Site icon Wanaswara

Gunung Api Bawah Laut Kawio Barat dan Habitat Bagi Biota Laut

gunung berapi bawah laut
Gambar 1 : Gunung api bawah laut

 

Gunung merupakan bentuk dari muka bumi yang  lebih tinggi dari daerah yang berada disekitarnya. Sebuah gunung biasanya memiliki sisi curam yang secara signifikan meyingkap batuan yang ada pada dasarnya. Berdasarkan aktivitasnya gunung dibagi menjadi tiga yakni gunung berapi aktif, gunung berapi istirahat dan gunung berapi tidak aktif. gunung berapi aktif atau yang biasa disebut dengan active volcano merupakan jenis gunung yang masih melakukan aktivitasnya misalnya dengan mengeluarkan magma atau erupsi, ketika ini terjadi maka berpotensi memicu gempa. selanjutnya adalah gunung berapi istirahat atau disebut dormant volcano merupakan gunung yang tidak mengeluarkan aktivitas vulkanik dalam kurun waktu 10.000 tahun tetapi masih berpotensi erupsi. Terakhir, gunung berapi tidak aktif atau extinct volcano dimana gunung ini tidak berpotensi mengeluarkan erupsi.

Ads

sementara itu, berdasarkan letaknya, gunung terbagi menjadi dua yakni gunung api darat dan gunung berapi laut yang terletak dibawah laut. Tetapi tahukah kalian di Indonesia terdapat gunung berapi bawah laut tertinggi didunia? gunung ini terletak di Sulawesi Utara bernama Gunung Kawio barat. lalu seperti apa gunung kawio barat yang menjadi salah satu ikon kepulauan sangihe ini ? berikut fakta-fakta yang perlu sahabat alam ketahui!

 

            Letak Geografis Gunung Kawio Barat

Gunung Kawio Barat terletak di sekitar pulau Kawio, pulau indah yang berada di kampung Kawio kecamatan Marore, Sangihe. faktanya, Indonesia merupakan negara yang terletak pada lintasan cincin api atau Ring of Fire karena terdapat banyak gunung api. Cincin api juga disebut sebagai sabuk sirkum-pasifik. Dimana sepanjang jalur cincin api ini sebagian besar gempa bumi terjadi. bentuk dari cincin api sebenarnya tidak bulat melainkan hanya representasi atas aktivitas seismik berbentuk tapal kuda yang memanjang sepanjang 25.000 mil ditepian samudra pasifik dan mencakup lebih dari 450 gunung berapi.

Gambar 2. Lokasi gunung kawio barat

 

 

Cincin ini membentang dari ujung selatan amerika kemudian turun ke jepang dan selandia baru. Indonesia berada pada titik pertemuan tiga benua utama yaitu lempeng Pasifik, Eurasia dan Indo-Australia dan lempeng Filiphina yang jauh lebih kecil. Gunung berapi Kawio barat ditemukan dikedalaman 5.100 meter pada salah satu titik pertemuan lempeng tersebut.

            Profil Gunung Api Kawio Barat

Gambar 3. Wisata gunung api bawah laut sangihe

Gunung Api Kawio Barat terletak dikedalam 5.100 meter dan memiliki tinggi 3.200 meter. Itu artinya, titik puncak Gunung tersebut berada di 1.900 meter dibawah permukaan laut. Karena ketinggiannya, Gunung Kawio menjadi gunung bawah laut tertinggi didunia. hal yang menarik adalah, pada umumnya suhu dipermukaan laut sangat dingin akan tetapi suhu permukaan di Gunung Kawio sangat panas dan dapat mencapai 200 derajat celcius.

Ads

Hal Ini bukannya tanpa alasan karena kandungan larutan lava mineral dari perut bumi bersuhu sangat tinggi keluar dari kepundan berbentuk cerobong mengalami pendinginan mendadak. Ini disebabkan larutan mineral berwarna abu-abu keruh itu bertemu air laut bersuhu antara 2-4 derajat Celcius dari dasar laut. Kepundan seperti cerobong itu aslinya adalah tumpukan material mineral yang tertahan akibat proses kimia karena pertemuan dua suhu, air laut dan larutan lava. Larutan mineral (hydrothermal) yang dari cerobong ajaib itu suhunya di atas 500 derajat Celcius.

 

Gunung Api Kawio Barat Ditemukan secara tidak sengaja

Gambar 4. gunung api bawah laut.

Gunung Kawio Barat ditemukan secara tidak sengaja saat diadakannya kegiatan Indonesia-USA Deep Sea Exploration of the Sangihe Talaud Region (INDEX 2010). Kegiatan itu merupakan kolaborasi dari 32 peneliti laut dalam Indonesia dan 12 rekan peneliti asal Amerika Serikat di kawasan perairan Sangihe sepanjang Juni hingga Agustus 2010.

Pada waktu itu, Okeanos Explorer, sebuah kapal penelitian laut dalam milik Badan Kelautan Nasional AS (NOAA) dengan fasilitas kendaraan robot bawah laut (ROV) dan Kapal Riset Baruna Jaya IV ikut dilibatkan. Selain memberikan informasi-informasi terbaru mengenai kehidupan bawah laut perairan Sangihe hingga kedalaman 5.100 meter, para peneliti juga menemukan harta karun dari aktivitas ekspedisi penelitian mereka berupa gunung api bawah laut tertinggi di dunia. Letaknya di sekitar Pulau Kawio, sebuah pulau cantik di Kampung Kawio, Kecamatan Marore, Sangihe.

Oleh para peneliti, temuan mereka itu dinamai Gunung Kawio Barat. Ketinggiannya dari dasar laut Sangihe hingga puncaknya mencapai 3.200 meter. Artinya, titik puncak gunung ini berada di kedalaman 1.900 meter di bawah permukaan laut. Untuk mencapainya diperlukan sebuah kapal selam khusus.

 

Bacaan LainnyaPegunungan Sudirman: Rumah Bagi Puncak Jaya, Sumantri, Ngga Pulu dan

 

Tempat Bagi Biota Laut

Gambar 5. penyelam dan biota laut

Meskipun memiliki suhu yang terbilang tinggi, akan tetapi Gunung Kawio Barat nyatanya menjadi habitat berbagai biota laut yang mencari makan disekitar kepundan. Diantara beberapa spesies tersebut antara lain berbagai jenis udang, Lobster kecil, Bintang Laut dan cumi. Didasar gunung juga ditemukan timun laut, cacing sendok, laba-laba serta terumbu karang yang tumbuh subur disana.

 

 

Penulis : Daning Krisdianti

 

 

 

 

 

Referensi :

https://kumparan.com/kabar-harian/apa-itu-gunung-api-aktif-gunung-api-istirahat-dan-gunung-api-mati-1x29peqDOk9/full

https://regional.kompas.com/read/2021/07/17/115500678/kawio-barat-gunung-api-bawah-laut-tertingi-di-dunia-yang-ada-di-sangihe?page=all#:~:text=Salah%20satunya%20Kawio%20Barat%2C%20gunung,karena%20terdapat%20banyak%20gunung%20api.

https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/2980/keajaiban-cerobong-bawah-laut-sangihe

 

Referensi gambar:

Gambar 1. sumber: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/12/2150206-volcan-3c6ab79d349e2db3ed32995379accd8dfit-760w-94600d4832a2a3075d33240af0bfb400.jpg

Gambar 2. sumber : https://hadiprasojo.files.wordpress.com/2014/09/maps2-edited.jpg?w=640

Gambar 3. sumber : https://cdn-2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/tempat-wisata-underwater-volcano-yang-ada-di-kepulauan-sangihe_20180916_191446.jpg

Gambar 4. sumber : https://wisato.id/wp-content/uploads/2020/04/162456864.jpg

Gambar 5. : sumber : https://4.bp.blogspot.com/-hCQ3qtLoCn0/WTjV3bKpVcI/AAAAAAAACnU/zLsbjmE9dfsCgF1iglCF3_sBByx0trrqQCLcB/s1600/wowasfasf.jpg

 

 

 

 

 

 

Exit mobile version