khatulistiwa ini, supaya kita bisa mewariskan yang terbaik untuk generasi penerus.

 

Penulis: Fachrezy Nur Ramadhan 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!