Giant Sequoia Si Raksasa Hutan

Giant Sequoia © National Geographic
Giant Sequoia © National Geographic

Apa itu Giant Sequoia?

Sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum) atau yang biasa juga disebut dengan Sierra redwood adalah pohon cemara jenis konifera dari keluarga Cupressaceae yang terbesar dari semua jenis pohon dan merupakan makhluk hidup yang paling masif menurut volumenya. Sequoia raksasa adalah satu-satunya spesies dari genus Sequoiadendron. Pohon-pohon sequoia dapat ditemukan di rumpun yang tersebar di lereng barat Sierra Nevadas di California pada ketinggian antara 900 dan 2.600 meter (3.000 dan 8.500 kaki). Sequoia raksasa pernah dianggap sebagai makhluk hidup tertua. Namun setelah tunggul terbesar sequoia raksasa diteliti dalam studi cincin pohon, ditemukan bahwa sequoia raksasa hanya berusia kurang dari 4.000 tahun (pinus bristlecone berusia lebih tua, dan tanaman holi raja klonal [Lomatia tasmanica] di Tasmania ditemukan berusia lebih dari 43.000 tahun).

Ads

Sequoia raksasa memiliki batang berwarna merah karat, menebal dengan lapisan dalam dari kulit kayu yang berkerut, daun bersisik seragam yang terletak dekat dengan cabang yang pada musim dingin akan menjadi kuncup tanpa sisik. Sequoia raksasa umumnya berbentuk piramidal, dengan kulit kayu berserat yang sangat tahan api. Spesimen sequoia raksasa terbesar adalah pohon General Sherman di Taman Nasional Sequoia. Pohon itu memiliki keliling 31 meter (101,5 kaki) di pangkalnya, dengan tinggi mencapai 83 meter (272,4 kaki), dan diperkirakan memiliki berat total 6.167 ton. Beberapa spesimen lainnya memiliki tinggi lebih dari 105 meter (345 kaki) tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pohon General Sherman.

Sejumlah rumpun sequoia raksasa telah ditebang dan ternyata kayunya jauh lebih rapuh daripada kayu merah dari genus yang sama. Namun rendahnya kualitas kayu dari sequoia raksasa ini justru telah berperan dalam menyelamatkan sequoia raksasa dari sasaran penebangan liar yang biasa terjadi di hutan. Dengan bantuan advokasi dari konservasionis Amerika John Muir, sebagian besar pohon sequoia raksasa dari 70 kebun yang berbeda sekarang telah berada di bawah perlindungan hutan atau taman negara bagian atau taman nasional, termasuk Taman Nasional Kings Canyon dan Hutan Nasional Sequoia.

Giant Sequoia © National Geographic
Giant Sequoia © National Geographic

 

Mengapa Giant Sequoia Dapat Tumbuh Sebesar itu?

Pohon tumbuh tinggi dan bermahkota lebar sebagai tanda persaingannya dengan pohon lain. Mereka berlomba-lomba tumbuh ke atas, berebut sinar matahari dan persediaan air di tanah. ​​Tidak seperti mamalia darat atau hewan lainnya, sebatang pohon tidak akan berhenti menjadi lebih besar. Setelah dewasa secara seksual, biasanya ukuran tubuh hewan akan dibatasi oleh gravitasi dan berhenti tumbuh. Sedangkan sebuah pohon juga dibatasi oleh gravitasi, tetapi tidak dengan cara yang sama seperti hewan. Mengingat keharusannya untuk terus-menerus mencari sumber daya dari langit dan tanah, sebuah pohon dapat terus bertumbuh dan menjadi sangat besar tanpa adanya batasan ukuran tertentu. Nah, sequoia raksasa bisa berukuran sangat besar karena usianya yang sangat, sangat tua.

Mereka dapat berusia sangat tua karena mereka selamat dari semua ancaman yang berpotensi membuat mereka punah. Mereka terlalu kuat untuk dihempas angin. Kayu keras dan kulit kayu sequoia raksasa diresapi oleh asam tanik dan bahan kimia lain yang dapat melindunginya dari pembusukan jamur. Kumbang penggerek kayu bahkan hampir tidak bisa menyerang batang mereka. Selain itu, kulit kayu sequoia raksasa yang tebal juga tahan terhadap api. Kebakaran tanah, pada kenyataannya, malah dapat membawa dampak baik untuk populasi sequoia yang kebal terhadap api. Kebakaran tanah dapat membakar pohon pesaing sequoia raksasa, membuka kerucut sequoia, dan memungkinkan bibit sequoia untuk memulai di tengah sinar matahari. Sambaran petir juga sangat jarang dapat menggoyahkan batang besar sequoia raksasa. Oleh karena itu, mereka dapat terus tumbuh lebih tua dan lebih besar selama ribuan tahun.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Giant Sequoia © National Geographic
Giant Sequoia © National Geographic

 

Penulis : Latifa Ariani

 

Referensi Literatur

Giant sequoia. (n.d.). Retrieved February 04, 2021, from https://www.britannica.com/plant/giant-sequoia.

Quammen, D., & Nichols, P. (2017, September 15). Forest giant. Retrieved February 04, 2021, from https://www.nationalgeographic.com/magazine/2012/12/giant-sequoias/.

 

Referensi Gambar

https://www.nationalgeographic.com/magazine/2012/12/giant-sequoias/.

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks