Fenomena Dancing Forest dan Crooked Forest : Ketika Pohon Terlihat Menari dan Memiliki Bentuk Aneh 

Mengenal Fenomena Dancing Forest dan Crooked Forest

dancing forest
Gambar 1 Pohon Menari 

 

Pernah mendengar mengenai fenomena “the dancing forest”? Apa sih dancing forest  ini? Untuk lebih lengkapnya, kita kupas lebih jauh, yuk!

Ads

Biasanya pohon yang kita jumpai tumbuh lurus, tetapi pohon ini memiliki bentuk yang aneh; meliuk-liuk. Pohon-pohon ini lebih dikenal dengan istilah pohon menari. Pohon-pohon di atas berlokasi di sebuah hutan di Rusia, lebih tepatnya berada di antara Laut Baltik dan Laguna Curonian.   

Ratusan pohon aneh di Rusia ini memiliki batang yang melengkung berbentuk seperti cincin, hati dan spiral berbelit-belit yang membungkuk ke tanah. Fakta mengatakan pohon-pohon itu sudah tumbuh di hutan tersebut sejak tahun 1960-an, yang bertujuan untuk menstabilkan bukit pasir di daerah tersebut. 

Tidak hanya di daerah Rusia saja, salah satu hutan di Polandia juga memiliki pohon menari yang biasa disebut Crooked Forest atau hutan bengkok. Sekitar 400 pohon pinus tumbuh secara bengkok dengan kurva 90 derajat penuh di pangkalanya yang melengkung ke arah utara. Pepohonan melengkung menjadi bentuk “C” dan mereka tumbuh setinggi sekitar 50 kaki dan umumnya sehat meskipun ada kurva yang tidak wajar di pangkal pohon tertentu. Berbeda dengan pohon menari yang berada di Rusia, pohon-pohon di sini memiliki bentuk aneh yang serupa sedangkan pohon menari di Rusia memiliki bentuk aneh tetapi tidak serupa. 

 

Misteri Terjadinya Pohon Menari

crooked forest krzywy las kilian schonberger poland fb – Wanaswara
Gambar 2. Pohon Bengkok 

 

Ada beberapa pendapat yang tersebar di telinga masyarakat mengenai penyebab terjadinya pohon menari di Rusia. Salah satu berpendapat, bahwa penyebabnya adalah faktor geologis, yang disebabkan tanah berpasir dan tidak stabil. Ada juga yang berpendapat bahwa pepohonan yang tumbuh dimanipulasi oleh angin kencang yang secara teratur bertiup di daerah tersebut. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Teori yang paling ilmiah menyalahkan peran dari ulat kupu-kupu Rhyacionia buoliana. Menurut teori ini, ulat ini merusak pucuk pinus, memakan bagian tunas apikal yang tumbuh pada tunas lateral. Dengan hancurnya tunas apikal, pertumbuhan selanjutnya hanya terjadi karena tunas lateral. Akibatnya, batang dan pohonya mendapatkan bentuk yang tidak biasa. Ulat bulu ini kebanyakan menyerang anakan pinus muda berumur 5-20 tahun, tumbuh di tanah yang kekurangan air. 

Crooked Forest yang berada di Polandia memiliki teori aneh, yang mengatakan bahwa penyebab pohon pinus melengkung dikarenakan ada semacam tarikan gravitasi unik di area tersebut. Namun, berdasarkan penelitian ilmiah dasar, gravitasi menarik benda ke bawah, jadi sampai saat ini belum dapat dibenarkan adanya teori gravitasi ini.

Selain itu, terdapat teori yang mengatakan bahwa hujan salju lebat yang membebani pepohonan saat mereka bertunas, hal itu yang menyebabkan pohon tersebut tumbuh secara bengkok, tetapi teori ini juga belum menjelaskan alasan pohon-pohon ini ada yang bengkok dan ada yang tidak bengkok, ditambah pohon-pohon bengkok tersebut juga seragam dan serupa. 

Para ilmuwan tidak begitu yakin pepohonan di hutan bengkok tumbuh secara alami seperti itu. Namun, ada yang beranggapan bahwa pohon-pohon tersebut sengaja diubah oleh petani dari wilayah terdekat. Diceritakan bahwa pohon-pohon tersebut kemungkinan besar ditanam sekitar tahun 1930 dan tidak jarang para petani pada saat itu memanipulasi pohon-pohon muda mereka menjadi bentuk-bentuk yang akan memudahkan untuk pemanfaatan bahan bangunan, seperti pembuatan kapal ada bagian tertentu yang membutuhkan kayu dengan bentuk melengkung seperti itu untuk menyempurnakan bagian kapal. Jadi, sangat besar kemungkinan jika para petani dengan sengaja membengkokkan pohon saat tumbuh, yang menjelaskan mengenai bentuk pepohonan yang sangat seragam. Penjelasan mengenai pohon yang sengaja dimanipulasi oleh para manusia demi suatu tujuan tertentu ini masih menjadi misteri. Hal ini dikarenakan masyarakat kota Gryfino meninggalkan daerah tersebut setelah perang dunia kedua, yang mungkin merupakan orang-orang yang mengetahui jawaban atas misteri The Crooked Forest

Belum ada teori yang bisa menjelaskan dengan pasti penyebab terjadinya fenomena hutan bengkok, tetapi salah satu pensiunan ilmuwan tanaman dari Universitas Manitoba bernama Dr. William Remphrey berpendapat bahwa pepohonan tersebut terjadi karena faktor alam dan ketidaksengajaan. 

 

Legenda yang Tersebar

Tidak hanya penjelasan secara ilmiah, tetapi terdapat juga legenda yang tersebar di masyarakat luas mengenai fenomena dancing forest dan crooked forest. Salah satu sejarah tua menceritakan seorang pangeran Prusia, Barty. Suatu hari saat berburu di hutan, dia mendengar nada yang indah. Setelah ia mengikuti suara tersebut, ia bertemu dengan seorang wanita cantik yang duduk di tempat terbuka sambil memainkan kecapi. Sang pangeran jatuh hati pada pandangan pertama, kemudian pangeran tersebut memutuskan untuk melamar sang gadis, tetapi sang gadis berkata ia hanya akan menikah dengan pria yang beragama Kristen. 

Pangeran kemudian menyetujui untuk berpindah keyakinan, hanya jika sang gadis dapat menunjukan kekuasaan Tuhan dari keyakinan yang dianutnya. Saat sang gadis mulai memainkan kecapi, seluruh hutan menjadi sunyi dan pepohonan disekitar mereka mulai menari. Setelah itu, sang pangeran memberikan gelang yang ia pakai sebagai tanda pertunangan mereka dan kisah mereka berakhir bahagia. Di daerah inilah pohon menari tumbuh bertahun-tahun kemudian. 

Terdapat juga penjelasan takhayul yang kurang menyenangkan mengenai pertumbuhan pohon yang aneh itu. Beberapa orang percaya bahwa hutan adalah tempat konfrontasi antara kekuatan baik dan jahat, dan energi mereka yang bertanggung jawab atas pepohonan yang memiliki bentuk aneh tersebut. 

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah 

 

Referensi Literatur

Curiosmos. Russia’s Dancing Forest-An Unexplained Scientific Mystery. Retrieved March 03, 2021, from https://curiosmos.com/russias-dancing-forest-an-unexplained-scientific-mystery/

Insureandgo. (May 16, 2013). The Dancing Forest of Kaliningrad. Retrieved March 03, 2021, from https://www.insureandgo.com/blog/science-and-nature/the-dancing-forest-of-kaliningrad

Iflscience. What Could Have Caused Poland’s Crooked Forest. Retrieved March 03, 2021, from https://www.iflscience.com/environment/what-could-have-caused-polands-crooked-forest/

Klein, Joanna. The New York Times. (May 31, 2017). In Poland’s Crooked Forest, a Mystery With No Straight Answer. Retrieved March 03, 2021, from https://www.nytimes.com/2017/03/31/science/crooked-forest-poland-theories.html

 

Referensi Gambar

https://images.app.goo.gl/9oSSuevK6jxJHJTT8

https://images.app.goo.gl/jwdaXPfLwdSmuQ1W6

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!