Forest Healing

featured art heal forests – Wanaswara
Gambar 1.

Apa itu Forest Healing?

Forest healing atau hutan pemulihan adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan imunitas tubuh secara mental dengan memanfaatkan berbagai elemen yang ada pada hutan untuk menyembuhkan. Saat ini, hutan pemulihan tersebut menjadi populer di dunia karena dapat memulihkan stress. Konsep penyembuhan hutan ini memanfaatkan interaksi manusia dengan alam dan membiarkan panca indera manusia terhubung dengan ekosistem sekitar.

Ads

Adapun salah satu istilah forest bathing atau shinrin-yoku yang sedang menjadi tren. Istilah ini dipopulerkan oleh Qing Li, dalam bukunya yang berjudul Shinrin-Yoku: The Art and Science of Forest Bathing. Dalam buku tersebut, Qing Li memperkenalkan istilah “mandi hutan” yaitu untuk menikmati suara, aroma, dan pemandangan alam serta membiarkan tubuh untuk menuntun arah. Dalam penelitian forest bathing, Qing Li mengemukakan bahwa berjalan-jalan di hutan dapat menaikkan aktivitas sel pembunuh kanker. 

Salah satu dosen ITB yaitu Hikmat Ramdan mengembangkan healing forest. Menurut Hikmat, hutan dapat memberikan rasa nyaman jika ruang hutan didominasi warna hijau alamiah, suhu yang sejuk dengan penyinaran matahari yang terfilter tajuk pohon-pohon, dan kebisingan suara yang minimal serta menangkan. Dalam hal ini, tubuh akan merasa nyaman dan mudah terkoneksi dengan alam sehingga menurunkan tingkat stress pada seseorang.

Healing forest merupakan jasa penyembuhan yang menekankan pada kontribusi alam bagi manusia. Konsep ini tidak hanya menyembuhkan yang sakit namun memperkuat yang sehat dan memulihkan setelah sakit. Beberapa syarat yang harus dilakukan oleh seseorang jika ingin mendapatkan manfaat healing forest secara penuh ialah menyatu dengan alam, pikiran tenang, berpikir secara positif, menikmati estetika alam, berjalan dan berbicara secara pelan agar tidak menimbulkan kebisingan, dan bersyukur kepada alam dan Tuhan.

The Healing Power of Nature 1 – Wanaswara
Gambar 2.

Dampak Forest Healing terhadap Manusia

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gue Hong Park, Chang Seob Shin, and Yang Soon Hahn dengan subjek penelitian orang-orang lanjut usia yang dilakukan di Yangjaechon, Korea Selatan dapat disimpulkan bahwa forest healing memberikan dampak terhadap hasil tes kortisol, peningkatan efek terhadap kepercayaan diri. Hasil tes kortisol menunjukkan bahwa terjadi penurunan signifikan secara statistik dalam percobaan kelompok pada peserta forest healing. Seperti yang diketahui bahwa kortisol merupakan hormon untuk mengendalikan stress. Forest healing memberikan dampak terhadap penurunan tingkat stress.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Dampak positif lain dari forest healing adalah peningkatan tingkat percaya diri.  Hal ini menunjukkan bahwa lebih efektif melaksanakan program integratif yang menerapkan faktor forest healing. Percaya diri adalah sebuah variabel yang memiliki efek signifikan terhadap orang-orang lanjut usia, dan lansia dengan tingkat percaya diri yang tinggi menunjukkan bahwa mereka puas terhadap kehidupan. Oleh karena itu, meningkatkan percaya diri membantu orang-orang lanjut usia merasa puas dengan hidup dna mampu secara efektif untuk mengontrol emosi.

Selain itu, ada penelitian yang dilakukan oleh Hikmat Ramdan yang merupakan seorang dosen di ITB. Sebuah penelitian dilakukan dalam Forest Camp di Gunung Walat untuk membuktikan dampak forest healing terhadap manusia. Kegiatan tersebut membuktikan bahwa healing forest memang dapat menurunkan stress. Hal ini dapat dilihat dari tingkat stress fisik dan mental relawan yang sebagian menurun, seperti contoh pada tingkat stress fisik dan mental Gustav Ardianto yang menurun dari 63 menjadi 42 setelah berjalan di Gunung Walat.

healing forest – Wanaswara
Gambar 3.

Apa yang Didapatkan dengan Melakukan Forest Healing?

Nenek moyang kita sudah mengenal alam dan menyatukan kehidupan bersama alam sejak zaman batu. Namun, dunia saat ini seperti sedang mengesampingkan kebutuhan alam untuk tetap lestari. Faktanya, tempat bernuansa hijau selalu memberikan ketenangan sehingga mengarahkan manusia perkotaan zaman sekarang untuk melakukan terapi hutan. Terapi hutan akan memberikan rasa aman, nyaman, kesehatan, tujuan dan kedamaian. Penyembuhan hutan akan membawa manusia kepada perjalanan yang berbeda dan menyembuhkan melalui koneksi yang dilakukan dengan ekosistem sekitar. Pikiran yang tenang, tubuh yang sehat dan kehidupan yang damai merupakan kunci utama dalam melakukan hutan pemulihan tersebut. Melalui interaksi bersama alam, manusia juga akan belajar bagaimana menumbuhkan rasa ketahanan dan meningkatkan kesejahteraan melalui perjalanan bersama alam. Selain itu, rasa kecemasan, stress, dan hal negatif lainnya akan secara perlahan tereduksi ketika kita berinteraksi dengan alam.

Forest healing saat ini menjadi salah satu aktivitas populer yang dilakukan oleh orang-orang untuk menghilangkan stress. Maka, saat kita sedang menapaki kaki di hutan untuk melakukan kegiatan, kita harus tetap menjaga ekosistem seperti sedia kala. Apabila hutan menjadi rusak maka ekosistem akan menjadi tidak seimbang. 

 

Penulis: Aini Maryatul

Referensi literatur

forestdigest.com. (2020, 10 Februari). Hutan Yang Menyembuhkan. Diakses pada 19 Februari 2021. https://www.forestdigest.com/detail/393/hutan-yang-menyembuhkan#:~:text=HEALING%20forest%20atau%20terapi%20hutan,stres%2C%20baik%20fisik%20maupun%20mental.&text=Istilah%20ini%20dikenalkan%20oleh%20Qing,and%20Science%20of%20Forest%20Bathing.

Gue Hong, Park, Chang Seob Sin, Yang Soon Hahn. 2018. Effects of Indirect Experience of Forest Healing Factors on Stress Reduction, Self-Esteem and Social Connectedness Improvements in the Elderly Participating in Horticultural Activities Program. Vol. 21 No. 5: 411-421. 

healingforest.org. How to Create Peace, Purpose, Health. https://healingforest.org/. Diakses pada 25 Februari 2021.

Referensi Gambar

https://www.drperlmutter.com/on-the-healing-power-of-nature/

https://ideas.ted.com/can-trees-heal-people/

http://koreabizwire.com/international-press-gets-a-tour-of-koreas-healing-forest/70002 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!