Fengshuilin: Hutan Kecil yang Dirancang Melalui Fengshui

Deskripsi

Halo, Sobat Alam! Kali ini kita akan berbicara mengenai fengshuilin  atau hutan fengsui. Yaitu hutan lindung yang tersebar di beberapa provinsi yang ada di China. Biasanya hutan seperti ini berada dekat dengan pedesaan dimana isi dari hutan tersebut bisa ada secara alami atau juga ditanam oleh manusia. Pohon-pohon yang ada di dalam hutan fengsui diyakini untuk membawa kemakmuran bagi manusia dan hal ini sudah dimanfaatkan oleh Suku Han selama lebih dari 1000 tahun. 

Ads
Gambar 1 Hutan Fengsui di Yunnan
Gambar 1 Hutan Fengsui di Yunnan

Hutan fengsui dirancang untuk menciptakan harmoni antara manusia, alam dan energi spiritual. Sehingga, Suku Han percaya ada kekuatan gaib yang menjaga hutan ini dan menganggap hutan ini suci. Fengshuilin sendiri tersebar di China, seperti di provinsi Jiangxi, Hunan, Fujian, Guangdong, Guangxi, Yunnan dan Anhui. Ada enam hutan fengsui di Jiangxi, satu ada di Anhui, delapan di Fujian, lima belas di Guangdong, empat di Hunan, dan dua di Yunnan. 

Gambar 2 Hutan Fengsui di Guangdong
Gambar 2 Hutan Fengsui di Guangdong

Catatan pertama dari hutan fengsui muncul pada awal abad ke-3, yang pada saat itu hutan ini bertujuan untuk melindungi makam-makam para raja. Dahulu, Suku Han bermigrasi dari China utara ke China selatan. Saat mereka bermigrasi, mereka mulai membangun desa-desa berdasarkan prinsip fengsui untuk mengoptimalkan aliran energi dan juga untuk menjaga makam, kuil dan desa mereka sepanjang lereng gunung dan juga menanam pepohonan dan tanaman obat di sana.

Tujuan

Pada saat ini, hutan fengsui yang sudah pada tua itu merupakan salah satu bentuk dari perlindungan hutan dan menjadi solusi dari tingginya tingkat karbon di China. Hal ini karena, China ingin menjadi negara bebas karbon pada tahun 2060 dengan menambah cakupan hutan yang ada. Hutan seperti ini menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan hal tersebut. Dikarenakan adanya nilai kultural dan nilai ekologi yang tinggi, banyak masyarakat lokal percaya bahwa hutan fengsui merupakan pelindung dan juga dapat menjaga keseimbangan alam. Dalam segi ekonomi juga dapat dipastikan hutan fengshui membantu masyarakat lokal dengan tanaman obat dan buah-buahan yang ada untuk diperjualbelikan. Fengshuilin memang tidaklah luas, tetapi banyak sekali keberagaman hayati di dalam hutan tersebut, yang mana Sebagian besar pohon-pohon tersebut berperan penting dalam proses penyerapan karbon bagi Negara China.

Nah! Menarik sekali bukan Sobat Alam? Konsep dari hutan fengshui sendiri juga sangatlah baik untuk lingkungan serta keberagaman kultur yang ada. bagaimana ya kalau di Indonesia juga menggunakan prinsip hutan untuk menyerap karbon, pasti karbon yang ada di negara kita akan berkurang drastis!

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Penulis: Raihan Nazerra

 

Refrensi Literartur:

Coggins, Chris. 2017. China’s fengshui forests. Diakses pada 17 April, 2021. Di https://chinadialogue.net/en/nature/9935-china-s-fengshui-forests/

Turrel, Claire. 2020. The Tiny Forest Designed by Fengshui. Diaskses pada 17 April, 2021. Di http://www.bbc.com/travel/story/20201215-the-tiny-forests-designed-by-feng-shui

 

Refrensi Gambar:

Gambar 1: https://merahputih.com/post/read/hutan-feng-shui-jadi-kunci-dalam-upaya-konservasi-alam-di-tiongkok

Gambar 2: https://kumparan.com/absal-bachtiar/memahami-kehebatan-fengshuilin-pelestarian-hutan-berdasarkan-fengsui-di-china-1vXIxjYnMCY/full

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdplanting, penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga lingkungan dan alam.

Yuk!, bergabung dan jadi pioneer penghijauan!